5 Cara Menginstal Driver Windows 10 Agar Kinerja PC Lebih Cepat

Tidak dipungkiri pekerjaan saat ini membutuhkan PC dalam menyelesaikan setiap tugas. Namun, di tengah jalan terkadang menemukan kendala kalau kinerja PC menjadi lemot. Agar PC tetap aman, salah satu solusinya menginstal sistem operasi Windows yang lebih baru. Di sini terdapat cara menginstal driver Windows 10 pada PC agar lebih cepat kembali.

5 Cara Menginstal Driver Windows 10 Agar Kinerja PC Lebih Cepat
5 Cara Menginstal Driver Windows 10 Agar Kinerja PC Lebih Cepat

Rutin memperbaharui PC akan membuat kinerjanya tetap bagus dan tidak menghabiskan waktu lama saat bekerja. Ditambah lagi tampilan pada PC pun menjadi baru dan lebih kekinian. Simak langkah-langkah di bawah ini untuk menginstal driver Windows 10 di PC:

Baca Juga : 5 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Error di Windows 10

1. Baterai Laptop Dalam Kondisi Penuh

5 Cara Menginstal Driver Windows 10 Agar Kinerja PC Lebih Cepat
Baterai Laptop Dalam Kondisi Penuh

Cara pertama yang harus dipersiapkan saat akan menginstal driver Windows 10 di PC yaitu mengisi daya baterai hingga penuh. Menginstal driver akan menghabiskan waktu yang lumayan lama. Sehingga untuk berjaga-jaga jika terjadi mati listrik tidak menjadi masalah.
Jika tidak terisi penuh meminimalisir laptop mati seketika karena sudah tidak terisi daya. Kondisi tersebut membuat proses menginstal diulang kembali sehingga membuang waktu. Untuk durasi waktunya sendiri dalam menginstal driver Windows 10 sekitar 30 menit jika lancar.

2. Siapkan File Windows 10 di Flashdisk atau DVD

Selanjutnya cara menginstal driver Windows 10 yang paling penting adalah menyiapkan file driver Windows 10. File driver Windows tersebut dapat diunduh melalui Microsoft Store dan disimpan dalam flashdisk. Disarankan memori flash disk minimal 8 GB serta file di dalamnya dipindahkan ke tempat lain.
Jika memiliki laptop dengan CD-ROM atau DVD portable tidak masalah untuk menginstal driver Windows 10 melalui DVD. Asalkan terlebih dahulu memastikan apakah file tersebut dapat terbaca di laptop atau tidak.

3. Melakukan Booting Saat Instal Windows 10

5 Cara Menginstal Driver Windows 10 Agar Kinerja PC Lebih Cepat
Melakukan Booting Saat Instal Windows 10

Cara ketiga menginstal driver Windwos 10 sebelum melanjutkan ke tahap instalasi lakukan booting terlebih dahulu dengan tujuan software yang terinstal dapat secara sempurna dimuat di laptop atau PC. Ikuti langkah-langkah untuk booting Windows 10 berikut ini:

● Hubungkan flashdisk atau DVD yang berisi file driver Windows 10 ke PC.
● Restart PC dengan menekan tombol Windows yang terletak pada pojok bawah kemudian klik Restart.
● Setelah itu, tekan tombol F2 atau Del sekaligus agar dapat membuka pengaturan BIOS.
● Lalu, muncul kolom untuk memasukkan Product Key Windows 10. Jika belum punya, pilih tombol Next.
● Disini akan muncul kolom Boot Options untuk memilih perangkat. Jika menggunakan FD pilihlah Removable Devices Option. Namun, jika DVD pilihlah Drive CD-ROM
● Lalu untuk menyimpan pengaturan tekan tombol F10 serta Enter.
● Tunggu hingga PC melakukan restart. Jika telah selesai restart PC pun siap untuk diinstal Windows 10.

4. Cara Instal Windows 10 di PC Yang Baru

5 Cara Menginstal Driver Windows 10 Agar Kinerja PC Lebih Cepat
Cara Instal Windows 10 di PC Yang Baru

Jika memiliki laptop yang baru, biasanya akan muncul notifikasi untuk mengupgrade sistem operasi Windows yang lebih baru. Klik notifikasi tersebut lalu mulailah untuk menginstal driver Windows 10 terlebih dahulu. Jika telah selesai, simak cara menginstal driver Windows 10 di bawah ini:
● Klik notifikasi yang muncul lalu klik Next untuk menginstal driver Windows 10.
● Jika muncul menu Install Now, lalu isi Product Key Windows 10 yang dimiliki. Namun, jika tidak ada klik tombol Next untuk proses selanjutnya.
● Klik tombol Accept lalu Next jika telah memahami panduan dan menyetujui penggunaan Windows 10.
● Agar file serta aplikasi lainnya dapat dipertahankan di PC, dapat klik tombol Upgrade.
● Lalu, klik tombol Custom untuk dapat memuat ulang serta melanjutkan proses instalasi.
● Tunggu proses instalasi selesai dengan membutuhkan waktu yang cukup lama.

5. Mengatur Tampilan PC Menggunakan Windows 10

5 Cara Menginstal Driver Windows 10 Agar Kinerja PC Lebih Cepat
Mengatur Tampilan PC Menggunakan Windows 10

Terakhir jika menginstal driver Windows 10 di PC, bisa langsung klik Pengaturan untuk mengatur tampilan PC agar terlihat baru. Selain itu, sesuaikan wilayah tempat tinggal saat ini dengan memilih beberapa opsi negara yang tersedia.

Baca Juga : Cara-Cara Mengatasi Komputer Lemot Windows 7 Secara Efektif

Selain itu, hal yang perlu dipikirkan untuk mengatur Keyboard Layout karena akan berguna dan memudahkan saat kita bekerja. Sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Namun, umumnya yang biasa digunakan di Indonesia adalah Keyboard US dan Indonesia. Saat bekerja ada kalanya mengalami kendala seperti PC atau laptop menjadi lemot. Kemungkinan hal itu terjadi karena belum memperbaharui sistem operasi windows. Oleh karena itu, sebaiknya menginstal driver Windows 10 terbaru agar kinerja laptop menjadi cepat dengan mengikuti cara di atas.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *