Dalam sebuah perusahaan seorang leader (pemimpin) perlu memiliki skill leadership yang kuat. Kemampuan leadership adalah kemampuan seseorang dalam mendelegasikan tugas, membangun komunikasi dan menjalankan eksekusi bisnis. Tanpa skill leadership, bisnis Anda bisa bangkrut.

Seorang leader tak hanya perlu tahu bagaimana cara mengelola perusahaan, mereka juga perlu memiliki kemampuan komunikasi yang bagus, mampu mendelegasikan tugas dan tanggung jawab dengan baik. Sehingga semua tim dan karyawannya akan bekerja sesuai dengan tugas dan tanggung jawab mereka.

Penasaran, Apa yang dimaksud dengan kemampuan leadership? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Apa Itu Kemampuan Leadership?

Kemampuan leadership adalah kemampuan seseorang dalam rangka untuk mempengaruhi orang lain agar mereka setuju dan mau melaksanakan instruksi kita demi mencapai tujuan bersama. Seorang pemimpin bisa melakukan ini jika dalam diri mereka terdapat keberanian dan kekuatan.

Bukan hanya itu, seorang pemimpin mampu menggerakkan, memberi motivasi dan mempengaruhi orang lain karena mereka sudah terlatih dan berpengalaman menggerakkan dan memimpin sebuah perusahaan.

Jadi, menjadi seorang pemimpin itu bukan sesuatu yang instan. Tetapi mereka memperolehnya melalui pembelajaran terus-menerus sehingga menghasilkan pengalaman dan kualitas yang tak perlu kita ragukan lagi.

Baca juga: Cost Leadership Adalah. Strategi Dan Contoh Penerapannya

Pengertian Leadership Menurut Para Ahli

Ada beberapa ahli yang mendefinisikan leadership menurut pengalaman mereka. Berikut beberapa definisi leadership menurut para ahli:

Davis (1977)

Menurut Davis, leadership adalah kemampuan seseorang untuk mengajak orang lain demi mencapai tujuan dengan penuh semangat sesuai dengan goal perusahaan.

 

Duben (1954)

Pengertian leadership adalah sebuah aktivitas para pemegang kekuasaan dalam rangka untuk membuat keputusan yang tepat.

Harold Koontz (1989)

Menurutnya, leadership adalah pengaruh seni serta proses yang mempengaruhi orang lain agar mereka bersedia dengan sukarela untuk mencapai tujuan bersama dengan penuh antusias.

Manfaat Kemampuan Leadership

Dalam praktiknya, ada banyak manfaat bila seseorang memiliki kemampuan leadership. Berikut beberapa manfaat memiliki kemampuan leadership dalam sebuah perusahaan:

Membentuk Karakter

Fundamental dasar yang harus dikuasai oleh seorang leader (pemimpin) adalah karakter. Seseorang yang memiliki karakter kuat, maka mereka akan menjadi leader (pemimpin) yang kuat. Pemimpin yang kuat bukan berarti pemimpin yang mampu mengangkat sesuatu yang berat tetapi  pemimpin yang kuat adalah pemimpin yang memiliki karakter kuat untuk menggerakkan.

Sehingga membuat mereka berwibawa dalam pandangan tim dan karyawannya. Karakter kuat seorang pemimpin akan mempengaruhi kinerja dan keputusan yang mereka ambil dalam perusahaan.

Bukan hanya itu, seorang leader (pemimpin) yang memiliki karakter akan menjadi teladan nyata bagi tim dan karyawannya. Para tim dan karyawannya bukan hanya semangat dan antusias ketika mendengar pemaparan ide dan gagasan yang mereka sampaikan. Tetapi saat mereka melihat sosok pemimpin ini, maka semangat dan antusias mereka akan bangkit dan tumbuh.

Karakter bukan sesuatu yang terjadi begitu saja. Tetapi karakter terbentuk karena proses panjang penuh perencanaan. Seseorang tak bisa menguasai karakter dalam waktu singkat. Maka karakter sangat berbeda dengan pencitraan. Karakter terkait erat dengan sikap.

Contoh dari karakter adalah berani, jujur, menyampaikan apa adanya, bisa dipercaya, memiliki komitmen yang tinggi, tangguh, disiplin. Karakter-karakter ini hanya bisa terbentuk melalui lingkungan yang kondusif. Maka, seorang pemimpin yang berkarakter biasanya muncul dari lingkungan yang berkarakter juga. Lingkungan paling penting membentuk karakter adalah keluarga. Keluarga menjadi tempat paling baik untuk menghasilkan pemimpin yang berkarakter.

Membentuk Skill Keahlian

Kemampuan leadership seseorang akan membentuk skill (keterampilan) dalam diri mereka. Terutama skill leadership (kepemimpinan). Skill pemimpin adalah skill penting yang perlu dikuasai oleh seorang pemimpin. Banyak orang mendapatkan jabatan tertentu tetapi mereka tidak memiliki skill leadership yang kuat.

Maka, mereka tak mampu bertahan lama dalam jabatannya. Sebaliknya, mereka segera lengser dari jabatannya karena suatu sebab tertentu. Faktor penting yang membuat mereka lengser dari jabatannya karena mereka tak memiliki skill leadership yang tinggi.

Banyak orang menganggap bahwa menjadi pemimpin itu bisa dengan bermodalkan uang. Maka, banyak orang yang punya uang membeli suara agar diangkat menjadi pemimpin. Dalam praktiknya, karena mereka membeli suara untuk mendapat jabatan.

Maka, mereka mencari cara untuk mengembalikan uang yang pernah mereka keluarkan untuk mendapat jabatan itu. Apa yang mereka lakukan adalah sesuatu yang bertentangan dengan karakter pemimpin. Maka, mereka akan segera terhempas dari jabatan yang mereka pegang erat-erat selama ini.

 

Lagi-lagi, karakter adalah sebuah skill (keterampilan) yang perlu diasah terus-menerus setiap hari. Pemimpin yang berkarakter akan muncul dengan sendirinya walaupun tanpa menggunakan uang. Banyak orang yang memiliki karakter kuat dan mereka mendapat kepercayaan dari masyarakat.

Akhirnya mereka menjadi pemimpin tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Ini menjadi bukti nyata bahwa untuk menjadi pemimpin bukan modal uang tetapi modal skill leadership (keterampilan memimpin).

Membangun Rasa Percaya Diri (Optimisme)

Kemampuan seseorang dalam memimpin akan membangun rasa percaya diri dalam dirinya tanpa mereka sadari. Sehingga ujung-ujungnya, mereka akan selalu optimis dalam setiap aktivitasnya. Mereka optimis dan percaya diri saat berhadapan dengan tim dan karyawannya. Bukan hanya itu, mereka mampu memberikan instruksi dan perintah yang jelas untuk mencapai tujuan. Mereka jauh dari ragu dan kebimbangan.

Optimis muncul dari kemampuan leadership yang terbentuk sejak lama. Optimis bukan satu hal yang terjadi begitu saja. Tetapi optimis muncul karena mereka merasa bahwa mereka telah menjalankan aktivitas terbaik untuk perusahaan.

Belajar Berorganisasi

Kemampuan memimpin (Skill leadership) yang tinggi secara tidak langsung mengajarkan pada Anda bagaimana berorganisasi yang baik dan benar. Secara umum organisasi adalah kumpulan orang-orang yang memiliki tujuan tertentu dalam waktu tertentu. Dalam organisasi secara prinsip yang ada adalah pemimpin dan yang dipimpin. Saat seseorang menjadi pemimpin, maka mereka belajar bagaimana menjadi pemimpin yang baik. Artinya mereka sedang belajar berorganisasi yang baik dan benar.

Mudah Membangun Tim Yang Solid

Saat Anda menguasai skill leadership yang tinggi, maka Anda akan mudah membangun tim yang solid dalam perusahaan Anda. Anda akan mudah menyatukan berbagai ide, gagasan yang berbeda dari mereka. Hal ini tak terlepas dari segala karakter yang ada dalam diri Anda.

Sebaliknya, tanpa skill leadership yang tinggi, maka Anda akan sulit untuk menyatukan ide dan gagasan dari tim yang ada dalam perusahaan Anda. Setiap orang akan merasa benar dengan ide dan gagasannya. Maka, mereka akan memaksakan ide dan gagasannya karena mereka meyakini bahwa ide dan gagasannya yang terbaik untuk perusahaan. Dalam kondisi seperti ini, maka kehadiran seorang leader (pemimpin) yang berkarakter sangat penting. Sehingga tidak terjadi konflik yang fatal antar sesama anggota dan tim perusahaan.

Mudah Menerima Perbedaan

Saat Anda memiliki kemampuan leadership (memimpin), maka Anda akan mudah menerima perbedaan dalam pendapat dan pandangan. Dalam sebuah rapat tentu terjadi perbedaan pendapat antar anggota rapat. Maka dalam kondisi seperti ini Anda berperan sebagai penengah. Anda mengumpulkan ide dan gagasan mereka kemudian menyatukan. Hingga menjadi sebuah ide dan gagasan bersama yang luar biasa untuk perusahaan. Anda mengajarkan kepada tim dan karyawan Anda bagaimana cara mengungkapkan ide dan gagasan terbaik.

