Strategi pemasaran tidak hanya untuk perusahaan besar, perusahaan kecil juga harus memilikinya, misalnya seperti strategi pemasaran 4P (marketing mix 4P). Seperti namanya, ada 4 variabel penting dalam bauran pemasaran ini. Apa pun? Berikut penjelasannya bisa Anda baca di artikel berikut.

Ada banyak tujuan pemasaran, salah satunya adalah untuk memastikan bahwa produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan dapat diketahui masyarakat, sehingga nantinya perusahaan dapat memperoleh keuntungan dari transaksi penjualan.

Sehingga tidak jarang perusahaan rela mengeluarkan banyak uang untuk membuat strategi pemasaran. Strategi pemasaran yang benar tidak hanya untuk perusahaan besar, perusahaan kecil seperti UKM juga harus memilikinya.

Namun, jenis usaha menengah dan kecillah yang perlu gencar membuat dan menerapkan strategi pemasaran agar UKM bisa berkembang.

Apa itu Strategi Pemasaran 4P?

Salah satu tujuan pemasaran adalah membuat produk atau jasa yang dibuat oleh perusahaan dikenal masyarakat sehingga nantinya perusahaan dapat memperoleh keuntungan dari penjualannya.

Sehingga tidak jarang perusahaan rela mengeluarkan banyak uang untuk membuat strategi pemasaran. Strategi pemasaran yang tepat tidak hanya untuk perusahaan besar, perusahaan kecil juga harus memilikinya, misalnya seperti bauran pemasaran 4P.

Istilah strategi pemasaran 4P (Marketing Mix 4P dalam pemasaran) merupakan dasar yang harus dijadikan sebagai tolak ukur awal, ketika ingin membuka usaha.

Apalagi untuk usaha kecil menengah atau UKM yang semakin hari semakin meningkat di Indonesia. Namun permasalahannya, sebagian masyarakat masih bingung dalam menerapkan konsep strategi pemasaran khususnya UKM.

Setiap elemen dari strategi ini saling menguatkan dan tentunya berdampak besar bagi perkembangan bisnis Anda khususnya UKM di Indonesia. Padahal, jika mereka mau mengaplikasikan dan menerapkan dengan benar, itu akan membantu bisnis mereka tumbuh dan berkembang.

Biasanya konsep strategi pemasaran 4P disertakan dalam materi yang dipelajari pertama kali dalam setiap pelajaran tentang pemasaran atau marketing. Bahkan semenjak dahulu, strategi pemasaran ini tetap relevan. Namun tentunya di era digital dimana bisnis tidak mengenal batas, strategi harus lebih tepat dan tepat sasaran.

Strategi pemasaran 4P (Marketing Mix 4P dalam pemasaran) adalah kumpulan alat pemasaran taktis yang meliputi:

  • Product (produk)
  • Price(harga)
  • Place (kanan)
  • Promotion (promosi)

Keempat komponen atau variabel ini bergabung untuk menghasilkan respons yang diinginkan di pasar.

Variabel Strategi Pemasaran 4P

Berikut penjelasan keempat variabel dalam strategi pemasaran 4P (marketing mix 4P dalam pemasaran):

Product (produk)

Sebagai seorang pebisnis, Anda harus mampu menciptakan produk atau jasa yang dapat diterima oleh masyarakat. Beberapa dari Anda mungkin kebingungan tentang produk apa yang harus Anda jual? Strategi pemasaran produk apa yang harus Anda coba? Anda dapat memulai dengan mengembangkan produk atau layanan yang lebih baik.

Mintalah kritik dan saran dari pelanggan, kemudian menampung semua saran dan kritik tersebut untuk pertimbangan dan perbaikan. Selain itu, Anda juga dapat menciptakan produk atau layanan yang berkualitas baik.

Kualitas produk atau jasa yang baik akan selalu memberikan kepuasan yang tinggi dari konsumen. Sebaliknya, kualitas produk atau layanan yang buruk juga akan membuat konsumen kecewa dan tidak mau membeli atau menggunakan produk atau layanan Anda lagi.

Price (harga)

Harga adalah salah satu hal yang paling sensitif dalam bisnis. Umumnya, konsumen akan menggunakan harga sebagai patokan untuk membandingkan Anda dengan pesaing Anda.

Jadi, penting bagi Anda untuk menetapkan harga yang baik, karena harga akan mempengaruhi penjualan. Jangan sampai Anda salah menentukan harga yang membuat konsumen tidak tertarik untuk membeli produk atau jasa Anda.

Baca juga : Strategi Pemasaran Produk Wajib Anda Coba

Lalu bagaimana strategi untuk menentukan harga yang bagus?

Untuk menentukan harga sebenarnya dengan mudah, Anda dapat melihat harga pasar atau dengan menghitung HPP dan keuntungan yang diharapkan dan sebagainya. Anda juga dapat menggunakan program akuntansi sederhana untuk menghitung dan menentukan harga produk bisnis. Penggunaan program akuntansi selalu lebih akurat daripada perhitungan manual

Pada intinya, harga yang Anda tawarkan harus merupakan harga yang wajar.

Place ( tempat)

Tempat adalah salah satu elemen P dari bauran pemasaran atau marketing mix 4P yang penting. Tempat atau lokasi yang tepat merupakan salah satu faktor penentu bisnis Anda. Jadi pilihlah lokasi yang tepat. Artinya memilih lokasi yang strategis dan tepat. Lokasi yang strategis adalah lokasi yang ramai, sering dikunjungi banyak orang.

Sehingga calon pelanggan dan konsumen tertarik dan mudah menemukan point of sale Anda. Namun, strategi saja tidak cukup, harus ada tempat yang tepat. Mengapa demikian? Karena tempatnya strategis kalau tidak tepat uga tidak berpengaruh.

Promotion (promosi)

Promosi adalah ujung tombak untuk memperkenalkan produk atau jasa Anda kepada masyarakat. Dengan strategi marketing mix 4p ini diharapkan penjualan juga meningkat. Saat ini kegiatan pemasaran atau promosi lebih mudah dilakukan dengan media sosial.

Anda dapat menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, memposting iklan, kemitraan sponsor, mengikuti bazaar dan banyak lagi.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *