Anda akan setuju bahwa tema WordPress dapat menjadi cara untuk merek produk di internet. Semakin banyak font yang Anda buat di situs web, semakin mudah orang mengenalinya. Tidak perlu menggunakan tema mahal karena beberapa tema WordPress gratis juga dapat membantu Anda membuat font yang kuat untuk situs web Anda.

Meskipun beberapa orang berpikir bahwa tema WordPress yang gratis memiliki banyak kekurangan. Namun, beberapa dari tema gratis tersebut justru hadir dengan berbagai fitur dan desain yang tak kalah menarik. Bagi siapa pun yang memiliki situs web WordPress, tentu saja, Anda selalu ingin mengubah tema WordPress.

WordPress memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengubah tema. Untuk menggantinya, Anda hanya membutuhkan beberapa langkah cara mengganti tema WordPress Anda. Seperti apa? Yuk cari tahu dalam pembahasan berikut:

Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Mengganti Tema

Meskipun mengganti tema WordPress hanya dengan beberapa klik saja, masih ada beberapa tindakan pencegahan yang harus Anda lakukan sebelum mengubah tema. Kami menyarankan Anda memperhatika hal-hal berikut ini sebelum mengganti tema wordpress.

Salin beberapa kode tambahan pada tema sebelumnya

Beberapa pengguna WordPress sering menambahkan kode ke tema mereka, tujuannya untuk berbagai hal seperti mengaktifkan multisite atau yang lainnya. Pengguna biasanya sering menambahkan kode tambahan pada file function.php.

Perubahan dengan penambahan kode ini biasanya hanya dilakukan sekali saja, sehingga banyak pengguna yang mudah melupakannya. Jika Anda salah satunya, sebelum mengganti tema, pastikan Anda sudah menyalin kodenya terlebih dahulu. Karena ketika Anda mengubah tema, Anda perlu menambahkan kode kembali ke file function.php di tema baru.

Lihat kecepatan dan fitur pada tema baru

Hal lain yang perlu Anda perhatikan sebelum mengubah tema adalah memeriksa kecepatan tema baru terlebih dahulu dan memastikan fitur berfungsi dengan baik. Jadi Anda dapat dengan mudah memperhitungkan perbedaan waktu dalam kecepatan dengan tema Anda sebelumnya.

Selain fitur-fitur yang Anda butuhkan seperti breadcrumb, tautan media sosial, menu dan submenu bar, dan banyak lagi, penting bagi Anda untuk memeriksa apakah itu berfungsi dengan baik atau tidak. Pasti nggak mau kan, kalau theme sudah Anda ganti tetapi banyak fitur yang tidak jalan?

Selain itu, kecepatan situs web merupakan salah satu faktor penting untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan juga meningkatkan kinerja SEO situs web. Anda dapat memeriksa kecepatan situs web menggunakan alat uji kecepatan situs web.

Salin semua kode pelacakan

Beberapa pengguna menambahkan kode pelacakan analitik langsung ke tema situs web mereka. Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan oleh pengguna WordPress adalah tidak menyalin semua kode pelacakan saat mengganti tema.

Penting untuk memastikan bahwa Anda menyalin semua kode pelacakan, sehingga dapat dengan mudah menambahkan ke situs web Anda setelah beralih ke tema baru nanti jika diperlukan.

Backup Data atau Pencadangan

Anda harus mencadangkan file situs web Anda sebelum membuat perubahan apa pun, terutama saat mengubah tema. Anda dapat menggunakan plugin cadangan WordPress terbaik untuk mencadangkan semua data situs web Anda. Setelah membuat cadangan, jangan lupa untuk mengunduh file ke komputer Anda.

Mencadangkan data Anda sangat penting ketika terjadi masalah serius, sehingga Anda dapat dengan mudah memulihkan situs web Anda.

Memeriksa sidebar

Mengapa Anda perlu memeriksa sidebar? Terkadang ada beberapa pengguna yang sering menambahkan kode khusus pada widget di sidebar, pastikan Anda memiliki kode khusus yang aman. Sehingga nantinya ketika Anda mengganti tema baru, kode khusus tersebut dapat Anda instal ulang.

Aktifkan maintenance page mode

Saat Anda membuat beberapa perubahan pada situs web, sangat penting untuk mengaktifkanmaintenance page mode atau halaman pemeliharaan. Bagaimana bisa? Karena salah satu fungsinya adalah untuk menginformasikan kepada pengunjung bahwa website Anda sedang dalam perbaikan.

Baca Juga : Cara Mempercepat Loading WordPress Terbukti Ampuh!

Cara Mudah Mengganti Tema WordPress

Ada beberapa cara untuk mengganti tema WordPress yang akan dibahas dalam artikel ini, dan Anda dapat memilih yang menurut Anda paling mudah.

Cara mengganti tema WordPress melalui Dasbor

Cara pertama untuk mengganti tema WordPress adalah melalui dashboard WordPress, untuk menerapkannya pastikan Anda mengikuti langkah-langkah ini:

  • Pertama login ke halaman WordPress.
  • Masukkan nama pengguna dan kata sandi Anda dengan benar.
  • Setelah masuk pada halaman dashboard, cari menu Appearance.
  • Klik pada menu tema dan halaman tema yang nantinya akan terbuka secara otomatis.
  • Kemudian untuk mengubah tema atau template WordPress Anda, Anda hanya perlu mengklik menu Add New.
  • Selanjutnya Anda akan masuk ke halaman koleksi tema, di halaman tersebut Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada beberapa kategori seperti Featured, Popular, dan Most Recent. Tidak hanya itu, Anda dapat mencari tema lain melalui kolom pencarian yang disediakan di sana.
  • Instal tema pilihan Anda
  • Setelah Anda berhasil mengunduh dan menginstal tema pilihan Anda, periksa terlebih dahulu menggunakan menu live preview. Namun, jika Anda lebih suka mengaktifkannya terlebih dahulu, Anda dapat mengklik menu Active.

Selesai, hanya perlu beberapa detik untuk mengganti tema dengan cara ini. Bagaimana mudah bukan? Namun ada cara untuk mengganti tema WordPress lainnya, cara ini sedikit merepotkan daripada dengan cara yang pertama. Tapi tidak salah untuk mempelajarinya!

Cara mengganti tema WordPress secara manual

Setelah mempelajari cara mengganti tema WordPress melalui dashboard, Anda juga dapat mencoba menggunakan cara mengganti tema WordPress secara manual.

Seperti apa? Berikut caranya

  • Masuk ke halaman dashboard terlebih dahulu.
  • Masukkan nama pengguna dan kata sandi yang benar.
  • Pada halaman dashboard, klik menu Appearance dan klik pada tema.
  • Nanti akan terbuka halaman theme dan klik Add New untuk menggantinya.
  •  Klik tombol Unggah Tema.
  • Klik menu pilihan file dan pilih tema yang Anda unduh sebelumnya. File yang akan diupload adalah file .zip.

Catatan: Cara ini biasanya digunakan untuk pengguna WordPress yang mengganti dengan tema yang tidak ada di direktori tema WordPress.

  • Setelah upload selesai, jangan lupa klik menu Install Now.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai, setelah proses instalasi selesai, lanjutkan dengan mengklik menu active dan tema akan terinstal secara otomatis pada situs web.

Tips untuk memilih tema WordPress untuk situs web Anda

Tentu saja, selera dan kebutuhan setiap orang berbeda ketika memilih tema atau template untuk situs mereka.

Namun secara umum, ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan saat memilih tema untuk situs web Anda. Berikut adalah beberapa faktor yang harus dipertimbangkan ketika memilih sebuah situs web.

Responsif

Tema responsif adalah tema yang dapat menyesuaikan tampilan situs web Anda berdasarkan ukuran layar pengunjung. Pada kuartal pertama tahun 2021, 54% lalu lintas situs web berasal dari perangkat seluler (ponsel atau tablet).

Selain itu juga, tidak semua perangkat seluler yang ada memiliki ukuran layar yang sama. Oleh karena itu, memiliki tema responsif harus menjadi prioritas utama untuk memastikan tampilan situs web Anda dapat disesuaikan dengan berbagai ukuran layar.

Fitur

Hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah fitur yang didukung oleh tema. Beberapa tema premium menawarkan berbagai fitur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan website. Misalnya, Anda ingin membuat situs web e-niaga yang mendukung fitur katalog item, tabel harga, dan penghitungan pengiriman otomatis.

Tentu saja, Anda harus memilih tema e-niaga khusus yang mendukung fitur ini. Secara umum, tema yang dibuat dengan desain majalah/blog tidak memiliki dukungan yang baik untuk fitur e-commerce dan sebaliknya.

Kinerja

Secara umum, memilih tema yang sederhana akan berdampak positif pada SEO website Anda. Pasalnya, salah satu faktor yang digunakan mesin pencari untuk menentukan peringkat website di SERP adalah kecepatan loading.

Dengan tema yang ringan, website Anda dapat memuat relatif lebih cepat dibandingkan dengan tema dengan berbagai fitur yang tidak terlalu dibutuhkan. Selain itu, Anda juga memiliki ruang kustomisasi yang lebih besar.

Demikianlah cara mengganti tema wordpress yang bisa kami berikan beserta tips untuk Anda memilih tema yang cocok untuk website Anda, semoga bermanfaat.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *