Blog bisa dibuat oleh siapa saja. Sebagian besar waktu, blogging hanyalah hobi. Tetapi jika Anda menganggapnya serius, web juga dapat menghasilkan uang. Cara monetize blog berikut akan membantu pengguna sukses mendapatkan uang dari blog.

Sebelum memonetisasi blog, pengguna perlu mengikuti beberapa langkah seperti membuat konten berkualitas, topik yang menarik, mengunggah secara konsisten, dan mempromosikan blog untuk meningkatkan pengunjung. Banyak yang masih belum tahu cara memonetize blog untuk menghasilkan uang dari Internet.

Apalagi bagi para pemula yang tergiur dengan banyaknya blogger yang bisa memonetize blogging dan mendapatkan uang dari hobinya. Membuat blog atau website semakin populer saat ini , dengan meningkatnya jumlah blogger yang bermunculan.

Dengan adanya fitur blog gratis, banyak orang yang senang menggunakannya untuk membuat toko online atau menyalurkan hobi menulis mereka. Selain menyalurkan hobi, membuat dan menulis blog juga merupakan kegiatan yang menyenangkan. Namun sayangnya, banyak dari mereka yang hanya sekedar hobi. Padahal dari blog ini kita bisa mendapatkan banyak uang.

Namun, untuk sebuah website atau blog untuk menjadi sumber penghasilan, tentu saja tidak cukup hanya dengan mengisi dan membuat konten untuk blog tersebut. Anda juga perlu mengoptimalkannya agar banyak orang yang mengunjungi blog Anda.

Cara monetize Blog Terbaik dan Menguntungkan

Menghasilkan uang dari blog alias “monetize blog” merupakan kegiatan pemasaran yang dapat mendatangkan keuntungan, baik dari segi materi maupun eksposur. Sementara dari sisi materi Anda bisa mendapatkan keuntungan langsung berupa uang.

Sisi eksposur dapat meningkatkan awareness website Anda pada mata audiens target Anda. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memonetisasi situs web Anda.

Program Adsense

Salah satu cara menghasilkan uang dari blogging adalah dengan menggunakan program Google Adsense. Program ini merupakan salah satu yang paling populer dan menjadi pilihan utama para blogger dan orang-orang yang membuat website, termasuk media online.

Jika blog Anda sudah memiliki traffic yang signifikan atau setidaknya telah mencapai ribuan orang per hari, Anda bisa mulai mendaftarkan blog Anda ke program Google Adsense.

Untuk mengikuti program ini, Anda tidak harus menggunakan situs web berbayar. Hanya dengan blogspot yang gratis Anda bisa menghasilkan uang selama trafiknya tinggi.

Program selain Adsense

Jika aplikasi Anda untuk program Adsense ditolak oleh Google, masih banyak alternatif Adsense yang bisa Anda pilih. Cara monetizei blog selain Adsense antara lain MGID, Chitika, Media Net, Propeller Ads, RevenueHits dan lain-lain.

Namun, daripada dengan Adsense, program alternatif ini biasanya memiliki nilai pembayaran yang jauh lebih rendah. Inilah sebabnya mengapa banyak blogger lebih mengandalkan Adsense.

Program Afiliasi

Program afiliasi adalah kemitraan situs web dengan perusahaan untuk mempromosikan produknya dan mendapatkan komisi untuk setiap transaksi. Besaran komisi yang akan diperoleh bervariasi sesuai dengan kebijakan masing-masing perusahaan.

Selain itu, Anda juga memiliki opsi untuk mendapatkan materi promosi yang juga dapat Anda gunakan untuk mempelajari cara memasang iklan pada masa mendatang. Bentuk kerjasama dengan program afiliasi biasanya berupa kode referral yang akan Anda dapatkan saat bergabung.

Kode referral ini bisa Anda gunakan untuk mendeteksi pembeli sehingga ketika calon pembeli mengetik kode atau mengklik link yang Anda lampirkan ke website, kode referral website Anda akan langsung terdeteksi sebagai sumbernya. Tidak hanya situs web, tetapi kode rujukan juga dapat Anda bagikan melalui media sosial tergantung pada kesepakatan Anda dengan bisnis.

Baca Juga : Jenis-Jenis Layanan Web Hosting dan Cara Memilih yang Bagus

Iklan kontekstual

Iklan kontekstual adalah iklan yang berdasarkan konteks atau konten yang tampil pada halaman web. Format yang ditampilkan bermacam-macam, mulai dari tampilan grafik, teks hingga video yang bisa Anda tempatkan dimana saja tergantung layout website Anda. Saat ini, jenis iklan kontekstual yang paling sering kita dengar adalah Google Adsense.

Tidak seperti program afiliasi yang langsung memberikan persentase komisi untuk setiap transaksi, komisi nominal untuk iklan kontekstual biasanya cukup rendah dan membutuhkan waktu lama untuk benar-benar menghasilkan.

Sistem perhitungannya juga berbeda, ada yang per klik, ada yang berdasarkan jumlah impresi atau jumlah iklan Anda dilihat oleh pengunjung website. Namun, jika lalu lintas situs web Anda bagus, Anda dapat dengan mudah menghasilkan uang dari jenis iklan ini.

Sayangnya, pemilik website tidak memiliki kontrol penuh terhadap jenis iklan yang akan muncul, sehingga hal ini sering menjadi masalah. Beberapa iklan dapat terblokir, tetapi pemilik situs web tetap tidak dapat memilih iklan yang sangat mirip dengan topik. Hal ini karena Google tidak hanya menggunakan subjek utama website sebagai parameter, tetapi juga kata kunci dari hasil pencarian pada Google Search.

Meskipun Anda dapat menempatkan iklan di mana saja di situs web Anda, jangan biarkan iklan Anda memenuhi halaman situs web. Juga, Anda tidak boleh mengklik iklan apa pun yang muncul atau meminta teman Anda untuk membantu Anda menambahkan klik karena ini melanggar aturan Google Adsense. Jika Anda melakukannya, situs web Anda mungkin akan dikenakan sanksi.

Menyewakan ruang

Anda juga dapat menggunakan ruang pada situs web dan mailing list Anda untuk memonetize blog Anda. Caranya adalah dengan menyewakan ruang tersebut kepada pengiklan, biasanya banner atau widget sidebar. Keuntungannya adalah pemilik website dapat menentukan tarifnya sendiri dan iklan mana yang akan muncul.

Namun, sebelum menyewa ruang untuk iklan, pastikan website Anda sudah memiliki kredibilitas yang baik. Ini karena pengiklan juga ingin tahu situs web mana yang akan menampilkan iklannya nanti. Jadi, perhatikan kualitas konten serta tampilan dan aksesibilitas layout website Anda.

Kerjasama dengan penyedia layanan offline

Cara ini cukup efektif dan hasilnya cukup baik. Jika pengguna memiliki blog dengan niche tertentu, coba cari area bisnis yang cocok dengan niche blog tersebut. Kemudian ajak mereka untuk bekerja sama. Misalnya dalam niche pariwisata, pengguna dapat mengajak bekerjasama dengan tour and trips, rental mobil, rental villa, dll.

Komisi yang diperoleh tergantung pada pelanggan yang dibawa oleh pengguna. Pintar-pintar saja menjadi pelanggan yang mau berkolaborasi.

Produk gratis

Metode ini biasa disebut sebagai aktivitas sponsorship, yaitu ketika sebuah perusahaan atau merek memberikan produk mereka kepada seorang influencer (dalam konteks ini, pemilik situs web) untuk ditinjau. Beberapa produk yang disediakan dapat berupa bahan makanan, sembako, tiket transportasi atau kegiatan hiburan, di fasilitas

Ingat, saat meninjau item atau layanan apa pun, jujurlah. Tidak perlu terlalu memuji, atau mengkritik berlebihan jika produk tidak memenuhi harapan Anda. Aturan yang sama berlaku untuk memonetize blog di situs web, jadi pastikan untuk melengkapi situs web dengan ketentuan yang menjelaskan penerimaan sponsor dalam bentuk hadiah produk gratis untuk ulasan Anda.

Jual e-book

Jika Anda sangat ahli dalam sesuatu, bahkan jika Anda sudah terkenal dalam suatu komunitas, Anda dapat menyusun e-book yang dapat berguna bagi banyak orang. Anda kemudian dapat menjual buku digital atau e-book pada blog Anda. Misalnya ahli pemasaran, SEO, atau penjualan yang menyusun panduan atau tips dalam bentuk e-book untuk berbagi informasi yang mereka ketahui.

Buat kursus online

Anda juga dapat membuat kursus online untuk memonetize blog Anda. Jika Anda memiliki keahlian pada bidang tertentu, selain menawarkan jasa freelance, Anda juga bisa berbagi ilmu dengan orang lain. Selain itu, Anda dapat menghasilkan uang darinya. Menarik bukan?

Ada banyak kursus yang bisa Anda tawarkan, seperti video editing, design, menggunakan aplikasi atau software tertentu.

Endorsment

Siapa yang tidak kenal dengan endorsment? Sistem endorsment sekarang sangat populer berkat munculnya influencer dan selebritas yang membuatnya berfungsi pada media sosial. Selain itu, ternyata endorsement bisa menghasilkan banyak manfaat lho! Selain bermanfaat bagi penerima endorse, bisnis/pemilik bisnis yang menggunakan layanan ini dapat meningkatkan penjualan bisnisnya.

Menawarkan jasa freelance

Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa menawarkan jasa atau keahlian Anda pada blog untuk mendapatkan klien. Dengan cara ini Anda dapat menghasilkan uang dari blog. Anda dapat menawarkan banyak layanan freelance, seperti copywriter, desainer grafis, desain web, terjemahan, fotografi, dll.

Jika Anda memiliki keterampilan ini, mengapa tidak mencoba meningkatkan peti uang dari sana? Ini bisa menjadi ide bagus untuk mengasah keterampilan Anda dan mendapatkan uang ekstra.

Itulah beberapa cara monetize blog untuk mendapatkan uang dari internet yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *