Plugin wordPress gratis terbaik – WordPress adalah salah satu CMS yang paling kuat dan cukup populer pada kalangan masyarakat. Anda dapat membuat situs web impian tanpa harus memiliki keterampilan pemrograman. Dengan WordPress, semua orang dapat melakukan kustomisasi sesuai keinginan.

Ada banyak plugin WordPress gratis dan berbayar yang bisa Anda gunakan. Misalnya, untuk membantu masalah pengoptimalan, meningkatkan SEO, membuat formulir, dan bahkan membuat halaman arahan.

Plugin WordPress Gratis Terbaik

Membuat situs web berbasis WordPress memang memberikan manfaat tersendiri. Selain mudah, WordPress menawarkan fleksibilitas dalam bentuk plugin untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda. Ada lebih dari 40.000 plugin yang tersedia dan dapat Anda peroleh dengan mudah bahkan gratis. Dan setiap plugin memiliki fitur dan manfaatnya sendiri.

Meskipun memiliki fitur hebat, tidak semua plugin perlu Anda pasang pada situs web. Anda hanya perlu menginstal plugin yang benar-benar bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan website. Jadi apa saja plugin gratis terbaik yang wajib Anda miliki? Berikut adalah plugin WordPress gratis terbaik yang perlu Anda miliki.

Akismet

Akismet adalah plugin WordPress gratis yang berfungsi untuk mengelola komentar pada situs web. Ketika ada beberapa komentar yang muncul, Akismet akan menyaring komentar tersebut. Komentar yang ditunjukkan adalah spam atau bukan.

Jika demikian, Akismet akan mengkarantina komentar tersebut. Plugin ini sangat berguna untuk menghindari spam pada situs website Anda.

W3 Total Cache

Untuk masalah manajemen cache situs web, serahkan pada plugin W3 Total Cache. Plugin ini akan memproses cache sehingga setelah Anda login website Anda akan berjalan lebih cepat. Dan juga, plugin W3 Total Cache ini akan membuat bandwidth server Anda lebih efisien.

Performa W3 Total Cache akan semakin meningkat jika dipadukan dengan fitur Memcached pada hosting terbaik Anda. Memcached atau Memory Object Caching System adalah teknologi untuk mempercepat aplikasi web dinamis. Teknologi ini bekerja dengan cara menyimpan dan mendistribusikan data pada memori server (RAM) sehingga beban database menjadi lebih ringan.

Baca Juga : Cara Buat Server Sendiri Dengan Mudah dan Sederhana

Yoast SEO

Salah satu plugin optimasi mesin pencari WordPress gratis adalah Yoast SEO. Dengan Yoast SEO Anda dapat membuat konten sesuai aturan SEO, membuat peta situs dalam format XML, menambahkan deskripsi meta, mengubah judul konten dan judul halaman, mengubah .htaccess dan robots.txt dan sebagainya.

Yoast SEO memiliki 2 versi yaitu versi gratis dan versi berbayar. Namun, jangan khawatir! Berkat Yoast SEO versi gratis, Anda dapat meningkatkan peringkat situs web.

WordFence

Nah, bagi Anda yang belum yakin dengan keamanan WordPress, plugin ini sangat berguna. WordFence akan memperingatkan Anda sebagai pengguna ketika seseorang melakukan serangan “bruteforce” atau deteksi kata sandi acak oleh peretas. Selain itu, plugin ini bisa mendeteksi malware yang ada pada plugin atau template wordPress Anda.

NextGEN Gallery

Salah satu daya tarik website terletak pada gambar atau foto yang ada didalamnya. Untuk mempercantik tampilan, ada plugin yang bisa Anda gunakan. Salah satunya adalah plugin NextGEN Gallery. Plugin ini memiliki berbagai fitur seperti upload, slideshow, galeri gaya thumbnail, dan bahkan pembuatan album foto.

Plugin ini sangat berguna ketika model yang Anda gunakan tidak mendukung galeri foto. Kemudian, Anda dapat menambahkan foto sesuai keinginan.

Elementor Page Builder

Bagi Anda yang tidak mengerti masalah coding, mungkin Anda bisa mencoba plugin page builder ini. Elementor Page Builder memungkinkan Anda membuat tampilan situs web yang Anda inginkan tanpa coding. Anda hanya perlu “drag and drop” bagian-bagian situs web yang Anda inginkan.

Elementor Page Builder ini memiliki bagian yang cukup lengkap untuk Anda pasang pada situs web Anda seperti header, galeri gambar, carousel, ikon sosial, dan sebagainya.

Redirection

Apakah Anda memerlukan plugin untuk memperbaiki tautan kedaluwarsa, seperti kesalahan 404? Redirection adalah fitur yang cukup mampu membuang link mati ke halaman aktif.

Dengan plugin ini, Anda tidak perlu khawatir dengan halaman error yang bertebaran pada sekitar website. Anda dapat mengelola tautan rusak secara otomatis, tanpa mengubah tautan ke format tautan permanen baru.

WP Super Cache

Untuk meningkatkan kinerja dan kecepatan memuat, situs web Anda harus memiliki plugin cache. Salah satu plugin caching yang sangat kami rekomendasikan adalah WP Super Cache.

WP Super Cache memiliki fitur yang bisa meningkatkan kecepatan pada website. Beberapa fitur utamanya anatara lain  adalah JavaScript, CSS, Cache Page, Post, dan lain sebagainya. Fungsi utama plugin ini adalah untuk secara otomatis menampilkan file HTML statis tanpa memuat manual pada semua queri situs web.

Contact Form 7

Plugin WordPress wajib yang sangat direkomendasikan untuk instalasi selanjutnya adalah Contact Form 7. Contact Form 7 ini untuk memudahkan komunikasi antara Anda dan pengunjung Anda. Dengan plugin ini, pengunjung dapat menghubungi Anda dengan lebih mudah dan bebas.

Karena fungsinya sebagai sarana komunikasi, plugin ini cocok untuk berbagai jenis website, baik itu blog, company profile, toko online.

Ada beberapa fitur di Contact Form 7, termasuk reCaptcha, file upload, dan banyak lagi. Dengan berbagai fitur menariknya, Anda dapat dengan mudah mengelola formulir kontak dalam satu pemeriksaan otomatis.

Sosial Media Share Buttons

Untuk mendukung visibilitas dan lalu lintas, sebuah situs web harus terhubung ke media sosial. Untuk itu, Anda perlu menginstal plugin tombol berbagi media sosial. Plugin ini membantu pengunjung berbagi halaman situs web dengan akun media sosial melalui ikon berbagi yang dapat disesuaikan.

Tombol berbagi media sosial terintegrasi dengan RSS, email, dan berbagai akun media sosial termasuk Twitter, Instagram, Linkedin, Facebook, dll. Fitur ini juga mencakup hampir 200 platform media sosial lainnya pada internet. Bahkan, untuk versi premium Anda bisa mendapatkan plugin whatsapp.

Dengan menginstal plugin ini, situs web akan memiliki ikon bagikan atau bagikan otomatis yang dapat Anda sesuaikan dan Anda tampilkan pada setiap posting / halaman.

Pop-up Builder

Meski terkadang menjengkelkan, kemunculan pop-up tidak sepenuhnya dihindari oleh pengunjung website. Jadi mengapa Anda tidak mencoba memanfaatkan fitur pop-up untuk meningkatkan konversi pelanggan situs web Anda?

Salah satunya adalah dengan menginstal plugin Pop-up Builder. Dengan plugin ini Anda dapat membuat pop-up dari berbagai jenis dan kebutuhan.

Pop-up Builder adalah solusi terbaik untuk meningkatkan konversi, promosi dan memberikan informasi menarik melalui popup. Menariknya, ada fitur JS dan CSS khusus yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan dan membuat popup seunik mungkin.

Tips Memilih Plugin WordPress Terbaik

Plug-in adalah aplikasi atau fitur tambahan yang dapat memperkaya fungsionalitas dengan menyederhanakan kinerja situs web. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan mudah menggunakan plugin. Misalnya plug-in untuk meningkatkan keamanan website, untuk mempercantik tampilan, juga plug-in untuk toko online. Masih banyak plugin dengan berbagai fungsi yang tersedia di WordPress.

Karena Anda tidak perlu menginstal semua plug-in, Anda harus berhati-hati saat memilih dan menginstal plugin pada situs web, jangan tergiur dengan iming-iming plugin wordpress gratis. Untuk memilih plug-in, Anda perlu mempertimbangkan sejumlah kriteria, yaitu sebagai berikut:

Rating dan jumlah instalasi

Perhatikan peringkat plugin dan lihat berapa banyak instalasi yang dimiliki plugin. Semakin tinggi peringkat dan semakin banyak instalasi, semakin banyak pengguna plug-in.

Review ulasan

Sebaiknya jangan sampai Anda melewatkan memeriksa ulasan yang diberikan oleh pengguna lain. Dari sini Anda akan memiliki gambaran tentang pengalaman pengguna lain selama pemasangan plug-in.

Pembaruan / update

Perhatikan seberapa sering plugin mengalami pembaruan atau update. Terutama untuk plugin keamanan. Hal ini untuk memastikan kompatibilitas plugin pada situs web.

Kredibilitas

Perhatikan kredibilitas plugin dan pastikan berasal dari sumber resmi. Sebaiknya hindari memasang plugin gratis yang bahkan tidak memiliki lisensi resmi dari WordPress.

Lihat demo pada screenshot

Tidak ada salahnya melihat tampilan awal plug-in melalui fungsi screenshot agar Anda bisa merasakan langsung plug-in tersebut. Biasanya beberapa plugin menyediakan tampilan visual dan fungsinya.

Selain semua hal di atas, hal utama yang harus Anda perhatikan sebelum memasang plugin adalah harus sesuai dengan kebutuhan Anda. Pilih dan gunakan plugin sesuai kebutuhan, jangan berlebihan. Anda hanya perlu menginstal fitur inti yang dibutuhkan situs web. Misalnya plugin SEO, plugin slider dan plugin keamanan.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *