Jenis-jenis wordpress – Membuat website bukan lagi hal yang sulit untuk dilakukan. Banyak CMS (Content Management System) yang bisa digunakan. CMS memudahkan untuk membuat website tanpa perlu mengerti coding.

Fitur-fitur yang disediakan juga membantu mempermudah dalam pembuatan website, CMS memungkinkan Anda untuk membuat website pribadi (company profile), blog dan toko online untuk tujuan komersial.

Ada berbagai CMS untuk membuat website, salah satunya adalah WordPress. WordPress adalah CMS yang paling populer dan telah digunakan oleh banyak orang. Pada artikel ini kita akan membahas beberapa hal tentang WordPress seperti apa itu wordpress dan jenis-jenis wordpress.

Apa Itu WordPress?

WordPress adalah Content Management System (CMS) yang dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. WordPress bersifat open source, artinya dapat digunakan secara gratis dan dimodifikasi oleh siapa saja sesuai dengan kebutuhannya.

Palatform ini juga menyediakan plugin yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menambahkan fungsionalitas ke situs web mereka dengan satu klik. Dengan cara penggunaan yang juga mudah, kaya fitur dan dapat digunakan secara gratis, WordPress telah menjadi platform pembuatan website favorit di dunia.

Sampai saat ini WordPress tidak hanya digunakan oleh individu saja, banyak perusahaan penyedia jasa pembuatan website juga menggunakan WordPress.

Platform ini pertama kali dikembangkan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada tahun 2003. Ini dimulai dengan penghentian fungsionalitas B2 dan CafeBlog yang mereka gunakan. Dan akhirnya mereka memutuskan untuk membuat layanan blogging sendiri.

Selama bertahun-tahun, WordPress terus berkembang. Padahal, saat ini ada dua jenis WordPress yang bisa digunakan oleh penggunanya, yaitu WordPress.Com dan WordPress.Org. Apa perbedaannya? Simak penjelasannya di poin selanjutnya.

Jenis-jenis WordPress

Berikut ini adalah jenis-jenis wordpress beserta kelebihan dan kekurangannya.

WordPress.Com

WordPress.Com adalah layanan hosting WordPress yang dibuat oleh WordPress sendiri. Setelah membuat website menggunakan WordPress.Com, Anda akan mendapatkan subdomain “.wordpress.com”.

Kelebihan dari WordPress.Com:
  • Anda dapat mengontrol situs web Anda secara keseluruhan, baik konten maupun hosting situs web.
  • Biaya untuk WordPress.com lebih rendah karena biaya hosting dapat dibayarkan setiap bulan.
Kekurangan WordPress.Com:
  • Jumlah tema dan plugin di wordpress.com terbatas. Anda perlu membeli tema dan plugin yang Anda butuhkan.
  • SEO di WordPress.Com dilakukan melalui pihak ketiga.

WordPress.Org

WordPress.Org adalah WordPress yang digunakan oleh pengguna yang ingin membuat situs web dengan berlangganan hosting dan domain mereka (WordPress self-hosted). Artinya Anda bisa menggunakan layanan hosting lain dan membuat nama domain sesuai keinginan.

Kelebihan dari WordPress.Org:
  • Tema dan plugin yang disediakan dapat digunakan tanpa batas.
  • Anda dapat menginstal fitur SEO sendiri.
  • Ini memungkinkan Anda untuk membuat toko online.
  • Anda juga dapat menggunakan iklan, seperti Google AdSense.
  • Anda dapat membuat nama domain sesuai keinginan.
Kekurangan WordPress.Org:
  • Biaya yang dikeluarkan lebih tinggi karena Anda harus membayar untuk hosting.

Alasan Penting Untuk Menggunakan WordPress

Mengapa harus menggunakan WordPress untuk membuat situs web? Pertanyaan ini sering muncul di benak banyak orang. Berikut beberapa alasannya:

Dapat digunakan oleh pemula

Bagi Anda yang belum pernah membuat website atau baru mengenal bahasa pemrograman. WordPress adalah pilihan yang tepat untuk digunakan. Anda tidak perlu menjadi ahli pemrograman dan terus membangun situs web secara profesional.

Menyediakan banyak plugin

Plugin adalah skrip tambahan yang dirancang untuk melakukan fungsi tertentu di WordPress. Ada banyak jenis plugin yang dapat ditambahkan ke WordPress Anda untuk menambahkan fungsionalitas ke situs web Anda.

Contoh penggunaan plugin, website anda ingin memiliki fitur seperti troli toko online, form atau anda ingin mengetahui berapa banyak pengunjung yang datang ke website anda, maka anda dapat menginstal plugin tertentu sesuai dengan kebutuhan fungsional tersebut, tanpa membuat script sendiri dari awal.

Menyediakan beberapa tema berbeda

WordPress juga menyediakan berbagai macam theme website, ada theme yang bisa digunakan secara gratis dan berbayar, dimana theme gratis tidak kalah bagusnya dengan theme berbayar.

Ada Forum dan Komunitas Hebat

WordPress menyediakan forum dan komunitas yang luas di situs resminya. Di sana Anda belajar dan mendiskusikan berbagai hal tentang WordPress atau memecahkan masalah yang Anda hadapi. Selain forum dan komunitas, Anda juga bisa belajar dengan membaca artikel tutorial WordPress, video tutorial, dan media pembelajaran lainnya yang tersebar di internet.

Jenis Website yang Dapat Menggunakan WordPress

Kesimpulannya, pengertian WordPress secara umum dapat diartikan sebagai alat penting yang digunakan untuk membuat berbagai jenis website. Berikut beberapa jenis website yang dapat dibuat dengan menggunakan WordPress:

Blog

Anda dapat membuat blog sederhana dan murah menggunakan platform WordPress ini. Nantinya, jika blog tersebut memiliki tarffic yang lebih tinggi, bisa melanjutkan ke level berikutnya. Dengan cara ini blog akan tetap lancar digunakan, tanpa hambatan yang memperlambat kerjanya.

WordPress pada awalnya dibuat sebagai alat blogging dan masih merupakan platform yang paling banyak digunakan.

Bagi para blogger, WordPress adalah platform blogging yang paling disukai dan banyak digunakan. Platform ini menawarkan berbagai layanan, sehingga blogger yang tidak berpengalaman pun dapat menggunakannya dengan mudah. Banyak plugin dan tema juga dapat digunakan oleh pemilik blog dengan platform WordPress ini.

Portofolio

WordPress juga dapat digunakan untuk membuat portofolio yang menarik bagi pemiliknya. Mulai dari artis,freelancer, fotografer, dan bahkan penulis dapat menggunakan WordPress untuk portofolio online. Berbagai template portofolio disediakan oleh WordPress.org yang juga menawarkan berbagai fitur yang dibutuhkan untuk sebuah portofolio. Contohnya termasuk galeri gambar, lightbox, dan kisi portofolio.

Membuat portofolio dengan WordPress tentu akan menjadi pengalaman yang menarik. Tampil online ke publik untuk mendapatkan pekerjaan atau pekerjaan di tempat lain. Akan menjadi portofolio yang menarik jika dibuat menggunakan WordPress. Salah satu artis yang menggunakan WordPress adalah Beyonce, yang memanfaatkan fitur WordPress ini.

Situs Perusahaan

Bagi para pebisnis online yang masih pemula dan ingin membuat website bisnis online sederhana bisa memulai dengan WordPress. Membuat website dengan WordPress akan sangat praktis karena CMS sangat cocok untuk bisnis online kecil dan sederhana.

Namun, ada juga banyak perusahaan besar terkenal yang menggunakan platform WordPress untuk situs web bisnis mereka.

Contohnya Sony Music, merupakan salah satu perusahaan komersial yang memanfaatkan kecanggihan platform ini. Hal ini menunjukkan bahwa WordPress sangat fleksibel dan dapat digunakan oleh siapa saja. Mulai dari bisnis online kecil dan sederhana hingga perusahaan besar dapat memanfaatkannya.

Situs amal

Selain situs komersial, WordPress juga dapat digunakan untuk membuat situs amal. Ini adalah salah satu keuntungan dari platform WordPress yang merupakan biaya perawatan yang rendah. Tidak mengherankan, platform ini disukai oleh banyak badan amal untuk mendirikan situs amal. Dengan WordPress, mudah untuk membuat organisasi nirlaba dan membuatnya dikenal secara online.

Sangat penting bagi badan amal untuk memiliki situs web karena mereka dapat berbagi visi dan misi mereka dengan seluruh dunia secara online. Dengan demikian keberadaannya akan dikenal dunia dan lebih mudah untuk mendapatkan amal atau sumbangan dari pihak luar.

Toko online

Dengan platform ini Anda dapat membuat toko online tanpa perlu mengetahui atau menguasai bahasa pemrograman, itulah sebabnya banyak orang sekarang menawarkan layanan pembuatan toko online, tetapi Anda tetap harus berhati-hati. Ada plugin eCommerce untuk WordPress yang bisa digunakan untuk membuat toko online.

Berbagai fitur keren seperti keranjang belanja, halaman checkout, manajemen pesanan, pengembalian dana sekali klik dan sebagainya. Platform WordPress memiliki banyak fitur yang sangat cocok dan memang diperlukan untuk membuat toko online. Membuat toko online murah Anda sendiri untuk pemula WordPress adalah pilihan yang tepat.

Nah, itulah jenis-jenis website yang bisa dibuat menggunakan platform WordPress. Berbagai jenis website dapat dibuat menggunakan WordPress menggunakan berbagai fitur yang terdapat di dalamnya.

Banyak website atau situs populer yang dibangun menggunakan WordPress, semua orang sebenarnya bisa menggunakan WordPress. Sebut saja The New Yorker, TechCrunch, Sony Music, White House, dan Beyonce semuanya menggunakan WOrdPres.

Siapa sangka situs-situs ternama dunia ini dibuat menggunakan platform seperti kebanyakan orang, yaitu WordPress. Namun, tentu saja WordPress memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan yang membutuhkan perbaikan terus-menerus.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *