Pengertian Affiliate Marketing Dan Cara Mendapatkan Uang Dengannya

Ada berbagai macam cara untuk mendapatkan uang melalui internet seperti menulis di blog, berjualan online dan ikut program afiliasi. Program afiliasi atau affiliate marketing pasti sudah tidak asing lagi bagi para pebisnis online masa kini. Program satu ini menjadi salah satu cara menghasilkan uang yang sedang populer baru-baru ini. Cara melakukannya cukup mudah, potensi penghasilannya juga menjanjikan, tak heran jika program afiliasi menjadi pilihan banyak orang. Masih belum tau apa itu affiliate marketing dan bagaimana cara mendapatkan uang dengannya? Yuk cari tau itu semua lewat artikel ini. Simak dan baca penjelasan lengkapnya di bawah sampai selesai.

Pengertian Affiliate Marketing

Menurut Prayitno (2001), menyatakan bahwa affiliate marketing merupakan sebuah sistem komisi yang diberikan kepada seseorang saat berhasil merekomendasikan produk tertentu ke orang lain. Jadi program afiliasi adalah suatu medote pemasaran dengan melibatkan pihak ketiga yang akan dibayar ketika ada orang membeli produk lewat sebuah link yang telah mereka taruh dan sebar di internet. Definisi sederhananya, kita mendapat bayaran komisi berupa uang dari memasarkan dan menjual produk milik orang lain.
Yang Harus Disiapkan Untuk Menjalankan Program Afiliasi.

Pengertian Affiliate Marketing Dan Cara Mendapatkan Uang Dengannya
Pengertian Affiliate Marketing Dan Cara Mendapatkan Uang Dengannya

Nah setelah mengetahui affiliate marketing, sekarang pelajari juga persiapan apa saja yang diperlukan saat ingin melakukan bisnis affiliate marketing. Berikut beberapa hal secara umum yang dibutuhkan untuk mulai menjalankan affiliate marketing.

Baca Juga : Pengertian Algoritma Google Dan Update Perubahannya

1. Riset Program Affiliate Marketing

Ada banyak program affiliate marketing yang bisa dicoba maka dari itu kita perlu riset terlihat dahulu mengenai program-program yang diadakan sebelum memutuskan program mana yang akan diikuti. Perhatikan beberapa faktor saat memilih program affilate marketing di antaranya :

• Kita harus memastikan bahwa produk atau jasa yang akan dipromosikan selaras dengan media yang digunakan untuk promosi, misalnya promosi produk herbal harusnya ada di blog terkait kesehatan bukan otomotif.
• Pastikan program afiliasi memberi penjelasan komisi dengan rinci dan pilih program mana yang memberi komisi sesuai harapan kita.
• Cari tau kualitas program afiliasi dengan melihat penggunanya dan reputasi programnya, apakah menguntungkan atau tidak.
• Pilih program afiliasi yang menawarkan support baik dalam bentuk live chat ataupun email. Jadi kalau kita menjumpai kendala, kita bisa meminta bantuan terkait program dengan mudah.
• Terkahir pahami juga bagaimana cara kerja setiap program affiliate marketing.

2. Media Promosi

Media promosi menjadi modal pokok utama dalam menjalankan sebuah program affilate marketing karena di situlah kita akan melakukan promosi produk. Saat ini sudah banyak media promosi yang bisa dimanfaatkan seperti blog, media sosial, atau channel YouTube. Gunakan media promosi sesuai dengan ketentuan dan persyaratan yang telah ditentukan oleh pembuat program afiliasi.

3. Pengetahuan Produk

Setelah melakukan riset program afiliasi yang cocok dan memilih media promosinya. Selanjutnya penting untuk mencari tau informasi terkait produk yang nantinya akan dipromosikan. Jangan sampai kita memberikan informasi salah tentang produk yang ditawarkan. Karena jika calon pembeli mengetahui hal tersebut, sudah pasti kepercayaan dan kemungkinan mereka untuk membeli produk melalui link atau kode referral yang kita berikan akan menurun. Pelajari produk yang akan ditawarkan dan beri penjelasannya dengan baik agar produk terlihat lebih terpercaya di mata calon pembeli.

4. Belajar Promosi

Jika belum pernah melakukan promosi produk sebelumnya, sebaiknya pelajari terlebih dahulu bagaimana para affiliates lain mempromosikan sebuah produk. Tentunya berbeda produk berbeda pula cara promosinya. Tambah dengan mempraktekkan apa yang sudah dipelajari supaya kita bisa lebih maksimal dalam mengikuti program affilate marketing nantinya.

Baca Juga : Cara Membuat Widget Pinterest Di Blog Blogspot

Cara Kerja Affiliate Marketing

Empat poin yang di jelaskan sebelumnya adalah hal umum yang perlu disiapkan saat ingin menjalankan program afiliasi. Tentunya setiap program mempunyai ketentuan dan persyaratan khusus lainnya sesuai dengan kebutuhan mereka. Sedangkan untuk cara kerja program afiliasi itu sendiri hampir semuanya sama saja. Berikut cara kerjanya :

1. Daftar Program Afiliasi

Hal paling pertama adalah mendaftar program afiliasi yang sudah dipilih.

2. Promosi

Setelah berhasil mendaftar kita bisa langsung mempromosikan produk di media promosi milik kita misalnya blog dan media sosial. Saat melakukan promosin jangan lupa untuk menyisipkan link atau kode referral yang sudah diberikan sebelumnya pada konten promosi kita.

3. Dapat Komisi

Saat sudah berhasil melakukan pemasaran produk dan ada orang yang membeli produk menggunakan link ataupun kode referral yang kita taruh di blog dan media sosial kita, maka otomatis kita akan mendapatkan komisi untuk setiap produk yang terjual tersebut.
Cara kerja program afiliasi di atas adalah cara kerja affiliate marketing secara umum. Tetapi tidak menutup kemungkinan ada program yang mempunyai alur kerja berbeda. Baca dan perhatikan dengan jeli syarat serta ketentuan sebelum mendaftar program afiliasi.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.