Kecerdasan spiritual dan emosional (ESQ) berhubungan erat dengan pencapaian terhadap keseimbangan hubungan, baik antara manusia dengan Tuhannya maupun manusia dengan sesamanya.

Arah dari dua kecerdasan ini yaitu akan membimbing kehidupan manusia menjadi lebih baik, yang mana tidak hanya mengandalkan logika, namun juga pada perbuatan terpuji yang dilandaskan dari hati.

Menjadi orang pintar saja tidak cukup, namun harus ada kelengkapan lain yaitu moral dan akhlak yang baik. Sehingga, tindakan kriminal dan perbuatan yang sifatnya merugikan orang lain dapat dihindarkan.

Berikut adalah penjelasan mengenai pentingnya ESQ bagi kehidupan manusia yang dapat Anda simak.

Alasan Pentingnya ESQ bagi Kehidupan Manusia
Alasan Pentingnya ESQ bagi Kehidupan Manusia

Menghadapi masalah dengan baik

Dalam setiap kehidupan, manusia akan menghadapi masalah, baik dengan diri merekasendiri, persoalan mengenai pengendalian diri, kepercayaan diri, keberanian dan sebagainya, dan juga dengan orang lain, yaitu komunikasi dan menjalin hubungan sosial yang baik.

Persoalan lain mengenai hal-hal yang manusia kerjakan, pekerjaan, sekolah, dan sebagainya. Adanya ESQ yang kuat akan menjadi dasar bagi manusia dalam menghadapi masalah. Mereka juga tidak akan mudah merasa sedih, frustasi, dan depresi ketika memiliki landasan nilai ESQ yang kuat. Ketika menghadapi masalah, manusia akan menerimanya sebagai ujian yang dapat meningkatkan level kehidupan manusia.

Mengarahkan supaya empati berada pada jalur positif

Empati adalah suatu emosi yang penting untuk membantu memahami perasaan orang lain. Jika kita mengetahui emosi orang lain dengan tepat, maka kita dapat memberikan respons yang  sesuai.

Orang yang tidak memiliki empati dapat membuatnya menjadi seseorang yang tidak bermoral. Orang yang pandai membaca emosi orang lain dapat juga menggunakan kemampuan empati mereka untuk perbuatan yang buruk, misalnya memanipulasi orang lain untuk keuntungan mereka sendiri. Di sini nilai spiritual juga mengambil peran supaya arah empati digunakan pada hal-hal yang baik saja.

Memperoleh ketenangan hati dan pikiran

Orang yang religius akan mendapatkan ketenangan hati dan pikiran. Ini karena mereka akan lebih sering melantunkan doa, ritual, ataupun meditasi yang mana merupakan sarana untuk merilekskan pikiran dan hati. Meningkatnya nilai ESQ yang Anda miliki dapat membuat pikiran manusia menjadi lebih tenang karena jauh dari stress dan perasaan depresi.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peran kecerdasan spiritual adalah memberikan dukungan pada sistem internal manusia yang juga akibatnya akan menjauhkan dari penyakit fisik. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa orang yang rajin beribadah dan lebih religius akan memiliki tekanan darah yang lebih rendah daripada yang jarang melakukannya.

Memelihara hubungan dengan orang lain

Adanya kecerdasan emosional dan spiritual juga sangat berguna dalam memelihara hubungan dengan orang-orang di sekitar mereka. Sikap tersebut bisa diperoleh dengan cara saling tolong menolong, saling toleransi, memberikan respons yang baik dalam bersosialisasi, dan sebagainya.

Dalam kehidupan, terkadang manusia mendapatkan apa yang tidak mereka harapkan. Namun, adanya ESQ ini maka mereka akan mengerti bahwa hidup tidak semata-mata untuk diri mereka sendiri, namun bisa jadi berkorban atau berbuat untuk orang lain secara ikhlas, tanpa berharap apapun. Keuntungan materi tidak menjadi tujuan utama, namun berbuat baik kepada orang lain semata-mata untuk ibadah.

Mengarahkan pada kehidupan yang baik

Adanya ESQ dapat membantu manusia dalam mengarahkannya untuk memaknai kehidupan yang ada. Misalnya, mengenai tujuan hidup, arahnya dan pencapaian yang dapat dilakukan supaya tujuan hidup dapat tercapai. Ketika seorang manusia mengetahui alasan mereka untuk hidup, maka perilakunya akan mengarah pada tujuan hidup tersebut. Manusia akan merasakan makna hidup mereka untuk diri sendiri, juga manfaat mereka bagi orang lain.

Jika manusia tidak memiliki arah dan tujuan hidup, tidak paham terhadap makna hidup mereka, maka perbuatan yang dilakukannya cenderung akan mengarah kepada keburukan dan kesenangan semata. Mereka tidak lagi peduli pada orang lain untuk mewujudkan kesenangan tersebut. Ini yang mengarahkan pada tindakan merugikan orang lain bahkan mengarah pada tindakan kriminal.

Sekian informasi mengenai pentingnya kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional. Peningkatan ESQ dapat dicapai dengan mengikuti kegiatan-kegiatan yang sifatnya adalah kerohanian dan juga kegiatan sosial yang dapat Anda temukan di lingkungan sekitar Anda.

 

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *