Pengertian dan Jenis-Jenis Keyword Atau Kata Kunci SEO

SEO jadi salah satu cara pemasaran yang sering digunakan oleh pebisnis online. Penerapan SEO tidak akan lepas dari keyword atau kata kunci SEO. Kata Kunci SEO mempunyai peran sangat penting dalam membantu meningkatkan pertumbuhan suatu bisnis online. Kamu perlu belajar dan memahami terlebih dahulu mengenai kata kunci SEO mulai dari jenis dan kelebihannya. Supaya nanti bisa menerapkan strategi kata kunci SEO yang tepat dan menarik pelanggan dengan jumlah besar. Dalam artikel ini akan dibahas semua terkait Kata Kunci SEO. Yuk langsung saja baca penjelasannya di bawah sampai selesai.

Pengertian Dan Jenis-Jenis Keyword Atau Kata Kunci SEO
Pengertian Dan Jenis-Jenis Keyword Atau Kata Kunci SEO

Apa Itu Keyword Atau Kata Kunci SEO?

Pengertian keyword atau Kata Kunci SEO adalah kumpulan kata-kata dan kalimat yang digunakan untuk mencari tau sesuatu lewat mesin pencari atau bisa disebut juga search query. Jadi penting sekali menggunakan kata kunci yang relevan dengan produk yang ditawarkan maupun standar kata kunci dari Google agar peluang halaman website bisnis muncul di hasil mesin pencari semakin tinggi.

Baca juga: 10 Cara Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Jenis-Jenis Kata Kunci SEO Berdasarkan Banyaknya Kata

Setelah mengetahui arti dari Kata Kunci SEO, sekarang ketahui juga jenis-jenisnya. Ada 3 jenis kata kunci SEO yang bisa diterapkan berdasarkan panjang pendeknya kata yang digunakan. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Short-Tail Keyword

Short-Tail Keyword merupakan kata kunci yang terdiri hanya dari 1 sampai 2 kata saja, contohnya “Peralatan Memasak”. Jenis kata kunci ini mempunyai tingkat persaingan yang tinggi karena penggunaan kata kunci yang kurang spesifik. Mesin pencari akan mencerna Short-Tail Keyword dengan sangat luas dan memberi volume hasil pencarian umum yang tinggi, itulah mengapa kompetisi jenis kata kunci satu ini begitu ketat.

2. Mid-Tail Keyword

Jenis Mid-Tail Keyword mempunyai panjang kata kunci lebih sedikit dari Short-Tail Keyword yaitu 2 atau 3 kata. Biasanya Kata Kunci SEO jenis ini hanya menambah kata penting supaya menjadi lebih mudah untuk ditemukan mesin pencari, misalnya “Peralatan Memasak Pisau”.

3. Long-Tail Keyword

Jelas dari namanya “long” berarti panjang, jenis kata kunci ini lebih panjang dari pada kedua jenis sebelumnya. Penggunaan kata kunci juga lebih spesifik dan tertarget. Volume hasil pencarian untuk jenis kata kunci ini terbilang sedikit tetapi mudah mendapatkan peringkat bagus di mesin pencari karena konversinya yang tinggi.

Jenis-Jenis Kata Kunci SEO Berdasarkan Target Pasar

Selain jenis Kata Kunci SEO berdasarkan panjangnya, ada juga berdasarkan targetnya. Ada Broad Keyword, Brand Keyword dan lainnya. Baca ada apa saja beserta penjelasannya di bawah.

1. Broad Keyword

Broad Keyword artinya kata kunci umum. Jenis kata kunci ini digunakan untuk mencari sesuatu yang umum bukan yang spesifik. Contoh jenis Kata Kunci SEO ini adalah Sepatu, Mesin Cuci, Pakaian, Buku, dan masih banyak lagi. Broad Keyword juga termasuk dalam jenis kata kunci Short-Tail Keyword karena penggunaan jumlah katanya yang terdiri dari satu dua kata saja dan bersifat umum.

2. Branded Keyword

Branded Keyword merupakan kata kunci yang merujuk ke sebuah merek produk tertentu. Biasanya yang menggunakan kata kunci jenis ini hanya produk dari merek terkenal di pasar global. Beberapa contoh dari Branded Keyword seperti Samsung Smartphone, Sepatu Nike, Laptop Ideapad Asus, dan lain-lain. Persaingan Kata Kunci SEO jenis ini kurang maksimal digunakan karena bisa saja orang-orang hanya mencari tau informasi tentang spek produk dan sebagainya bukan mau membeli. Kecuali jika bekerja sama langsung dengan mereknya, maka akan jauh lebih mudah dalam melakukan persaingan pasar.

3. Transactional Keyword

Transactional Keyword adalah kata kunci yang digunakan oleh orang-orang yang sudah siap mengambil keputusan pembelian. Lebih jelasnya bisa melihat contohnya antara lain Jam Tangan Murah Berkualitas, Atasan Wanita Blouse Batik, dan Sepatu Casual Pria Murah. Jenis Kata Kunci SEO ini merupakan penunjuk bahwa orang tersebut mempunyai niat membeli produk yang dibutuhkan dengan menuli kata kunci dengan lebih spesifik dan tertarget.

4. Informational Keyword

Information Keyword merupakan kata kunci yang akan memberi informasi topik tertentu yang sedang dicari. Jenis kata kunci ini mempunyai volume hasil pencarian yang besar tetapi tingkat konversi cenderung rendah karena sifatnya yang kompetitif. Disarankan untuk menggunakan Informational Keyword pada pembuatan tulisan artikel atau konten website maupun media sosial, bukan untuk digunakan pada deskripsi produk. Karena kata Kata Kunci SEO ini biasanya menyertakan kata seperti Bagaimana caranya, Mengapa, Kenapa, Cara Terbaik Untuk Melakukan, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Pengertian Social Signal Dan Fungsinya Untuk Website

6. Geographical Keyword

Geographical Keyword adalah kata kunci yang mengandung sebuah lokasi. Kata Kunci SEO jenis ini biasanya digunakan orang-orang untuk mencari sesuatu yang lokasinya berada di dekat mereka, contohnya Supplier Baju Bekas Di Jogja atau Sepatu Wanita Murah Wonosobo.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.