Bukan hanya itu, Anda juga mengajarkan kepada mereka bagaimana menerima kenyataan bila ide dan gagasannya tak lolos dalam rapat. Mereka tak boleh baper saat ide dan gagasannya tak digunakan karena ada ide yang jauh lebih berkualitas. Bila Anda menjadi pemimpin yang berkarakter, maka gagasan Anda akan mudah diterima oleh tim dan anggota Anda tanpa terjadi konflik berkepanjangan.

Skill Leadership

Untuk menjadi seorang pemimpin yang kuat dan berkarakter, maka Anda perlu memiliki skill leadershipSkill leadership apa saja yang perlu Anda kuasai untuk menjadi pemimpin yang berkualitas? Berikut beberapa Skill leadership yang bisa Anda pelajari:

Kemampuan Membangun Visi Misi

Dalam sebuah perusahaan seorang leader perlu memiliki kemampuan untuk membangun visi misi yang jelas dan terarah di masa yang akan datang. Tanpa visi misi yang jelas maka perusahaan tak memiliki arah ke mana perusahaan akan berlabuh.

Visi-misi merupakan gambaran besar apa yang ingin dicapai oleh perusahaan dalam waktu 1,5 hingga 10 tahun yang akan datang.  Sehingga siapapun yang baca visi-misi ini tahu apa gol yang akan dicapai oleh perusahaan.  Sehingga setiap tim dan karyawan tahu apa yang harus mereka lakukan untuk membantu perusahaan mencapai goalnya.

Tak semua orang memiliki pemahaman tentang visi misi yang kuat. Hanya orang-orang berkarakter yang memiliki kemampuan memandang jauh ke depan yang mampu memahami pentingnya visi misi.  Bukan hanya mampu memandang pentingnya visi misi tetapi mereka mampu membuat visi misi yang jelas.

Memiliki Kemampuan Komunikasi

Seorang pemimpin perlu memiliki kemampuan komunikasi yang tepat. Mereka bukan hanya mampu memberikan instruksi dan perintah kepada tim dan karyawannya tetapi mereka perlu mempunyai kemampuan untuk memahami  apa yang diinginkan oleh tim dan karyawannya. Mereka juga perlu membangun komunikasi yang tepat dengan mitra, pelanggan dan bawahannya.

Pengertian kemampuan komunikasi sini adalah seorang pemimpin perlu memiliki kemampuan untuk menyampaikan ide, gagasan, tujuan dan tugas dengan cara yang jelas, singkat dan padat.  Sehingga ide dan gagasan yang mereka sampaikan tak bertele-tele. Akhirnya, tim paham dan terlaksana menjadi kenyataan.

Mampu Mendelegasikan Tugas

Seorang pemimpin (leader) perlu memiliki kemampuan untuk mendelegasikan tugas kepada tim dan karyawannya. Sehingga seorang pemimpin bukan melaksanakan tugas karyawan, mengajari  karyawan seorang demi seorang. Tetapi mereka mampu memberikan tugas dan tanggung jawab kepada orang yang tepat. sehingga setiap anggotanya akan merasa bekerja sesuai dengan passion mereka.

Memiliki Kemampuan Memotivasi

Seorang pemimpin perlu memiliki kemampuan untuk memotivasi tim dan karyawannya.  Jadi, mereka bukan hanya memberikan perintah dan instruksi kepada mereka tetapi juga mampu memberikan sudut pandang yang tepat sehingga instruksi dan perintahnya bisa terlaksana dengan baik.

Banyak orang memiliki kemampuan tetapi mereka lemah dalam eksekusi. Inilah tugas seorang pemimpin memberikan motivasi dan semangat agar mereka antusias melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

Saat karyawan menjalankan tugasnya dengan baik dan benar, maka seorang pemimpin telah berhasil mengantarkan tim dan karyawannya pada kesuksesan.

Penutup

Dalam perusahaan seorang pemimpin perlu menguasai kemampuan leadership. Kemampuan leadership adalah salah satu skill yang perlu dikuasai seorang pemimpin perusahaan. Skill leadership ini penting dalam rangka untuk memberikan instruksi, perintah, mengelola tim dan karyawan. Tanpa kemampuan memimpin yang andal, Anda akan mengalami kesulitan untuk menyatukan ide, gagasan dari tim dan karyawan Anda. Mereka akan berusaha bekerja sesuai dengan ide, gagasan dan kemauannya sendiri. sehingga bisnis yang Anda kelola tak akan menghasilkan omset sesuai harapan.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *