Berjualan Dengan Facebook Group Dan Manfaatnya

Bisnis jualan online sekarang ini semakin mudah dilakukan oleh siapa saja karena memanfaatkan media sosial, termasuk Facebook. Bahkan sebagian aktivitas jual beli berasal dari Facebook Group. Selain untuk membangun sebuah komunitas yang interaktif, Facebook Group juga bisa menjadi tempat untuk memasarkan beragam produk jualan ke member grup. Penasaran gimana cara berjualan dengan Facebook Group? Yuk, baca artikel ini sampai akhir.

Apa Itu Facebook Group?

Berjualan Dengan Facebook Group Dan Manfaatnya
Apa Itu Facebook Group?

Facebook Group (Grup Facebook) adalah salah satu fitur dari Facebook yang memungkinkan para anggotanya bisa berdiskusi dan saling berinteraksi. Ada dua macam jenis Facebook Group, yaitu Public Group (Grup Publik), yang mana semua orang bisa melihat konten di dalam grup tanpa harus bergabung dengan grup terlebih dulu, dan Private Group (Grup Privat), di mana untuk melihat konten di dalamnya, orang-orang harus menjadi anggota grup dulu.

Sudah ada ribuan grup di Facebook, mulai dari grup belajar bahasa, pemburu beasiswa, komunitas penulis, pencinta kucing, sampai jual beli, semuanya ada. Anggota grup bisa memberi emoticon, berkomentar, dan membagikan postingan milik anggota lain.

Sangat menguntungkan bukan jika kamu membuat Facebook Group bisnis?

Baca Juga : Cara Melihat Unfollow Di IG Menggunakan Aplikasi Pihak Tiga

Manfaat Facebook Group Untuk Bisnis Jualan

Berjualan Dengan Facebook Group Dan Manfaatnya
Manfaat Facebook Group Untuk Bisnis Jualan

Perlu kamu ketahui beberapa manfaat dari Facebook Group untuk berjualan bila masih ragu untuk menggunakannya, disimak yuk.

1. Memudahkan Interaksi Dengan Pelanggan

Kamu bisa berinteraksi dengan para pelanggan lama dan baru secara pribadi dengan mudah di dalam Facebook Group. Tidak perlu lagi mengirim pesan untuk memberi tau informasi produk terbaru kepada mereka satu per satu. Kamu juga bisa membalas pertanyaan sama dari pelanggan dengan sekali jawaban.

2. Memudahkan Memberi Informasi Jualan

Karena pelanggan sudah berkumpul jadi satu dalam grup, maka penyampaian informasi tentang produk-produk terbaru dan penawaran promo spesial khusus bagi pelanggan yang menjadi anggota grup dapat tersampaikan dengan lebih efektif.

3. Membangun Kepercayaan Pelanggan

Kamu bisa manfaatkan Facebook Group untuk mengambil hati dan perhatian pelanggan seperti dengan memposting konten informatif, mengadakan tanya jawab, membuat giveaway, dan lain sebagainya. Ketika pelanggan merasa senang, rasa percaya terhadap produk bisnis kamu juga akan terus bertumbuh melalui seringnya interaksi dengan mereka.

4. Tempat Mengumpulkan Feedback Pelanggan

Pelanggan yang notabennya adalah anggota grup bisa dengan mudah memberikan umpan balik terhadap produk dan layanan yang diberikan oleh toko kamu langsung di dalam grup. Feedback berguna untuk mengetahui bagaimana respon pelanggan selama mereka memakai produk kamu. Kamu bisa memakai feedback sebagai bahan acuan untuk meningkatkan lagi pengalaman dan kepuasan pengguna.

5. Tempat Mencari Wawasan dan Ide Baru

Setelah berdiskusi dengan para pelanggan di grup dan mendapatkan feedback dari mereka, tentu kamu bisa semakin memahami apa mau pelanggan. Wawasan mengenai konten apa yang mereka sukai, produk apa yang sering dibeli, dan kapan waktu yang pas untuk mengupload konten bisa kamu manfaatkan dalam menemukan ide-ide baru yang bisa meningkatkan lagi kualitas produk, konten atau layanan.

6. Sebagai Tempat Menaruh CTA (Call To Action)

Facebook Group mempunyai fitur mempin postingan agar postingan penting bisa tersemat di bagian paling atas beranda grup. Nah, di postingan yang akan kamu pin, bisa kamu tambahkan tombol CTA menuju ke website atau media sosial lainnya dari toko kamu. Kemungkinan besar postingan yang dipin akan terbaca oleh semua anggota karena berada di posisi ketika orang membuka dan masuk ke grup, mereka langsung disuguhi dengan postingan pin tersebut.

Cara Membuat Facebook Group Untuk Berjualan

Berjualan Dengan Facebook Group Dan Manfaatnya
Cara Membuat Facebook Group Untuk Berjualan

Setelah mengetahui manfaat Facebook Group, sekarang saatnya kamu pelajari cara membuat Facebook Group untuk jualan online, berikut urutan langkahnya :

1. Masuk ke akun pribadi Facebook kamu.
2. Cari menu “Grup”, kemudian klik tombol “+Buat Grup” pada sebelah kiri atas Facebook.
3. Masukkan foto grup, nama grup, dan tentukan privasi grup kamu, antara publik atau privat. Untuk foto pasanglah logo toko kamu, nama grup tulis dengan nama toko, terakhir sebaiknya atur privasi grup ke publik agar orang-orang yang menemukan grup kamu dan tertarik bisa langsung bergabung ke dalam grup.
4. Tambahkan anggota ke dalam grup.
5. Klik tombol “Buat atau Create”.
6. Setelah selesai membuat Facebook Group jualan kamu, segeralah lengkapi deskripsi grup dan menambahkan foto sampul grup. Jangan lupa buat beberapa peraturan dan kebijakan grup untuk menghindari hal-hal yang tidak diharapkan terjadi, diskusi di dalam grup juga bisa lebih kondusif.
7. Jika semuanya telah diatur, kamu bisa mulai menyiapkan konten untuk diupload ke grup. Gunakan copywriting yang menarik pembeli ketika mempostingnya ya.

Sampai di sini pembahasan kali ini, membahas mengenai manfaat berjualan dengan Facebook Group dan cara membuat Facebook Group untuk jualan online.

Baca Juga : Cara Melihat Unfollow Di IG Menggunakan Aplikasi Pihak Tiga

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *