Pengertian marketing social media merupakan salah satu pekerjaan yang bertugas untuk memasarkan produk melalui sosial media. Pekerjaan ini juga sering disebut dengan pemasaran digital. Baik melalui platform dan juga situs website.

Pengertian dari Marketing Social Media

Marketing social merupakan sebuah bentuk pemasaran yang dilakukan melalui teknologi digital. Di samping itu, saat ini perkembangan teknologi menjadi semakin beragam. Tidak lengkap jika Anda tidak memanfaatkan peluang ini untuk ikut serta dalam mengembangkan sebuah bisnis.
Ada banyak sekali platform yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan sebuah produk atau layanan jasa. Membantu perusahaan dalam berinteraksi dengan pelanggan, memberitahukan produk dan jasa, mendapatkan feedback dan masukan dari konsumen, serta menerima keluhan dari pelanggan.

Memasarkan sebuah produk di jejaring sosial juga bisa membantu perusahaan dalam meluaskan pasar dan target konsumennya. Memberikan akses secara mudah kepada pelanggan dalam menjangkau perusahaan melalui alamat website, akun sosial, serta platform digital lainnya.

Pengertian Marketing Social Media, Jenis, dan Strateginya
Pengertian Marketing Social Media, Jenis, dan Strateginya

Baca Juga : Tips Dan Trik Berjualan Di Facebook Agar Laris Manis

Platform Marketing Social Media

Setelah mengetahui tentang pengertian marketing social media, Anda juga harus mengetahui platform mana saja yang bisa menjadi lapak memasarkan produk. Untuk memberikan wawasan luas mengenai ini. Simaklah beberapa penjelasan di bawah ini dengan seksama!

1. Facebook

Facebook merupakan salah satu platform sosial yang sudah ada sejak lama dan memiliki banyak sekali pengguna. Aksesnya pun mudah dengan memberikan fitur-fitur dan juga layanan secara baik kepada para penggunanya.
Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk terus mengembangkan bisnis menjadi lebih maju dan berkembang pesat kedepannya. Selain itu, facebook juga memudahkan perusahaan dalam menyebarkan berbagai konten, baik dalam bentuk gambar maupun video dengan kualitas menawan.

2. Instagram

Siapa yang tidak kenal dengan platform yang bernama instagram ini. Merupakan salah satu aplikasi banyak digunakan oleh para pengguna internet. Baik untuk membagikan momen, berbelanja, dan lain sebagainya.
Bahkan, Anda bisa menggunakan tracking dengan cara memonitoring seberapa banyak pengguna internet melakukan kunjungan ke akun dalam beberapa waktu. Cara ini juga memberikan bantuan kepada departemen pemasaran untuk meningkatkan performa dan strategi promosi.

3. Twitter

Aplikasi dengan ikon burung berwarna biru ini juga sangat booming beberapa waktu belakangan ini. Penggunanya semakin meningkat pesat, jika Anda membuka aplikasi tersebut, pasti tidak jarang melihat banyak sekali orang berjualan di dalamnya, berbagai produk maupun layanan jasa.
Melalui twitter, Anda juga bisa melihat respon pengunjung secara langsung. Platform ini juga memberikan keleluasaan kepada pelanggan dalam menyampaikan keluhan kepada pihak perusahaan. Baik berkaitan dengan kualitas produk maupun hal lain yang masih berkesinambungan.

4. YouTube

YouTube bukan hanya dijadikan sebagai platform untuk membagikan video saja, namun bisa juga Anda jadikan sebagai lapak promosi produk. Membuat konten video yang menarik dan unik tentu akan menarik minat calon konsumen secara mudah.
Apalagi YouTube merupakan aplikasi terpopuler kedua setelah Google. Dengan mengerahkan berbagai kreatifitas dan keunikan sebuah konten, maka Anda bisa dengan mudah menggaet konsumen baru. Buatlah judul video semenarik mungkin supaya lebih unik.

5. TikTok

TikTok merupakan aplikasi yang banyak digandrungi oleh anak muda zaman sekarang. Hampir sebagian dari mereka memiliki platform ini untuk menonton, berbagi ilmu, dan bahkan berjualan. Dengan memanfaatkan berbagai fitur, Anda bisa memaksimalkan proses pemasaran produk.
Gaetlah konsumen dengan konten yang memukau sehingga akan muncul di beranda mereka. jika Anda menggunakan orang lain atau influencer, maka akan semakin melejit nantinya perkembangan produk tersebut, sehingga mampu menjual lebih banyak produk dalam waktu singkat.

Baca Juga : Cara Membuat Meta Tag Yang SEO Friendly

Strategi Marketing Social Media

Setelah mengetahui tentang platform apa saja yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan produk melalui sosial media, selanjutnya harus mengetahui strateginya. Tujuannya agar nanti setiap proses di dalamnya dapat berjalan secara lancar dan baik. Berikut ini penjelasannya!

1. Jalankan Audit Media Sosial

Strategi yang pertama adalah menjalankan audit media sosial. Lakukanlah pengamatan berkaitan dengan beberapa platform digital dan identifikasikan aplikasi mana saja yang memiliki banyak pengguna. Banyak sekali referensi tersedia di internet untuk Anda jadikan sebagai gambaran.
Lakukan analisis terhadap keberadaan pesaing di dalam sebuah platform. Kemudian, identifikasikan segala keunggulan yang mereka miliki. Setelah itu, kembangkan produk dan juga proses pemasaran menjadi lebih baik serta berkualitas unggul agar mampu bersaing dalam waktu lama.

2. Tetapkan Sasaran dan Tentukan Metrik

Strategi selanjutnya yakni dengan menetapkan sasaran dan menentukan metrik. Sasaran di sini akan sangat bermanfaat bagi Anda dalam mengorganisir berbagai kegiatan di dalam sebuah proses pemasaran agar bisa berjalan dengan lancar kedepannya.
Sedangkan metrik berguna untuk melihat apakah setiap proses yang Anda laksanakan sudah tercapai atau tidak. Jika belum tercapai, maka perusahaan bisa memperbaiki berbagai aspek pendukung di dalamnya supaya jauh lebih baik.
Demikianlah penjelasan berkaitan dengan pengertian marketing social media dan strateginya secara jelas. Memanfaatkan perkembangan teknologi merupakan cara mudah yang harus Anda lakukan. Mengambil kesempatan untuk memperluas target pasar dan proses pemasaran.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *