Anda perlu memahami strategi pemasaran 4P dan contohnya agar bisnis Anda meraih kesuksesan. Dalam bisnis, marketing atau pemasaran memegang peranan penting. Bisnis itu berkembang dengan baik atau tidak tentu saja itu bergantung pada bagaimana marketing perusahaan. Jika pemasaran tersebut bisa terkonversi menjadi penjualan, maka perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang besar juga. Nah, untuk mendapatkan pemasaran yang bagus, ada strategi pemasaran usaha yang harus Anda ketahui.

Salah satu strategi pemasaran yang cukup populer adalah strategi pemasaran 4P. Mungkin banyak yang belum tahu dengan strategi 4P ini. Strategi marketing ini merupakan perpaduan antara product, price,  place dan promotion.

Seperti apa strategi pemasaran 4p ini? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan lengkapnya sebagai berikut.

Pengertian Strategi Pemasaran 4P

Sebelum penulis menyajikan strategi pemasaran 4P dan contohnya,penulis akan menjelaskan tentang marketing. Marketing atau pemasaran mempunyai fungsi untuk membuat konsumen sadar dengan produk atau jasa tertentu. Sehingga mereka akan tertarik untuk membeli produk atau menggunakan jasa tersebut.

Seperti yang sudah penulis singgung pada tulisan paragraf-paragraf sebelumnya.  strategi pemasaran 4P melibatkan 4 hal utama, yakni produk, harga, lokasi dan promosi. Komponen marketing tersebut menjadi fondasi awal usaha  agar usaha bisa berkembang dan banyak pelanggan membeli produk mereka.

Banyak perusahaan dari skala UMKM hingga perusahaan besar yang menggunakan strategi pemasaran 4P ini. ini juga menjadi bukti bahwa strategi ini memang cocok untuk semua kondisi usaha dari kecil hingga besar.

Baca juga: Kenali 12 Indikator Kualitas Produk Sebelum Membeli Produk Tertentu

Komponen Strategi Pemasaran 4P

Strategi pemasaran 4P ini sudah banyak perusahaan jalankan dengan banyak perusahaan. Mereka pun juga tidak mengingkari bahwa strategi ini sangat bagus untuk meningkatkan penjualan produk mereka. Ada 4 variabel atau komponen utama dalam komponen strategi pemasaran 4P ini, yakni: product, price,  place dan promotion.

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan strategi pemasaran ini, simak ulasan lengkapnya sebagai berikut!

Product

Komponen pertama adalah product (produk). Produk merupakan komponen penting dalam bisnis. Bisa kita bilang, produk merupakan komponen paling penting daripada komponen lainnya.

Produk itu tidak hanya dalam bentuk fisik saja namun produk bisa juga berwujud non-fisik. Jasa itu juga termasuk produk yang bisa perusahaan pasarkan kepada masyarakat luas. Di sekitar kita, ada banyak perusahaan yang menawarkan jasa maupun ide untuk kebutuhan banyak orang.

Sebelum menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk perusahaan, memang produk  menjadi hal vital yang harus dikembangkan. Perusahaan harus memastikan bahwa produk yang akan mereka jual kepada masyarakat harus lolos uji dan diterima oleh masyarakat.

Untuk melakukan tes produk ini, perusahaan bisa mencoba tes pasar terkait dengan produknya. Perusahaan bisa minta saran maupun kritik terkait dengan produk. Apakah konsumen puas dengan produk tersebut atau kurang puas.

Oleh karena itu, perusahaan harus benar-benar memahami produk mereka sebelum beredar di pasaran. Ada beberapa faktor yang bisa Anda perhatikan dalam pertimbangan produk, termasuk: fitur, merek, kualitas, kompetitor, kemasan produk hingga variasi produk.

Contoh produk dalam strategi pemasaran 4P ini adalah produk dari Burger King. Siapa sih yang tidak kenal dengan perusahaan burger satu ini. Ya, Burger King merupakan penjual burger yang terkenal. Namun untuk meluaskan pasar, mereka tidak hanya menjual burger saja.

Mereka juga menjual jenis makanan lainnya seperti ayam goreng, es krim dan beragam minuman yang lainnya. Dengan strategi ini, Burger King bisa menjangkau pelanggan yang tidak atau kurang suka dengan burger dengan pilihan menu lainnya.

Price

Selain produk, harga juga menjadi salah satu komponen penting dalam pemasaran bisnis. Harga merupakan nilai yang pembeli berikan kepada penjual untuk suatu produk tertentu. Apakah barang yang dijual tersebut sesuai dengan harganya itu sangat berpengaruh pada penjualan produk.

Para konsumen biasanya akan mempertimbangkan harga sebelum mereka membeli produk. Bahkan, konsumen akan membanding-bandingkan harga terlebih dulu dengan kompetitornya. Itu mengindikasikan bahwa harga menjadi pertimbangan utama saat membeli produk.

Oleh karena itu, perusahaan harus membuat harga yang sesuai dengan kemampuan pasar. Untuk mendapatkan harga yang pas, perusahaan biasanya akan menggunakan perhitungan harga pokok penjualan (HPP).

Dalam menetapkan harga pokok, ada beberapa variabel yang menjadi pertimbangan dan di antaranya adalah:

  • Nilai dari produk atau jasa
  • Selisih harga produk dengan kompetitornya
  • Potongan harga atau promo khusus
  • Keuntungan penjualan

Setelah memperhatikan 4 variabel tersebut, perusahaan bisa menentukan harga terbaik untuk produk mereka di pasaran. Perlu Anda tahu, harga sangat berpengaruh dalam pencapaian penjualan produk.

Salah satu strategi marketing 4p terkait harga ini bisa Anda lihat pada promosi paket. Jika Anda pernah membeli makanan di KFC, Anda akan mendapatkan promosi produk bundle atau paket makanan yang biasanya mempunyai harga yang lebih murah.

Secara psikologis, konsumen akan memilih paket bundling tersebut karena harganya lebih murah. terlebih jika dibandingkan dengan harga satuan, paket tersebut lebih murah harganya.

Place

Lokasi usaha juga menjadi penentu kesuksesan bisnis yang Anda jalankan. Letak lokasi strategis mereka klaim mampu meningkatkan penjualan hingga berkali-kali lipat. Lokasi strategis itu adalah lokasi yang memungkinkan banyak orang bisa menjangkau lokasi usaha Anda.

Ada beberapa pilihan lokasi strategis, seperti dekat lingkungan sekolah, lingkungan perkantoran, hingga dekat dengan taman kota. Kios atau tempat usaha pinggir jalan juga termasuk lingkungan strategis untuk usaha.

Dengan memilih lokasi usaha yang strategis, bisnis Anda mempunyai potensi untuk dikunjungi banyak orang. Lokasi usaha yang mudah aksesnya juga menentukan jumlah pelanggan yang datang. Selain lokasi yang strategis, ada beberapa pertimbangan untuk mendukung kesuksesan usaha, termasuk distribusi usaha, penanganan produk, kompetitor, logistik serta jenis lokasi usaha.

Contoh strategi pemasaran 4P untuk lokasi usaha adalah pada lokasi usaha Burger King. Kita tahu bahwa Burger King buka di banyak tempat. Ada yang buka di pinggir jalan, restoran,  dalam mall maupun jualan online lewat aplikasi android.

Promotion

Promosi usaha mempunyai tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan produk tertentu (brand awareness). Selain itu, promosi juga menjadi media untuk merayu atau membujuk orang untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Ada banyak media yang bisa Anda gunakan untuk promosi produk. Anda bisa menggunakan spanduk, baliho, selebaran dan produk fisik lainnya. Iklan di Tv juga menjadi media promosi yang sangat efektif namun membutuhkan budget yang besar.

Sebagai alternatif, Anda bisa memanfaatkan promosi internet dengan menggunakan media Facebook-ads, Google-ads dan yang lainnya.

Contoh variabel promosi dalam strategi pemasaran 4P adalah penggunaan media sosial sebagai media meningkatkan brand awareness serta memberikan informasi terkait dengan diskon maupun voucher menarik.

Baca juga: 8 Contoh Strategi Pemasaran Produk Makanan yang Bisa Anda Tiru

Penutup

Itulah pembahasan mengenai strategi pemasaran 4P dan contohnya. Ada 4 variabel dalam strategi pemasaran 4p yang banyak perusahaan pakai . Mulai dari yang kecil hingga perusahaan besar. Adapun 4 komponen strategi tersebut adalah product, price, place dan promotion. Perusahaan bisa menerapkan strategi mixing tersebut untuk meningkatkan brand awareness dan meningkatkan penjualan.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *