Cara Research Keyword Dengan Google Trends

Hampir semua dari kita yang mempunyai blog maupun website berharap mendapat banyak kunjungan, terlebih lagi apabila situs kita telah terdaftar Google Adsense. Namun penggunaan keyword yang salah atau kurang tepat bisa mengakibatkan hal yang diimpikan tadi sangat sulit didapat. Pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara Research Keyword Dengan Google Trends. Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Google Trends

Google menyediakan berbagai macam layanan untuk mendukung kegiatan di internet mulai dari Google Ads, Google Play, dan lainnya termasuk juga Google Trends. Macam-macam layanan tersebut mempunyai fungsinya masing-masing. Google Trends adalah salah satu layanan dari Google diluncurkan pada tahun 2006 dan berguna untuk memberi informasi terkait data serta grafik popularitas yang sedang terjadi di halaman pencarian Google.

Google Trends memberi beberapa manfaat pada penggunanya antara lain supaya bisa menemukan keyword populer yang sering dicari oleh pengguna internet, mencari bahasan topik populer, serta bisa menjadi alat pembanding antar keyword. Research Keyword Dengan Google Trends sangat populer saat ini, dan Tampilan dari Google Trends begitu sederhana dan fiturnya mudah digunakan, bahkan cocok untuk pemula. Tujuan dari penggunaan Google Trends sendiri ada beberapa macam tergantung kebutuhannya. Biasanya orang-orang menggunakan Google Trends untuk Research Keyword Dengan Google Trends. keperluan SEO dan pembuatan konten. Nantinya hal tersebut bisa dijadikan sebagai alat pengembangan website agar mendapat banyak kunjungan dan klik. Sebagian orang juga memakai Google Trends sebagai alat untuk mendapat ide konten dan inspirasi pembuatan iklan kreatif.

Cara Research Keyword Menggunakan Google Trends
Cara Research Keyword Menggunakan Google Trends

Baca Juga Artikel : 10 Cara Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Cara Research Keyword Dengan  Google Trends.

Setelah mengetahui apa itu Google Trends dan sedikit manfaat serta kelebihannya. Sekarang akan dibahas bagaimana cara Research Keyword Dengan Google Trends, berikut caranya :

1. Masuk Situs Google Trends

Langkah pertama kamu harus membuka dan masuk ke situs Google Trends terlebih dahulu. Setelah itu, kamu akan dihadapkan dengan tampilan beranda bertuliskan ‘Temukan Apa yang Dicari Dunia’ seperti gambar di bawah.

2. Menentukan Lokasi

Kamu bisa mengubah dan menentukan lokasi tertentu untuk mengetahui tren yang sedang terjadi di berbagai negara melalui fitur Google Trends yang berada di pojok kanan atas.

3. Tulis Keyword Pencarian

Setelah itu kamu tinggal memasukkan kata kunci pencarian yang ingin dicari pada kolom pencarian dengan tulisan ‘Masukkan Topik Atau Istilah Penelusuran’. Contohnya untuk mencari model sepatu wanita yang sedang tren, kamu bisa mengetik keyword “sepatu wanita” lalu tekan enter untuk menelusurinya. Setelah itu kamu akan diberi tabel grafik tren pengguna mencari kata kunci sepatu wanita selama satu tahun terakhir. Jika ingin mengubah rentang waktu pencarian, kamu bisa mengaturnya di menu ‘Custom Time Range’ pada bagian atas. Di bagian bawah grafik, kamu juga akan mendapat informasi terkait ketertarikan pengguna mencari keyword sepatu wanita berdasarkan daerahnya. Kemudian di bagian paling bawah akan ditampilkan daftar topik dan kueri yang berkaitan dengan keyword yang kamu cari. Kamu bisa melihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya. Begitulah cara Research Keyword Dengan Google Trends.

Baca Juga Artikel : Algoritma Google dan Update Perubahannya

4. Cara Membandingkan Keyword

Untuk membandingkan performa antar keyword, kamu hanya perlu memasukkan keyword pembanding di menu ‘Bandingkan’. Grafik beserta informasi data lainnya akan menyesuaikan dengan keyword yang dibandingkan secara otomatis. Sebagai contohnya gambar di bawah yang menunjukkan perbandingan antara keyword “sepatu wanita” dan “sandal wanita”.

Terlihat dengan jelas pada gambar bahwa pencarian untuk produk sepatu wanita lebih diminati dari pada sandal wanita. Melalui informasi dan data yang ditampilkan Google Trends tersebut, kamu bisa mengembangkannya sebagai bahan untuk menentukan produk terlaris dan populer, membuat ide konten menarik, menganalisis tren pasar agar tepat sasaran dan bisa meraih omset lebih banyak.

5. Cara Menggunakan Pencarian Spesifik

Google Trend bukan hanya bisa digunakan menganalisis tingkat pencarian di Google Search saja, tetapi juga bisa untuk menganalisis semua yang sering dicari di penelusuran lain seperti YouTube, penelusuran pada gambar, berita, website, Google Shopping, dan juga dapat di gunakan untuk Research Keyword Dengan Google Trends. Fitur ini berada di halaman yang sama dengan grafik hasil pencarian, tepatnya di sebelah menu ‘Pilih Kategori’.

Itulah pengertian, manfaat, dan bagaimana cara melakukan Research Keyword Dengan Google Trends. Meskipun Google Trends sendiri masih terus dikembangkan, namun penggunaan dan fitur yang ada pada dasarnya tetap sama dan mudah digunakan. Kamu akan mendapat banyak data yang menarik untuk bisa diterapkan pada strategi bisnis kamu nantinya. Mulai dari membuat konten website sampai memilih produk terlaris untuk dijual.
Perlu diingat bahwa pengumpulan data research keyword juga tidak akan serta merta menjadikan bisnis kamu berhasil sukses. Adanya usaha lebih melalui kemampuan analisis dan memilih strategi yang tepat baik untuk optimasi SEO maupun tugas bisnis lainnya juga penting. Semoga artikel ini bisa membantu kamu belajar tentang Research Keyword Dengan Google Trends dengan jelas ya!

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.