Biografi Hendy Setiono Pengusaha Kebab Turki Baba Rafi

Hendy Setiono telah berhasil menjadi pengusaha kuliner yang sukses dimulai dari sebuah warung kecil. Daging sapi bakar berbalut kulit tortilla ini tidak hanya dijual di Indonesia tetapi juga tersebar di luarne geri. Dengan karak tergerobak yang berbalut warna merah dan kuning, kebab Turki Baba Rafi dikenal sebagai pembuat kebab di Indonesia.

Hendy Setiono

Disini kita akan sedikit membahas tentang biografi seorang pengusaha kebab turki yaitu Hendy Setiono. Berawal dari dua gerobak, Kebab Turki Baba Rafi kinitelahmemilikicabang di berbagainegara. Hendy Setionojugamengembangkanbisnismakanandanminuman yang bekerja sama dengan masyarakat Indonesia, seperti Edho Zell hingga Jerome Polin.

Baca Juga Artikel Tentang Tokoh Bisnis Lain nya di

Kisah sukses Fery  Unardi Pendiri Traveloka

 

Apa Biografi Pengusaha Turki Hendy Setiono Baba Rafi?

Tempat lahir Hendy Setiono di Surabaya pada tanggal 30 Maret 1983. Pengusaha kebab ini memiliki dua orang anak, Rafi Darmawan dan Reva Audrey Zahifa. IstriNila Sari. Kini menjadi pengusaha sukses di bidang kuliner, Hendy Setiono kuliah di Jurusan Teknik Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.
Padausia 20 tahun Hendy memutuskan untuk meninggalkan bangku kuliah dan memulai bisnis kebab. Meski tidak meraih gelar sarjana dari ITS, Hendy memulai pendidikan tingginya di Singapura dengan fokus pada e-commerce.
Setelah sukses membuat kebab Turki eksklusif milik Baba Rafi di bawah PT Baba Rafi Indonesia, Hendy kini memiliki lebih dari 1.000 kebab.

Selain fokus pada bisnis yang dia mulai sejak kecil, Hendy juga membuka dua bisnis memasaklainnya:
• PT Pyramid Zahira dengan Pyramizza
• PT Panen Raya Indonesia denganAyamPanggang Mas Mono
• Ayah dua anak ini juga aktif dalam memotivasi dan berbisnis.

Kisah Sukses Hendy Setiono

Usaha pertama Hendy Setiono adalah Kebab Turki Baba Rafi, yang dimulai pada tahun 2003 di Surabaya. Nama Baba Rafi sendir iterinspirasi dari nama depan anak pertamanya, Rafi Darmawan. Sedangkan nama Baba berasal dari bahasa Arab yang artinya ayah. Bisnis Hendy Setiono dimulai saat masih kuliah dan berusia 20-an.
Dia memulai bisnisnya hanya dengan dua gerobak dengan modal 4 juta rupee dari pinjaman dari saudaranya sendiri. Hendy Setiono telah berhasil mengelola dan mendirikan empat merek: Kebab Turki Baba Rafi, Roti Maryam Aba Abi, Piramizza dan AyamBakar Mas Mono. Bisnis Kebab Turki milik Baba Rafi Hendy Setiono juga sukses merambah pasarin ternasional seperti Malaysia dan Filipina.
BBC London TV & Business Week International melaporkan upaya Hendy Setiono. Kemudian seseorang menawarkan Hendy Setiono untuk membuka toko Kebab Turki Baba Rafi di Trinidad & Tobago dan Kamboja. Atas keberhasilan bisnis franchise-nya, ia telah menerima banyak penghargaan baik di dalam maupun luarnegeri, antara lain:
• Penghargaan Pengusaha Menengah Indonesia 2006 yang diberikanolehMenteriKoperasidan Usaha Kecil
• Prestasi Terbaik di Young Entrepreneur Award 2007 Bisnis Indonesia Special Achievement Go International 2008 di Indonesia Franchise Awards
Tak hanya pandai berbisnis, Hendy juga pandai membagi-bagikan kekayaan.

Hendy telah mendirikan sebuah yayasan bernama Hendy Setiono Foundation PT Baba Rafi Indonesia di Jakarta dan Surabaya menyediakan software Zahir Accounting untuk mendukung pencatatan keuangan bisnisnya dan untuk mengevaluasi transaksi keuangan secara cepat dan akurat.

Kebab Baba Rafi yang Dikelola oleh Handy Setiono

Kebab merupakan makanan khas Timur Tengah yang kini banyak dijumpai di Indonesia. Hendy Setiono pertama kali merintis bisnis merek kebab, makanan khas Timur Tengah ini masih terbilang langka. Kebab Baba Rafi pertama kali dijual kekonsumen pada tahun 2003 oleh Hendy Setiono.
Hanya dalam waktu dua tahun, Baba Rafi Kebab yang semula beroperasi di gerobakkecil di Jalan Nginden Semolo di Surabaya, menjadi bisnis waralaba di bawah PT Baba Rafi Indonesia. Karena popularitas resep ini, kebab Baba Rafi dapat dengan cepat diperluas kebanyak toko di kota.
Baba Rafi saatini memiliki 1.300 toko kebab di 10 negara, termasuk Indonesia. Kebab Baba Rafi terus berinovasi tidak hanya dari resep dan masakannya saja, tetapi juga dari tampilan kedai yang sudah berdiri hingga saat ini. Baba Rafi kebab telah mengembangkan kebab container sebagai inovasi utama toko mereka.

Kisah Sukses Makanan Kebab Baba Rafi Handy Setiono

Berawal dari kebab yang ditaruh di gerobak di seberang jalan di Surabaya, Kebab Turki Baba Rafi menjadi jajanan bergengsi. Hendy Setiono, pencipta kebab Turki Baba Rafi, menyukai kebab yang ditemukan nya di Qatar saat mengunjungi ayahnya. Tak jarang ditemui di Indonesia, Hendy nekat memulai bisnis kebab dengan modal Rp 4 juta.
Awal mula Hendy memulai bisnis gerobak kebab yang diberinama Kebab Baba Rafi. Perjuangan Hendy berbisnis berhasil membawa Kebab Baba Rafi kekelas bisnis karena PT. Hendy memutuskan untuk menjadikan Baba Rafi kebab sebagai model bisnis merek, melihat potensi besar keberhasilan bisnis kuliner Timur Tengah di Indonesia.

Toko kebab Turki milik Baba Rafi terus berkembang pesat, bahkan toko kebab pun mudah di temukan di kota-kota besar. Langkah tersebut sekaligus menandai perubahan simbolis bagi Kebab Baba Rafi. Tahun 2009 merupakan awal dari ekspansi Kebab Baba Rafi keluar negeri. Toko pertama di Malaysia dan Filipina dibuka.
Kemudian tahun 2014 hingga 2016 adalah tahun dimana Kebab Baba Rafi mulai membuka gerai di banyak negara mulai dari China hingga Bangladesh. Makin sukses Kebab Baba Rafi taklupa berinovasi untuk menyenangkan konsumen, mulai dari desain, kemasan hingga wadah kebab.
Modal Usaha Kebab Baba Rafi Handy Setiono
Mulai dari modal Rp 4 juta yang diterima Hendy Setiono dari kakaknya. Modal bukanlah uang yang diberikan secara cuma-cuma, tetapi di anggap sebagai hutang. Ide memulai bisnis kebab sendiri muncul setelah Hendy pergike Qatar untuk menjenguk ayahnya yang bekerja di sebuah perusahaan minyak.

Keputusan untuk merelakan 4 juta di tahun kedua dijadikan titik awal untuk memulai bisnis kebabnya di tahun ini. Pinjaman di alokasikan untuk gerobak kebab dan tentu saja bahan baku produk. Keterampilan manajemen bisnis Hendy telah berhasil membawa kebab yang awalnya dibeli dalam gerobak kewaralaba kebab di bawah PT Baba Rafi Indonesia.
Pendapatan Kebab Baba Rafi dikabarkan mencapai Rp. 150 triliun setiap bulan. Kebab Baba Rafi saatini mengoperasikan 1.300 toko di 10 negara, termasuk Indonesia.

Faktor Keberhasilan Hendy Setiono

Berbekal pengalaman menghadiri seminar dan mempererat hubungan bisnis, Hendy Setiono menciptakan motto LATEM, kebalikandari METAL.
L: Mencaripeluang
A: Lihatmetodenyadanlakukan.
T: Tirucarapenerapannya
E: Mengevaluasipeluang.
M: Ubahmetode yang dipilih
Hendy mengatakan, motto tersebut sudah ada sebelum usahanya dimulai sebagai motivasi pribadinya.

Baca Juga Artikel Tentang Tokoh Bisnis Lain nya di

Andre Taulany,Musisi yang Berjaya Menjadi Pelawak

Kesimpulan

Itulah ulasan biografi tentangHendy Setiono yang berhasil membuka usaha di bidang kuliner, juga di kirim sampai keluar negeri. Usaha Hendy Setiono ini dimulai melalui warung kecil dan kemudian memilikib eberapa cabang. Semoga artikel ini menjadi inspirasi bagi kalian.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.