5 Aplikasi Sistem Informasi Geografi yang Bermanfaat Dalam Kehidupan

Bagi sebagian orang mungkin terasa asing mendengar aplikasi Sistem Informasi Geografi. Apa fungsinya dan aplikasi seperti apa yang dimaksud masih belum dipahami. Aplikasi Sistem Informasi Geografi atau disingkat SIG sendiri merupakan sistem informasi yang mengelola, menganalisa, serta menampilkan suatu data geografi yang berkaitan dengan peta atau lokasi di permukaan bumi.

Kini dengan teknologi yang kian canggih, data dan informasi geografis didapatkan secara cepat menggunakan aplikasi atau software SIG di PC. Aplikasi SIG dimanfaatkan dalam berbagai bidang seperti pendidikan, SDA, transportasi, militer, bisnis dan sebagainya. Terdapat 5 rekomendasi aplikasi SIG yang dapat digunakan di PC sebagai berikut:

1. Quantum GIS atau QGIS

5 Aplikasi Sistem Informasi Geografi yang Bermanfaat Dalam Kehidupan
Quantum GIS atau QGIS

Rekomendasi aplikasi sistem informasi geografi yang populer bernama Quantum SIG atau biasa disingkat QSIG. Perdana muncul pada tahun 2016 oleh Perusahaan bernama QGIS Development Team. QGIS tersedia gratis dengan mengunduhnya pada PC dengan sistem operasi Windows, Linux, MacOS, serta Android.
Aplikasi QGIS menyediakan berbagai jenis data spasial yang berasal dari banyak sumber. Dibandingkan dengan aplikasi lain, QGIS memiliki keunggulan dengan mendukung berbagai format seperti data vektor, basis data dan raster. Fitur yang tersedia memudahkan untuk mengedit, menganalisis, menampilkan serta mencetak lokasi geografis atau peta yang diinginkan.

2. SAGA GIS

5 Aplikasi Sistem Informasi Geografi yang Bermanfaat Dalam Kehidupan
SAGA GIS

Aplikasi Sistem Informasi Geografi selanjutnya terdapat aplikasi atau perangkat lunak bernama SAGA GIS dikenal dengan System for Automated Geoscientific Analyses. Rilis perdana sudah cukup lama di tahun 2004 oleh Departemen Fisika Geografi, Göttingen. Hadirnya aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan pelaksanaan metode geo saintifik.
SAGA GIS diciptakan dengan fitur yang memberikan kemudahan para pengguna. Pengguna dapat mengunduh perangkat lunak ini secara gratis. Cocok dijalankan pada PC yang menggunakan Linux dan Windows. Keunggulan SAGA GIS yaitu menganalisa medan secara lebih baik dalam peta geografis seperti relief daerah tertentu, analisa visibilitas, dan lainnya.

Baca Juga : Cara Melihat Game yang Terhubung dengan Bantuan Google Play Games

3. gVSIG

5 Aplikasi Sistem Informasi Geografi yang Bermanfaat Dalam Kehidupan
gVSIG

Aplikasi Sistem Informasi Geografi yang dapat diunduh di PC bernama gVSIG. Sama seperti aplikasi lain, gVSIG juga dapat beroperasi pada PC dengan OS Windows dan Linux. Berdiri dibawah naungan GNU General Public License yang memberikan pengguna mengunduh secara gratis.
Aplikasi gVSIG memberikan tampilan animasi dan 3D yang menjadi salah satu keunggulannya. Bisa dikatakan fitur-fitur yang tersedia cukup lengkap. Adanya fitur topologi, raster dan penginderaan jauh, geoprocessing, dan sebagainya. Dapat dimanfaatkan untuk berbagai bidang seperti menganalisis lokasi geografis serta berbagai informasi keruangan.

4. GRASS GIS

5 Aplikasi Sistem Informasi Geografi yang Bermanfaat Dalam Kehidupan
GRASS GIS

Masih terdapat aplikasi SIG lainnya yang secara gratis dapat digunakan pengguna yaitu GRASS GIS. Kepanjangan dari Geographic Resources Analysis Support System merupakan paket software yang berfungsi untuk menganalisis, mengolah gambar, membuat peta, visualisasi dan fungsi lainnya.
Bagi pemula yang masih bingung penggunaannya, coba untuk belajar melalui video tutorial. Selain itu GRASS GIS menyediakan ratusan modul yang memungkinkan untuk melakukan analisis raster, data vektor, membuat gambaran data 3D, pembuatan layout dan masih banyak kemampuan lain yang bisa diakses di aplikasi tanpa harus bayar.

5. Whitebox GAT

5 Aplikasi Sistem Informasi Geografi yang Bermanfaat Dalam Kehidupan
Whitebox GAT

Berikut ini aplikasi sistem informasi geografi terakhir yang akan dijelaskan bernama Whitebox GAT atau dikenal dengan Geospatial Analysis Tools. Dipelopori dan dikembangkan oleh anggota Hydro Geomatics di Universitas Guelph pada tahun 2009. Whitebox GAT merupakan aplikasi penginderaan jauh yang telah memiliki lisensi dan gratis digunakan.
Keunggulan perangkat lunak ini bersifat transparan dengan mengetahui setiap proses pengolahan data yang sedang dilakukan. Fitur pada Whitebox GAT dapat diperpanjang dengan menambah fitur-fitur yang dibuat sendiri dengan bahasa pemrograman. Serta mudah digunakan pengguna saat belajar program yang tersedia di dalamnya.

Meskipun banyak orang masih awam mendengar tentang aplikasi sistem informasi geografi, namun kenyataannya aplikasi ini membantu dalam banyak bidang kehidupan sehari-hari. Misalnya untuk mengetahui gambaran lokasi rel kereta, jalur transportasi, analisis kemacetan dan sebagainya dapat menggunakan aplikasi sistem informasi geografi yang dijabarkan di atas.

Baca Juga : 5 Cara Menggunakan Fitur NFC Pada Berbagai Jenis Smartphone

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *