Game yang terinstall di Android kini dapat dengan mudah disambungkan pada akun Google. Hal ini sudah dimanfaatkan oleh banyak orang yang tidak ingin data dari game hilang jika smartphone tiba-tiba error. Untuk itu, bagi yang menggunakan teknologi ini wajib tahu cara melihat game yang terhubung dengan akun Google. Apa sajakah itu? Simak pembahasan ini!

Cara Melihat Game yang Terhubung dengan Bantuan Google Play Games

Cara Melihat Game yang Terhubung dengan Bantuan Google Play Games
Cara Melihat Game yang Terhubung dengan Bantuan Google Play Games

Aplikasi Google Play Game sengaja diciptakan oleh Google untuk berbagai kegiatan yang berkaitan dengan game. Tentunya, fitur penting untuk melihat apakah game yang dimainkan terhubung dengan akun Google adalah salah satu tujuan pembuatannya.
Namun bagaimanakah cara menggunakan aplikasi Google Play Games untuk melihat game yang terhubung dengan akun Google? Simak cara penggunaannya di bawah ini agar tidak salah melakukannya!

1. Download dan Install Aplikasi Google Play Games

Untuk dapat melihat game yang pernah dimainkan tentu harus mendownload aplikasi besutan Google satu ini. Google Play Games dapat diunduh dengan mudah dan gratis via Play Store ataupun App Store. Aplikasi ini terkadang juga termasuk ke dalam jajaran aplikasi bawaan dari smartphone.
Selain dapat dipasang di perangkat Android dan iOS, aplikasi ini juga tersedia versi java yang pastinya dapat dipasang pada perangkat laptop ataupun PC. Dengan aplikasi ini, dipastikan game dapat dengan mudah diorganisir.

2. Masuk ke Akun Google Play Games

Cara melihat game yang terhubung dengan akun google selanjutnya adalah buka aplikasi dan masuk ke akun Google yang telah didaftarkan. Pastikan akun yang akan dihubungkan telah aktif agar dapat log in dengan mudah pada aplikasi Google Play Games. Pengguna aplikasi akan langsung diberi pilihan akun yang ingin dihubungkan, pengguna dapat langsung klik saja.
Akun yang terdapat dan terdaftar pada perangkat smartphone akan menjadi pilihan prioritas yang disarankan oleh aplikasi untuk dihubungkan. Namun, jika pengguna ingin menggunakan akun yang belum pernah tersambung di smartphone atau perangkat lain dapat klik menu tambahkan akun lainnya. Pengguna akan dibawa untuk mengisi email dan password akun yang ingin dihubungkan.

3. Lihat Game yang Terhubung pada Akun Google

Setelah berhasil masuk dengan akun Google yang diinginkan, pengguna akan dibawa ke dalam beranda aplikasi. Untuk melihat koleksi game yang terhubung pada akun, pengguna dapat klik ‘Koleksi’, ikon yang berada di tengah diantara ikon beranda dan profil. Pengguna akan disajikan berbagai game yang terhubung.
Pengguna juga dapat melihat pencapaian dan teman yang juga terhubung dengan akun Google. Hanya tinggal klik pada profil dan pengguna dapat mengetahui berapa banyak pencapain yang telah didapat pada game yang terhubung.

Baca Juga Artikel SEO Lain nya Klik Link dibawah ini :

Pengertian Social Signal Dan Fungsinya Untuk Website

Sangat Mudah! Ini Cara Lain yang Bisa Dicoba

Game yang terhubung dengan akun Google sebenarnya tetap bisa dilihat tanpa menggunakan aplikasi tambahan Google Play Game. Cara ini sangat cocok dipraktekan bagi yang malas mendownload aplikasi tambahan. Nah, bagi yang penasaran dengan cara yang satu ini, simak ini!

1. Lihat Melalui Akun Google pada Pengaturan Perangkat Smartphone

Cara melihat game yang terhubung dengan akun Google yang dapat dilakukan selain menggunakan Aplikasi Google Play Games adalah dengan membuka akun Google pada pengaturan smartphone. Cara ini terbilang cukup mudah dan tanpa memerlukan aplikasi tambahan seperti Google Play Games. Pengguna cukup ke menu pengaturan smartphone dan membuka menu akun Google.

Saat menu terbuka, pilih akun yang diinginkan dan selanjutnya ketuk ‘Kelola Akun Google’ setelah beranda terbuka, klik menu ‘Data & Privasi’ lalu gulir ke bawah hingga menemukan ‘Aplikasi pihak ketiga dengan akses akun’. Klik tulisan tersebut dan melihat aplikasi-aplikasi yang terhubung pada akun Google.

Baca juga Cara – Cara Mengatasi Komputer Lemot :

Cara-Cara Mengatasi Komputer Lemot Windows 7 Secara Efektif

2. Lihat Melalui Google Play Store

Cara berikut ini juga bisa jadi alternatif yang ingin tahu cara untuk cek game yang terhubung dengan akun Google. Pengguna smartphone cukup membuka aplikasi Google Play Store yang pastinya sudah terinstall pada perangkat Android. Pada dasarnya, langkah untuk melakukan pengecekan sama dengan saat melakukan pengecekan di pengaturan Android.

Namun, pada Google Play Store pengguna dapat melihat dengan mudah koleksi game serta aplikasi yang terhubung dengan akun Google. Bahkan aplikasi yang pernah diinstall namun pada akhirnya di uninstall juga akan terlihat dengan jelas. Cukup klik ikon akun dan ketuk menu ‘Kelola Aplikasi dan Perangkat’.

Nah, itulah cara melihat game yang terhubung dengan akun Google dengan mudah tanpa perlu ribet. Dengan mengetahui cara di atas tak perlu lagi khawatir jika smartphone terjadi bug dan aplikasi game teruninstall. Tinggal cek saja akses datanya dengan cara-cara di atas, selama data tersimpan pada akun Google dapat dipastikan aman.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *