Tips Dan Trik Berjualan Di Facebook Agar Laris Manis

Pada artikel Tips Dan Trik Berjualan  pada Facebook Agar Laris Manis, Ketahui terlebih dahulu pengertian mengenai Facebook. Facebook adalah media sosial yang sering digunakan oleh para penjual online untuk memasarkan dagangan mereka. Menurut data Internetworldstats, pengguna Facebook di Indonesia pada akhir Maret tahun 2021 kemarin berhasil mencapai 175,3 juta pengguna. Itu baru di Indonesia ya, belum di negara-negara lainnya. Bisa dikatakan kalau Facebook merupakan jejaring sosial dengan angka pengguna tertinggi. Tak heran, apabila orang-orang masih setia menggunakan Facebook dan menjadikannya sebagai media pemasaran mereka, meskipun bermunculan platform-platform lain yang lebih kekinian seperti Instagram, Twitter, dan TikTok.

Tips Dan Trik Berjualan Di Facebook Agar Laris Manis
Tips Dan Trik Berjualan Di Facebook Agar Laris Manis

Namun sayangnya, sebagian besar orang belum bisa memanfaatkan penggunaan Facebook dengan maksimal, terkhusus untuk penjual online. Artikel ini akan membahas tips & trik cara jualan di Facebook supaya dagangan lebih laku dan mendatangkan untung. Tanpa berlama-lama, langsung simak pembahasannya, yuk!

Baca juga : Cara Mendaftar Lokasi Di Google Map Lewat HP dan PC Dengan Mudah

1. Pastikan Produk Jualan Mempunyai Kualitas

Usahakan kamu menjual produk-produk yang berkualitas pada Facebook. Biasanya orang-orang akan lebih memilih produk berkualitas meskipun harganya mahal, ketimbang produk dengan harga murah tapi kualitasnya rendah. Seperti sebuah pondasi kekuatan, memiliki produk yang berkualitas bisa mempertahankan citra usaha dan pelanggan agar nanti melakukan repurchase.

2. Pasang Gambar Dan Informasi Produk Yang Jelas

Memakai gambar beresolusi tinggi akan menjadikan toko kamu terlihat lebih profesional. Pasanglah gambar produk yang memiliki pencahayaan dan angle yang menarik, kalau perlu gunakan model orang. Ini salah satu cara untuk mengambil perhatian pelanggan secara visual dan mempengaruhi mereka agar tertarik membeli produk kamu. Sedangkan dengan memberi informasi produk yang jelas, ringkas tapi lengkap, bisa membantu meningkatkan brand awareness, mengurangi kesalah pahaman mengenai produk, dan menghindari keluhan pelanggan terhadap produk sehabis melakukan pembelian.

3. Pelajari Dan Tentukan Target Pasar

Sebaiknya pelajari dan pahami target pasar kamu. Pelajari apa yang mereka butuhkan, pahami siapa saja yang cocok memakai produk kamu. Dengan mengetahui itu semua, kamu bisa semakin mudah membuat strategi pemasaran yang tepat sasaran.

4. Analisa Kompetitor

Yang sering penjual online lupakan adalah menganalisa strategi pemasaran kompetitor mereka yang memiliki produk sejenis. Padahal, dengan menggali informasi si pesaing, mereka bisa mengira-ngira potensi ancaman dan kerugian yang bisa mereka dapatkan, atau memberi gambaran posisi usaha mereka apakah sudah membuat kemajuan yang berarti atau belum.

5. Upload Postingan Kreatif Dengan Copywriting

Selain upload foto produk, melalui Facebook kamu juga bisa mengupload konten lain yang kreatif dan unik seperti video reels, ilustrasi, vlog, artikel, dan lainnya yang masih berhubungan dengan produk jualan kamu. Tambahkan copywriting pada caption ketika mengunggahnya. Copywriting merupakan kata-kata promosi yang bisa memotivasi orang yang membacanya untuk melakukan sebuah tindakan yaitu membeli.

6. Buat Fanspage/ Halaman Facebook

Fanspage Facebook adalah halaman khusus yang digunakan untuk kampanye bisnis atau konten tertentu. Fanspage ini berbeda dengan Facebook personal ya. Bukan hanya untuk toko online saja, tapi berbagai perusahaan, lembaga pemerintahan, organisasi dan sebagainya juga biasa memanfaatkan fitur Facebook satu ini loh! Orang-orang hanya perlu mengklik tombol “Ikuti” dan secara otomatis beranda mereka akan memuat semua informasi yang diunggah dari halaman Facebook kamu.

7. Share Testimoni Dan Ulasan Dari Pelanggan

Testimoni dan ulasan adalah kesan dan pernyataan dari pelanggan mengenai produk kamu selama memakai atau mengkonsumsinya.

8. Jualan Pada Grup Jual Beli

Ada banyak sekali grup-grup pada Facebook, mulai dari grup diskusi ilmu pengetahuan, grup meme, grup belajar bahasa, hingga grup jual beli pun ada! Kamu bisa masuk ke grup-grup jual beli lokal dan luar daerah, kemudian memposting jualan kamu . Jangan lupa untuk memilah lagi grup jual belinya ya, misalnya produk kamu adalah baju, maka tawarkan jualan kamu  pada grup jual beli khusus fashion.

9. Manfaatkan Fitur Marketplace

Bukan cuma grup jual beli, Facebook juga menyediakan fitur marketplace loh. Fitur ini memungkingkan kamu menawarkan produk jualan dengan jangkaun lebih luas dari pada grup.

10. Responsif

Usahakan responsif dalam membalas dan menanggapi pesan, komentar, sekaligus pertanyaan dari  pelanggan . Dengan begitu mereka bisa segera mengambil keputusan untuk membeli produk kamu atau tidak.

11. Pakai Facebook Ads

Terakhir adalah Facebook Ads. Berjualan pada grup dan marketplace, melakukan promosi melalui Facebook Ads jauh lebih cepat mendapatkan hasil. Kamu bisa mengatur sendiri target pasar sesuai keinginan berdasarkan jangkauan lokasi dan usia. Untuk biaya bisa menyesuaikan dengan budget yang kamu punya dan terbilang murah ketimbang Ads pada platform lain seperti Instagram.
Sekian pembahasan tips dan trik berjualan  pada Facebook kali ini. Semoga membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba!

Baca Juga : 5 Cara Melihat Messenger Yang Dihapus! Pengguna Android Wajib Coba

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.