Pengertian Dan Fungsi Tag Heading H1 H2 H3 H4 H5 H6

Tag H1 sampai H6 bukanlah hal yang asing lagi bagi para webmaster dan blogger. Pengertian Dan Fungsi Tag Heading sering digunakan dalam penulisan konten web maupun blog untuk memberikan struktur pada konten agar mesin pencari mudah menemukannya. Lalu, apa itu tag heading? Ada berapa tag heading yang biasa ada di web dan blog? Cari jawabannya dalam artikel ini. Yuk, simak pembahasannya!

Pengertian Tag Heading

Pengertian Dan Fungsi Tag Heading adalah kode HTML yang mempunyai fungsi untuk mengubah tulisan pada halaman web. Tag heading terdiri dari 6 tingkatan antara lain H1, H2, H3, H4, H5, dan H6. Masing-masing tingkatan tag heading mempunyai fungsi yang berbeda. Namun, pada dasarnya tag heading digunakan untuk menandai bagian-bagian penting dari konten web, mulai dari judul, isi, sampai kesimpulan.
Bukan cuma berperan dalam penataan struktur tulisan agar terlihat rapi dan indah, tag heading bisa juga menjadi poin tambahan untuk membantu proses optimasi SEO On Page. Sangat disayangkan, belum banyak orang tau mengenai hal tersebut. Sebagian besar dari mereka hanya terfokus pada pembuatan dan pengunggahan konten saja tanpa memperhatikan templatenya.

Pengertian Dan Fungsi Tag Heading H1 H2 H3 H4 H5 H6
Pengertian Dan Fungsi Tag Heading H1 H2 H3 H4 H5 H6

Baca Juga : 6 Tugas Digital Marketing yang Sangat Vital

Berikut ini contoh penulisan tag heading HTML dari H1 hingga H5 :

<html>
<head>
<title> Judul Utama Web</title>
</head>
<body>
<h1>Tag Heading 1</h1>
<h2>Tag Heading 2</h2>
<h3>Tag Heading 3</h3>
<h4>Tag Heading 4</h4>
<h5>Tag Heading 5</h5>
<h6>Tag Heading 6</h6>
</body>
</html>

Fungsi Tag Heading H1-H6

Pembahasan sebelumnya telah dikatakan bahwa setiap tag mempunyai fungsinya masing-masing. Nah, agar lebih jelas lagi mengenai peran
Pengertian Dan Fungsi Tag Heading dari H1 sampai H6, bisa disimak pembahasannya berikut :
• Tag heading H1 merupakan tag untuk membuat nama utama halaman web yang berada pada Homepage.
• Tag heading H2 adalah tag yang digunakan untuk membuat judul konten artikel web.
• Tag heading H3 menjadi tag yang berfungsi membuat sub judul, judul widget, atau bisa juga untuk penjelasan dari judul konten artikel yang diunggah.
• Tag heading H4 merupakan tag untuk penulisan judul artikel terkait dan komentar.
• Tag heading H5 adalah tag yang berfungsi membuat nama pemberi komentar.
• Tag heading H6 adalah tingkatan tag letaknya berada di paling bawah dan berguna sebagai footer seperti “All Rights Reserved” atau “Powered by Blogger”.
Ibarat kata web itu sebuah buku, H1 adalah judul buku, H2 menjadi bab-babnya dan H3-H6 merupakan sub bab. Supaya halaman web terstruktur dengan baik, tidak disarankan untuk mengacak-acak urutan tingkatannya. Penggunaan tag HTML juga tidak boleh berlebihan, sesuaikan dengan kebutuhan web. Misalnya, satu halaman menurut standar SEO hanya menggunakan satu tag H1. Sedangkan untuk H2 memakai maksimal 8 tag. Untuk H3-H6 baru diperbolehkan lebih dari 8. Agar web menjadi SEO friendly, pembuatan tag heading sebaiknya memasukkan keyword yang relevan dengan topik halaman.

Coba perhatikan contoh struktur penulisan tag heading di bawah ini :

H1 : Yuk Buat Toko Online Di Marketplace Mudah, Ikuti Caranya Sekarang!
H2 : Apa Itu Toko Online?
H2 : Apa Itu Marketplace?
H3 : Manfaat Marketplace
H4 : 1. Memudahkan Jual Beli
H4 : 2. Meningkatkan Omset
H4 : 3. Menjangkau Banyak Pembeli
H5 : Komentar pengunjung
H6 : Tokoonline.com Powered By Blogger

Manfaat Tag Heading

1. Membuat Struktur Konten Web Lebih Terstruktur

Saat mengunjungi halaman web tanpa tag heading biasanya konten artikel di dalamnya akan susah dibaca. Akhirnya, pengunjung web tersebut pasti segera meninggalkan web dan mencari situs lain. Dari sini terlihat bahwa Pengertian Dan Fungsi Tag Heading sangat berperan penting untuk membuat struktur konten web lebih rapi dan jelas. Bayangkan bila konten hanya berisi paragraf dan kalimat panjang tanpa sub judul dan sub bab, melihatnya saja sudah malas apalagi membacanya. Meskipun konten berisi tulisan yang informatif dan relevan, tapi kalau tampilan halaman web berantakan tentu membuat pengunjung tidak segan untuk keluar dari situs web. Oleh karena itu, buatlah tag heading pada konten web agar mudah pengunjung mudah memahami isi bacaan. Penambahan gambar atau video juga bisa dilakukan untuk memberikan pengalaman berkunjung yang baik kepada mereka.

2. Meningkatkan Aksesibilitas

Penggunaan Pengertian Dan Fungsi Tag Heading bermanfaat bagi pengunjung agar dapat mengakses konten secara cepat. Dengan kata lain, para pengunjung menjadi langsung bisa membaca informasi penting dan poin inti yang mereka butuhkan pada konten web, bahkan memungkinkan mereka melompat dari satu judul artikel ke judul selanjutnya.

3. Meningkatkan SEO Web

Bukan cuma memperindah dan merapikan tampilan halaman web saja, tag heading juga bermanfaat untuk peningkatan SEO web. Penerapan heading yang tepat dan benar ditambah dengan penggunaan keyword relevan, akan mempengaruhi peringkat web pada mesin pencari.
Demikian artikel tentang Pengertian Dan Fungsi Tag Heading, fungsi dari tag H1-H6, sampai dengan manfaat tag heading. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : Mengupas 4 Strategi Pemasaran Dan Contohnya

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *