Backlink Comment : Pengertian, Manfaat Dan Cara Membuatnya

Backlink Comment merupakan backlink yang ditaruh pada sebuah komentar di konten blog maupun web. Backlink blog comment sebenarnya jadi cara mudah untuk mempraktekkan SEO terutama bagi para pemula. Bukan cuma itu, bahkan hampir seluruh blogger masih melakukan optimasi situs mereka dengan backlink comment. Pasalnya dengan mengisi formulir data diri dan menulis komentar di sebuah konten blog saja, kamu sudah mendapatkan satu backlink menuju situs web kamu. Dengan catatan, komentar yang ditulis harus lolos persetujuan dari pemilik blog lebih dulu.

Manfaat Backlink Comment

Backlink Comment memberi manfaat cukup baik untuk membuat sebuah situs mendapat peringkat terbaik di search engine. Tetapi, hal ini tergantung pada konten blog mana backlink akan ditaruh. Paling tidak kamu harus mencari blog yang mempunyai komentar bertipe dofollow dan DA (Domain Authority) tinggi. Selebihnya dalam membangun backlink comment, pastikan untuk menulis komentar berkualitas dan menaruh backlink pada konten yang relevan dengan niche kamu. Hal ini dapat membantu supaya kamu terhindar dari indikasi tindakan spam dan kemungkinan komentar dihapus.

Backlink Comment : Pengertian, Manfaat Dan Cara Membuatnya
Backlink Comment : Pengertian, Manfaat Dan Cara Membuatnya

Baca Juga : 3 Tipe Managerial Skill yang Penting Untuk di Miliki

Memilih Situs Untuk Backlink Comment

Untuk melakukan tanam backlink comment sebaiknya jangan asal memilih situs, bisa jadi hal tersebut dapat merusak reputasi web kamu di search engine Google. Berikut beberapa cara dan hal yang perlu diperhatikan saat memilih situs blog ataupun web yang akan kamu tanami backlink comment.

1. Gunakan Search Engine

Kamu bisa menulis keyword sesuai dengan niche kamu pada kolom search engine, misalnya ‘web makanan’. Kemudian tekan enter, maka Google akan menampilkan semua situs web yang membahas tentang makanan mulai dari web dengan peringkat paling atas sampai terendah. Setelah itu, pilih web mana saja yang bertrafik bagus dan mempunyai banyak komentar aktif.

2. Gunakan Tools Google

Dari hasil yang ditunjukkan hasil penelusuran Google, kamu bisa memilih lagi web mana yang bagus untuk menaruh Backlink Comment jadi lebih spesifik. Gunakan tools dari Google untuk atur waktu dan mendapat hasil pencarian web yang membahas makanan dalam kurun waktu tertentu. Ini akan memudahkan kamu memutuskan web mana yang masih aktif dalam beberapa hari belakang dan mempunyai potensi. Sementara mencari situs melalui search engine Google, kamu bisa mengecek data backlink terbaik beserta nilai kualitasnya di beberapa tools seperti Ahrefs dan SEMrush.

3. Pilih Situs Yang Baik

Terakhir selain mempunyai DA dan PA yang tinggi, sebaiknya lihat juga konten web tersebut. Pilih blog maupun web dengan konten positif bukan negatif, tidak mengandung unsur sara, pornografi, dan melanggar UU serta relevan dengan topik web sekaligus niche kamu.

Cara Membuat Backlink Blog Comment

Setelah menemukan situs mana yang akan kamu tanami backlink comment, selanjutnya pelajari bagaimana cara menulis komentar dan menanam Backlink Comment dengan benar. Berikut langkah-langkahnya :

1. Masuk ke situsnya kemudian isi informasi data diri antara lain email, nama, dan alamat web.

Perlu diperhatikan untuk blog berbasis WordPress saat memasukkan email jangan gunakan email yang sudah terdaftar ke WordPress sebelumnya. Sebaiknya kamu gunakan email yang lain ya.

2. Cari dan baca konten situs yang akan diberi komentar dan dipasangi backlink.

Ingat untuk selalu menuliskan komentar sesuai dengan isi konten. Pastikan juga jika situsnya berbasis Blogspot mempunyai kolom nama dan URL. Kalau tidak ada formulir informasi tersebut, kamu bisa menggunakan kolom komentar dan menulis alamat situs web kamu dengan kode HTML berikut href=”http://alamat url”>judul anchor text</a>. Sebagai contohnya ingin membuat Backlink Comment mengenai manfaat meditasi, maka kode URLnya akan seperti ini href=”http://meditasi siap.com/manfaat meditasi</a>.

3. Kemudian klik Post Comment

Baca Juga : Soft Selling yang Sederhana

Tips Komentar Mendapat Persetujuan Agar Mendapat Backlink

Meskipun backlink comment menjadi cara mudah yang sering dilakukan untuk optimasi SEO. Tetapi belum tentu cara ini akan sukses begitu saja. Seringkali komentar yang di posting tidak mendapat persetujuan dari pemilik situs membuat gagal mendapatkan backlink comment. Berikut beberapa tips berkomentar agar lolos dan berhasil membangun backlink comment.

1. Buat Kalimat Tanya

Buat kalimat tanya pada akhir komentar. Nah sudah pasti untuk bisa membalas pertanyaan, pemilik situs harus menyetujui komentar yang kamu unggah terlebih dahulu.

2. Berkomentar Di Blog Berbahasa Asing

Bukan hanya melakukan Backlink Comment pada blog dengan bahasa Indonesia saja, supaya kamu mendapat kemungkinan approval komentar lebih banyak, taruh komentar juga pada konten blog berbahasa Inggris dan bahasa asing lainnya.

3. Komentar Relevan

Tulis komentar relevan dengan isi dan topik konten situs. Kamu bisa memberikan masukan atau pujian positif terhadap kontennya.

4. Buat Backlink Menuju Homepage

5. Jangan Spam Komentar

Demikian artikel mengenai Backlink Comment beserta manfaat dan cara membuatnya. Semoga bermanfaat!

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *