Perbedaan Jam Tangan Rolex Asli dan Palsu. Rolex merupakan salah satu pembuat jam tangan mewah terbaik dunia yang berasal dari Swiss. Jam tangan Rolex asli mempunyai aspek keindahan dan fungsionalitas yang tinggi. Meskipun terkenal sebagai jam dengan harga yang mahal, namun jam Rolex tidak menjadi simbol status seseorang. Tetapi Rolex menjadi bagian penting dalam sejarah perfilman.

Contohnya saja salam film James Bond. Jam tangan Rolex asli membantu tokoh utama dalam menyelesaikan misi pengintaian. Sean Connery, pemeran James Bond mengenalan Rolex Submariner 6358 untuk melacak Dr. No. Film ini diproduksi tahun 1962.

Inilah sebabnya, mengapa beberapa orang mempercayai bahwa jam tangan Rolex hanya dibuat khusus untuk orang-orang dengan kelas tertentu. Tahukah Anda berapa harga jam tangan rolex asli di indonesia? Jam tangan Rolex harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Nah, sebelum Anda membeli jam tangan rolex asli, Anda harus mengetahui terlebih dahulu perbedaan jam tangan Rolex asli dan palsu.

Kelebihan Jam Tangan Rolex

Sebelum membahas tentang perbedaan jam tangan Rolex asli dan palsu, tentu saja Anda harus mengetahui apa saja kelebihan jam tangan Rolex bila kita bandingkan jam tangan lain. Berikut ini beberapa kelebihan jam tangan Rolex yang wajib Anda ketahui:

Jam Dibuat dengan Mesin yang Mahal dan Rumit

Mesin dengan teknologi tinggi merupakan aspek penting dalam pembuatan jam tangan Rolex. Kelebihan mesin tersebut bisa Anda lihat dari kualitas stainless steel yang ada pada Rolex. Jam tangan brand lain biasanya menggunakan jenis 316L. Namun, Rolex sudah menggunakan jenis 904L yang kualitas durablenya lebih baik.

Baca juga: 8 Brand Terkenal di Dunia Tahun 2022

Punya Lab Sendiri

Rolex punya departemen Research and Development center secara independent yang bertugas menjaga kualitas dari produknya. Selain itu, Lab milik Rolex sudah memiliki mikroskop elektron yang bisa melihat partikel-partikel yang tidak bisa Anda lihat dengan mata telanjang.

Komponen Rolex Dirakit Manual

Komponen jam tangan Rolex dirakit secara manual, yaitu pada bagian mesin jam tangannya. Selain itu, mereka juga menggunakan mesin untuk membantu beberapa proses assembling. Namun, sebagian besar prosesnya didominasi dengan proses handmade.

Menggunakan Emas Buatan Pabrinya Sendiri

Rolex merupakan satu-satunya perusahaan jam tangan yang menggunakan emas produksi dari mereka sendiri. Artinya, Rolex mengawasi semua proses pembuatan jam tangan secara independent.

Sistem Keamanan Rolex Sangat Ketat

Perusahaan Rolex sudah menggunakan sistem keamanan dengan pintu vault dan iris-scan layaknya bank. Sehingga akan sangat sulit untuk membobol perusahaan ini.

Perhiasan Jam Tangan Rolex Dirakit Manual

Perhiasan yang berasal dari batu-batuan seperti Ruby, Emerald, dan lainnya pada Rolex dirakit secara manual oleh para geomologist.

Pembuatan Satu Set Jam Tangan Butuh Waktu 1 Tahun

Dibutuhkan waktu kurang lebih satu tahun untuk membuat satu set jam tangan Rolex.

Perbedaan Jam Tangan Rolex Asli dan Palsu

Popularitas jam Tangan Rolex yang tinggi, membuat beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab akhirnya menjual jam tangan palsu. Agar Anda tidak tertipu ketika membeli jam tangan Rolex, Anda harus memperhatikan perbedaan jam tangan Rolex asli dan palsu di bawah ini.

Periksalah Case Back

Penting bagi Anda untuk memeriksa case back untuk membedakan jam tangan Rolex asli dan palsu. Rolex asli memiliki case back yang distingtif dan versi kw selalu gagal menirunya.

Pada case back Rolex palsu biasanya terlihat tidak ada tekstur (sangat halus), ada tulisan, bahkan terbuat dari model clear-case yang menunjukkan mesin bagian dalam. Jika Anda menemukan jam tangan Rolex yang ada tulisannya dan ada see-through case back, sudah pasti jam tangan itu palsu.

Berat dan Kualitas Material Logam Jam Tangan

Perbedaan antara jam tangan Rolex yang asli dan palsu berikutnya adalah pada kualitas materialnya. Sehingga akan mempengaruhi berat jam tangan. Semua Rolex asli terdiri dari material logam berupa stainless steel, platinum, atau emas 18k.

Sedangkan jam tangan versi palus, biasanya menggunakan emas 14k. Sehingga mudah untuk Anda kenali dari tampilan bahan yang hampir serupa dengan logam pada bawah lapisan emasnya.

Periksa Bagian Winding Crown

Anda harus memeriksa bagian winding crown untuk mengetahui perbedaan jam tangan asli dan palsu. Material crown pada Rolex yang asli, akan terlihat sangat berkualitas dan mengilap. Sedangkan material crown pada Rolex palsu, terlihat lebih pudar dan tidak berkilau.

Letak Case Number dan Serial Number

Pada jam tangan Rolex asli, ukiran serial dan case number sangat terlihat jenas dengan huruf yang konsisten. Sedangkan engraved number pada Rolex palsu, biasnaya tidak konsisten dan tampak pudar.

Dengarkan Suaranya

Perbedaan jam tangan Rolex asli dan palsu selanjutnya adalah pada bunyi movement-nya. Rolex asli dilengkapi dengan mesin automatic (kecuali model lama Oysterquartez). Berarti, Anda tidak akan mendengarkan bunyi berdetik dari Rolex asli.

Selain itu, jam tangan Rolex asli juga memiliki movement dengan kualitas tinggi dan putaran hands yang smooth.

Meskipun Anda menemukan jam tangan Rolex palsu juga memiliki automatic movement, tapi pergerakan hands tidak halus seperti versi asli.

Kualitas Lume pada Jam Tangan

Jika Anda berminat untuk membeli jam tangan Rolex dengan fitur Lume, maka kualitas luminous materialnya bisa Anda jadikan indikator untuk membedakan jam asli dan palsu.

Kualitas fitur Lume pada Rolex ori, pasti akan menyala dengan sangat terang ketika Anda ada dalam  tempat gelap. Sedangkan pada jam tangan palsu, fitur ini tidak akan bekerja dengan sempurna.

Harga Jam Tangan Rolex

Jam Tangan Rolex adalah salah satu brand jam tangan yang memiliki harga jual yang sangat tinggi. Untuk itu, banyak orang yang menganggap bahwa harga jam tangan Rolex akan menguras kantong. Lalu, Berapa harga jam tangan rolex asli untuk wanita? Rata-rata, harga jam tangan Rolex untuk wanita dan pria seharga lebih dari Rp150 juta.

Namun, ada tiga model jam tangan Rolex yang memiliki harga terjangkau. Berikut ini tiga model jam tangan Rolex dengan harga yang terjangkau di pasaran.

  1. Rolex Oysterquartz Datejust 17014

Jam tangan ini merupakan salah satu model yang unik dan bersejarah. Jam ini mempunyai movement 5035 calibre. Rolex merancang jam tangan ini agar memenuhi standar tinggi dari pada mesin mekanis kontemporernya. Jam tangan Rolex model ini memiliki harga jual pada kisaran Rp60 juta.

  1. Rolex Air-King 14000M

Jam tangan Rolex model ini lengkap dengan fitur konstruksi stainless steel, tetapi ukurannya kecil. Anda bisa membeli jam tangan Rolex Air-King 14000M seharga Rp68 juta. Jam tangan ini berukuran 34 mm. Bagi Anda yang tidak menyukai jam tangan besar, jam tangan Rolex model ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

  1. Rolex Explorer II 16570

Model jam tangan Rolex yang ketiga adalah Rolex Explorer II 16570. Jam tangan ini bisa Anda beli dengan kisaran harga Rp103 juta. Model jam tangan ini, bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menyukai jam dengan material stainless steel dengan diameter 40 mm.

Baca juga: Fakta Menarik Sepatu Nike Jordan yang Anda Tahu

Kesimpulan

Nah, itulah tadi beberapa perbedaan jam tangan Rolex asli dan palsu yang wajib untuk Anda ketahui sebelum membeli jam tangan tersebut. Perhatikan baik-baik jam yang Anda beli. Jangan sampai Anda tergiur dengan harga murah, tapi jam tangan tersebut palsu. Semoga artikel ini bermanfaat.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *