Marketing atau pemasaran dalam bisnis merupakan ujung tombak kesuksesan usaha. Jika marketing berjalan dengan baik, potensi kesuksesan bisnis juga semakin besar. Itulah mengapa peran tim pemasaran dalam perusahaan itu sangat vital. Untuk mencapai target marketing yang bagus, perlu adanya strategi pemasaran yang tepat. Salah satu strategi pemasaran yang sudah teruji dan banyak digunakan oleh pelaku usaha di banyak tempat adalah marketing mix 7P atau dikenal dengan istilah bauran pemasaran 7P. Seperti apa bauran pemasaran 7P ini? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan lengkapnya sebagai berikut!

Pengertian Bauran Pemasaran 7P Menurut Para Ahli

Ada beberapa pengertian tentang bauran pemasaran atau marketing mix 7P dari bebeberapa ahli. Berikut pengertian bauran pemasaran menurut para ahli.

Kotler & Amstrong

Bauran pemasaran adalah sekumpulan alat pemasaran yang digunakan untuk memberikan keyakinan pada sasaran pasar dan dibuat khusus perusahaan. Menurut mereka, teori pemasaran 4P (product, price, place, promotion)  sudah sangat efektif untuk diterapkan dalam produk manufaktur. Sementara itu, untuk sektor lainnya, masih perlu penambahan elemen.

Booms & Bitner

Menurut mereka, strategi pemasaran 4P kurang relevan pada sektor layanan atau jasa. Oleh karena itu, perlu ada tambahan elemen marketing lainnya agar bisa efektif dan efisien dalam menjalankan bisnis, yakni people, physical evidence dan process.

Yazid

Yazid menegaskan kembali bahwa strategi marketing 7P merupakan strategi yang paling tepat dan relevan khususnya dalam bidang jasa dan pelayanan. Dengan kata lain, strategi pemasaran 4P harus dikembangkan menjadi 7P untuk mendapatkan efektivitas dalam menjalankan usaha.

Itulah 3 pengertian bauran pemasaran 7P dari para ahli. Dari pengertian di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa bauran pemasaran 7P adalah merujuk pada perpaduan atau bauran elemen-elemen penting pemasaran yang lebih lengkap daripada bauran pemasaran 4P. Adapun 7 elemen penting dalam pemasaran tersebut adalah product, price, place, promotion, people, physical evidence dan process.

Elemen Bauran Pemasaran 7P

Dalam strategi bauran 7P, ada elemen pemasaran pendukung untuk kesuksesan marketing. Nah, berikut adalah penjelasan singkat dengan elemen-elemen marketing tersebut.

Produk

Produk merupakan bagian penting dalam bisnis yakni berupa hasil produksi atau jasa yang kemudian ditawarkan kepada pelanggan di pasar. Anda perlu membuat produk yang berkualitas, menarik dan unik untuk menjadi pembeda dengan pesaing bisnis. Hindari memproduksi barang atau jasa yang tidak terlalu dibutuhkan oleh masyarakat luas. Hal tersebut akan membuat bisnis Anda sulit untuk berkembang..

Harga

Dalam menentukan harga produk, Anda harus mempertimbangkan beberapa aspek, seperti biaya produksi, keuntungan dan yang lainnya. Tanpa adanya perhitungan yang tepat, bisnis Anda berujung dalam kebangkrutan. Itulah mengapa Anda perlu melakukan riset pasar untuk mencari harga produk terbaik sesuai dengan standar dan kemampuan pasar.

Tempat

Usahakan Anda memilih tempat yang strategis dan sesuai dengan produk yang Anda jual. Ada banyak pilihan tempat strategis, seperi dekat sekolahan, dekat kantor pemerintahan atau dekat pusat perbelanjaan.

Promosi

Anda harus melakukan promosi agar orang-orang bisa mengenal bisnis yang Anda jalankan. Ada banyak cara promosi menarik dan efektif. Salah satunya adalah memanfaatkan internet. Di zaman yang serba maju ini, promosi tersebut merupakan cara yang paling efektif untuk membangun kesadaran konsumen tentang produk Anda.

Orang

Orang bisa menentukan apakah usaha yang Anda jalankan menuju kemajuan atau malah kemunduran. Itulah mengapa banyak perusahaan melakukan seleksi ketat dalam penerimaan pegawai. Hal tersebut dilakukan agar mendapatkan pekerja yang tepat di bisnisnya.

Tampilan Fisik

Saat melihat produk tertentu, orang akan melihat kemasannya terlebih dulu. Jika Anda mampu membuat kemasan produk yang menarik dan unik, ini akan berpengaruh besar pada tingkat penjualan. Tampilan fisik juga bisa pada desain ruangan dan suasana lokasi bisnis Anda.

Proses

Dalam sebuah bisnis, proses menjadi bagian penting dalam kesuksesan pemasaran bisnis. Hal tersebut berkaitan dengan prosedur perusahaan dalam membuat produk tersebut.

Contoh Bauran Pemasaran 7P

Strategi bauran pemasaran 7P sudah diterapkan oleh banyak pelaku usaha baik yang skalanya kecil hingga besar. Hal tersebut menjadi bukti bahwa strategi marketing ini memang ampuh untuk menaikkan penjualan produk secara signifikan.

Nah, dalam kesempatan ini, kami akan memberikan beberapa contoh bauran pemasaran 7P, termasuk contoh marketing mix 7P pada produk makanan, contoh marekting mix 7p pakaian dan yang lainnya.

Mari kita coba bedah contoh bauran pemasaran 7P dari produk Indomie. Ya, pasti Anda sudah tidak asing lagi bukan dengan produk mie instan satu ini? Ya, produk ini merupakan sala satu produk asli Indonesia yang banyak penggemarnya. Bahkan sampai ke luar negeri lho.

Mengapa merek Indomie bisa sepopuler itu? Tentu saja karena memang produknya berkualitas serta ditunjang dengan strategi pemasaran yang bagus juga. Itulah mengapa membuat penjualan produk mie instan ini selalu besar peminatnya.

Contoh Bauran Pemasaran 7P Produk Makanan Indomie

Produk

Indomie merupakan produk mie instan dengan berat bersih kurang lebih 85 gram dilengkapi dengan bumbu penyedap rasa. Produk ini aman dikonsumsi serta halal untuk dijadikan santapan. Saat ini, Indomie hadir di pasaran Indonesia maupun dunia dengan berbagai cita rasa khas pilihan yang semakin menjadi pilihan banyak penikmat mie instan.

Harga

Harga produk Indomie ini bisa kita katakan sangat terjangkau. Dengan harga sekitar 2ribu rupiah saja, Anda sudah bisa mendapatkan mie instan yang membuat Anda kenyang. Untuk beberapa varian rasa, Indomie ini dibanderol dengan harga yang lebih mahal.

Tempat

Produk mie instan ini sangat mudah konsumen dapatkan. Mereka bisa mendapatkan makanan ini pada toko-toko hingga warung-warung kecil pedesaan. Mengingat banyak peminatnya, maka tidak mengherankan jika semua pedagang menjual produk mie instan ini.

Promosi

Meski produknya sudah banyak orang kenal. Bahkan hingga ke mancanegara, perusahaan Indomie masih gencar melakukan promosi baik pada kanal media elektronik, media cetak hingga internet. Promosi tersebut mereka lakukan dalam rangka untuk mengenalkan lagi produk-produk terbaru mie instan serta membangun kesadaran masyarakat akan produk mie instan tersebut.

Orang

Produk Mie instan ini diproduksi oleh perusahaan ternama di Indonesia yang sudah tidak kita ragukan lagi reputasinya dalam menghasilkan makanan yang aman untuk kita konsumsi. Perusahaan tersebut juga berisikan sumber daya manusia yang sudah berpengalaman dan terlatih dalam memproduksi mie instan.

Tampilan Fisik

Produk Indomie hadir dengan pemasaran yang menarik, simpel dan bersih. Itu semakin membuat pembeli menyukai produk mie instan ini.

Proses

Dalam proses pembuatan produk mie instan ini teratur dan selalu mendapatkan pengawasan dari pihak ketiga untuk menjamin kualitas dan kehalalan produk. Proses produksi dan distribusi juga berjalan dengan baik. Hal tersebut terbukti dengan ketersediaan produk yang selalu ada.

Penutup

Itulah pembahasan mengenai contoh bauran pemasaran 7P yang bisa penulis sajikan untuk Anda. Bila Anda memahami bauran pemasaran ini , maka Anda akan mudah menjalankan bisnis dan meraih banyak keuntungan. Semoga ulasan ini bisa membantu Anda untuk melakukan analisis 7P pada bisnis yang sedang Anda jalankan.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *