Mungkin Anda penasaran apa itu sales promotion? Iya, kan? Seorang sales promotion merupakan tenaga penjualan yang direkrut perusahaan dalam rangka untuk melakukan penjualan langsung pada konsumen. Karena mereka melakukan penawaran dan penjualan langsung, maka mereka biasanya terpilih dari orang yang punya kelebihan fisik. Wajah cantik, seksi, tubuh tinggi dan penampilan menarik. Sehingga saat mereka mendatangi keramaian, mereka akan memberikan perhatian, tertarik dan ujung-ujungnya tertarik untuk membeli.  Kabar buruknya, sales promosi ini tak selalu ada. Sehingga saat ada pendaftaran, banyak orang yang minat seleksi pendaftaran. Seorang sales promosi biasanya bekerja secara kontrak beberapa bulan saja. Setelah kontrak selesai. Mereka bisa mencari peluang usaha lain yang lebih menjanjikan penghasilan besar.

Pengertian Sales Promotion

Apa itu pengertian sales promotion?  Sales promotion adalah  sebuah program promosi penjualan  dalam rangka untuk menawarkan barang dan jasa untuk meningkatkan minat orang terhadap produk. Tujuan utama sales promotion dalam rangka untuk menarik minat calon konsumen membeli produk, merasakan produk dan memberikan feedback terbaiknya.

Singkatnya, sales promotion merupakan program perusahaan dalam rangka untuk meningkatkan penjualan secara cepat. Perusahaan tidak melakukan program promosi penjualan setiap hari tetapi mereka melakukannya secara berkala. Sehingga hasil perumusan ini melibatkan orang-orang pilihan. Misalnya saja cewek cantik, cowok ganteng. Manajemen merekrut mereka sebagai daya tarik untuk meningkatkan penjualan produk secara langsung.

Baca juga: 4 Perbedaan Sales Dan Marketing. Terakhir Paling Vital

Macam Macam Sales Promotion

Ada beberapa jenis tenaga penjualan yang ada. Mereka adalah orang-orang terpilih melalui proses rekrut yang ketat. Inulah macam-macam tenaga sales promosi:

Sales Promotion Girl

Apa itu sales promotion girl? Sales promotion girl adalah kepanjangan dari SPG. Mereka adalah para  wanita yang memiliki profesi  memasarkan produk secara langsung. Biasanya mereka memiliki ciri-ciri

  1. Punya wajah cantik
  2. Berbodi seksi
  3. Memiliki tubuh langsing
  4. Tinggi semampai

Fisik mereka yang menarik ini menjadi daya tarik. tentu untuk mendatangkan pembeli secara langsung dalam waktu cepat. Kita sering menemui SPG ini pada POM bensin, pertamanan, RTH dan tempat umum yang banyak pengunjung. Mereka memang mendatangi tempat yang ramai untuk mencari target market.

Tujuan utamanya bukan sekedar mengenalkan produk tai lebih ke mengejar penjualan langsung. SPG yang punya wajah cantik, tubuh seksi, tinggi dan semampai biasanya menghasilkan penjulan tinggi.

Ini maklum, karena orang yang mereka tawari adalah kaum Adam.  Sering sekali mereka membeli bukan karena sedang membutuhkan tetapi karena tertarik pada penjualnya.

Sales Promotion Boy

Apa itu sales promotion boy?   Sales promotion boy nyaris memiliki peran dan tugas yang sama dengan SPG. Bedanya mereka adalah lelaki. Biasanya mereka menawarkan pada ibu-ibu di pusat keramaian. Mereka juga punya tugas khusus mengamankan dan membawa produk dari mobil ke tempat demonstrasi produk.

Begitu juga sebaliknya, saat demonstrasi produk selesai. Mereka bertanggung jawab membawa produk kembali ke mobil.

Sales Promotion Representative

Apa itu sales promotion representative? Mereka adalah salah satu bagian penting tim penjualan perusahaan. Salah satu kelebihan yang perlu dimiliki oleh seorang sales representative adalah kemampuan komunikasi dan berbicara yang bagus.

Sehingga mereka mampu mempengaruhi audiens (calon customer) untuk tertarik dan akhirnya membeli produk. Secara umum sales representative adalah orang yang bertugas untuk mempromosikan, menawarkan dan menjual produk kepada organisasi, badan formal atau nonformal. Sales representative terbagi menjadi dua:

Inside sales (bertugas dalam ruangan)

Siapakah inside sales? Mereka adalah orang yang bekerja menawarkan produk  melalui telemarketing dan komunikasi daring. Mereka bekerja penuh dalam ruangan. Tugas mereka menghubungi orang yang sudah ada dalam daftar.

Sehingga orang yang mereka tawari adalah orang-orang yang memang punya minat pada priduk yang sedang mereka tawarkan. Peluang terjadinya penjualan sangat tinggi dengan model ini. Karena mereka adsalah orang-orang yang punya ketertarikan pada produk yang sedang mereka tawarkan.

Outside sales (berugas di luar ruangan)

Mereka adalah orang-orang yang memiliki bakat untuk bertemu langsung dengan calon customer. Memiliki kemampuan berbicara, mempengaruhi orang untuk tertarik dan memilih produk. Mereka basanya mendatangi tempat yang memang sudah jadi target penjualan.

Sehingga kedatangan mereka akan memperoleh sambutan hangat dari calon konsumen dan berpeluang memperoleh penjualan dalam jumlah yang masif.

Sales Promotion Officer

Apa itu sales promotion officer? Mereka adalah orang-orang yang memiliki kemampuan untuk membangun komunikasi, melakukan presentasi, negosiasi dan memahami konsep salesman.  Tujuan utamanya adalah agar mampu mempengaruhi calon konsumen agar tertarik dan membeli produk dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.

Kelebihan Dan Kekurangan Sales Promotion

Melakukan promosi tentu punya kelebihan dan kekurangan. Inilah bebetapa kelebihan promo penjualan:

Kelebihan Promosi Penjualan

Mendemonstrasikan Produk Kepada Calon Pemilih

Kelebihan promosi penjualan adalah bisa mendemonstrasikan produk pada calon pembeli yang tepat. Sehingga peluang mereka untuk tertarik, minat dan membeli sangat besar.

Husnidar menjelaskan dalam bukunya “Pemasaran Terpadu”  2021) bahwa kelebihan promosi penjualan oleh tim penjualan bisa mendemonstrasikan produk secara langsung kepada calon konsumen. Sehingga peluang mereka untuk minat, tertarik dan membeli sangat besar.

Bisa Menarik Perhatian Konsumen

Saat tim penjualan mendatangi calon konsumen dan mendemonstrasikan produk secara langsung, maka mereka akan melihat manfaat produk, cara kerja produk. Mereka akan memberikan perhatian serius. Akhirnya mereka akan tertarik dan minat untuk membeli.

Kotler dan Amstrong menjelaskan bahwa ada beberapa kelebihan promosi penjualan salah satunya adalah mampu menarik perhatian konsumen. Sehingga ajang demonstrasi ini akan menguatkan keinginan konsumen untuk membeli.

Kekurangan Promosi Penjualan

Walaupun promosi penjualan memiliki beberapa dampak positif bagi peningkatan omset perusahaan. Ternyata, ada beberapa kekurangannya. Di antaranya adalah:

 Membutuhkan Biaya Besar

kekurangan promosi penjualan pertama membutuhkan anggaran budget yang lumayan besar. Anggaran ini merupakan anggaran untuk menggaji karyawan tenaga penjualan freelance memberikan insentif hadiah dan kupon bagi mereka yang tertarik untuk membeli.

Durasi Waktu Tergolong Pendek

Ada efek positif dari aktivitas promosi penjualan secara langsung. Tapi pada sisi konsumen, memiliki durasi yang sangat pendek. Saat ada demonstrasi produk, maka akan banyak orang yang datang untuk melihat, memperhatikan bagaimana demonstrasi produk. Mereka melihat, memberikan perhatian, tertarik dan minat untuk membeli. Selebihnya tidak banyak berdampak pada omset penjualan.

Tenaga penjualan kurang profesional

Adakalanya tenaga penjualan yang kita rekrut kurang profesional. Sehingga antara biaya yang perusahaan keluarkan dan omset yang mereka sumbangkan tak sebanding. Banyak dari mereka yang salah persepsi. Mereka mengira bahwa tugas SPG hanya menarik perhatian orang.

Bukan. Ini pemahaman yang salah. Tugas seorang SPG adalah menarik orang untuk datang dan membeli produk. Target utamanya adalah omset. Secantik apapun SPG kalau tak bisa menghasilkan omset tinggi, ya mereka telah gagal.

Baca juga: Kenali 12 Indikator Kualitas Produk Sebelum Membeli Produk Tertentu

Penutup

Dalam artikel ini penulis telah menyajikan pembahasan tentang apa itu sales promotion secara lengkap. Peran seorang sales penjualan sangat penting. Salah satunya dalam rangka untuk menetak penjualan langsung. Sehingga omset perusahaan meningkat drastis. Biasanya perusahaan menurunkan tim sales promosi untuk menggenjot omset yang masih kurang memenuhi target.  Kehadiran tenaga marketing penjualan ini bisa jadi penyelamat tim marketing dari target penjualan sehingga target penjualan tetap terpenuhi bahkan omset melebihi target yang telah ditetapkan manajemen.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *