Tahukah Anda bagaimana caranya sebuah brand bisa mendunia? Brand terkenal di dunia mempunyai sejarah panjang, sampai bisa terkenal ke seluruh penjuru dunia. Anda bisa mencari informasi tentang brand apa saja yang saat ini terkenal dan mencari tahu tips bagaimana cara menjadi pengusaha yang sukses.

Ada banyak brand yang sudah terkenal di dunia, antara lain:

  1. Nike
  2. Louis Vuitton (LV)
  3. GUCCI
  4. Adidas
  5. Chanel
  6. ZARA
  7. UNIQLO
  8. H&M

Brand tersebut sudah memiliki banyak pengguna di seluruh dunia, mulai dari influencer, selebriti, atlet, dan masih banyak lagi. Simak penjelasan lengkap tentang brand terkenal di dunia berikut ini.

Brand terkenal di dunia

Ada banyak brand ke;as dunia yang mencetak cash tiap hari. Siapa saja mereka? Mereka adalah:

Nike

Apa brand terkenal di dunia 2022? Semua orang pasti sudah mengetahui bahwa Nike merupakan salah satu brand terkenal di dunia. Perusahaan yang menjual sepatu, aksesoris, dan pakaian ini, sudah berpuluh-puluh tahun menjadi perusahaan top di dunia.

Philip Knight merupakan pendiri Nike. Ia mulai membuat produk Nike pada tahun 1964. Nike mulai sukses pada tahun 1971 karena produk sepak bola miliknya yang banyak disukai oleh semua orang di dunia.

Brand terkenal di dunia ini terkenal dengan slogannya yaitu “Just Do It” dengan logo yang simple dan mudah untuk diingat. Bagaimana logo brand terkenal di dunia? Logo Nike yaitu swoosh, sudah melekat dan dikenal banyak orang. Sampai saat ini, Nike telah menjadi pelopor pakaian olahraga yang sudah terkenal di dunia dan banyak digunakan oleh artis, atlet, hingga influencer.

Baca juga: Brand Lokal Indonesia yang Mendunia. Apa Saja?

Louis Vuitton

Brand terkenal di dunia selanjutnya yaitu Louis Vuitton (LV). Brand ini merupakan brand yang sering meluncurkan produk fashion dengan harga yang paling mahal.

LV memiliki ciri khas dengan desain monogram LV dan selalu melekat pada setiap produknya, dari sampul buku hingga produknya yang paling mewah.

Selain itu, LV sering mengadakan kolaborasi dengan desainer atau brand lain dengan hasil yang menakjubkan.

Selain dua brand di atas ada banyak brand terkenal di dunia lainnya, antara lain:

  1. GUCCI

Produk dari brand ini sering digunakan oleh artis-artis terkenal pada berbagai ajang bergengsi di dunia. Tidak heran jika GUCCI menjadi brand fashion terkenal di dunia hingga saat ini.

GUCCI selalu menyediakan produk pakaian dengan kualitas terbaik kepada para konsumennya sejak tahun 1921. Berdasarkan popularitas, saat ini brand GUCCI merupakan brand fashion nomor satu di dunia.

  1. Adidas

Adidas menjadi produk fashion yang mendominasi di dunia olahraga Eropa. Namun di pasar sportswear, Adidas kalah dari Nike.

Brand ini hadir dengan logo tigas baris. Selain itu, Adidas menyuguhkan kualitas yang sangat baik untuk setiap produknya. Produk milik Adidas diantaranya ada aksesoris, alas kaki, dan juga pakaian.

  1. Chanel

Coco Chanel merupakan pendiri Channel pada awal abad ke-19 dan berhasil mengembangkan brand ini sampai seperti sekarang ini. Identitas asli dari brand ini yaitu gaun wanita dengan desain yang timeless atau tidak termakan oleh zaman.

Selain gaun wanita, perusahaan Chanel juga membuat produk seperti tas kulit, parfum, dan alat memancing dengan harga belasan ribu USD.

  1. ZARA

Apa fashion brand terkenal di dunia? Brand terkenal di dunia berikutnya adalah ZARA. Brand ini selalu mengeluarkan koleksi terbarunya setiap minggu. Maka dari itu, Anda jangan heran jika barang-barang yang terpajang selalu berganti setiap minggu.

Sebagian besar produk dari ZARA dijual dengan jumlah yang sedikit. Inilah hal yang menarik para pelanggan untuk berbelanja, sehingga nilai eksklusivitas semakin meningkat.

Menariknya, toko pakaian yang berasal dari Spanyol ini sudah ada di 98 negara di dunia lho, termasuk Indonesia.

  1. UNIQLO

UNIQLO merupakan salah satu brand terkenal di dunia yang berasal dari Jepang. Brand ini terkenal namun memiliki harga yang cukup terjangkau.

Pada tahun 2018 lalu, UNIQLO menduduki urutan ketiga di dunia dengan penjualan tertinggi mencapai 19,6 miliar USD.

  1. H&M

Nama H&M berasal dari pendirinya yang bernama Hennes dan Mauritz. Brand Hennes dan Mauritz berkoalisi sehingga menghasilkan brand H&M pada tahun 1968 dan dipakai sampai saat ini.

Anaknya, Stefan Persson kemudian melanjutkan bisnis dan membangun brand H&M menjadi merek terkenal di dunia. Pada tahun 2020, kekayaan bersih miliknya mencapai 17,9 miliar USD pada tahun 2020.

Brand Paling Mahal di Dunia

Louis Vuitton (LV)

Sebagian besar orang pasti sudah tidak asing lagi dengan brand terkenal di dunia dan termahal di dunia saat ini. Salah satunya adalah Louis Vuitton(LV). Louis Vuitton merupakan merek yang berasal dari Prancis. Brand ini sudah ada sejak tahun 1854. Pendirinya adalah Louis Vuitton, seorang desainer busana yang terkenal di Prancis.

Dior

Selain Louis Vuitton, Christian Dior juga menjadi salah satu brand fashion yang berasal dari Prancis. Produk brand ini memiliki harga yang fantastis. Dior berdiri pada tahun 1946 oleh Christian Dior. Brand ini menjadi rumah mode yang terkenal di kalangan artis seperti Charlize Theron.

Versace

Versace berdiri pada tahun 1978. Pendirinya yaitu Gianni Versace, meninggal secara tragis. Kemudian adik dari Gianni, Donatella Versace menjadi direktur kreatif perancang busana Versace. Lalu kakaknya, Santo Versace menjadi CEO dari perusahaan Versace.

Chanel

Brand Chanel merupakan brand asal Prancis yang terkenal di dunia. Chanel terkenal dengan desain fashionnya yang berkualitas dan tak lekang oleh zaman sampai saat ini. Perusahaan Chanel berdiri pada tahun 1910 di Paris, Prancis. Gabrielle “Coco” Chanel merupakan pendiri Chanel.

Prada

Brand terkenal di dunia selanjutnya adalah Prada. Brand milik Mario Prada ini berdiri pada tahun 1913. Prada terkenal dengan desainnya yang estetik dan unik. Saat ini, brand Prada dikelola oleh penerusnya yaitu Miuccia Prada, cucu perempuan bungsu Mario.

Yves Saint Laurent

Yves Saint Laurent bersama dengan partnernya, Pierre Berge mendirikan Saint Laurent. Saint Laurenr merupakan rumah mode yang berdiri pada tahun 1961. Kemudian Yves meninggal pada tahun 2008 dan perusahaan tersebut ini menjadi anak perusahaan dari grup Internasional, Kering.

Giorgio Armani

Giorgio Armani dan Sergio Galeotti mendirikam Giorgio Armani pada tahun 1975. Hingga saat ini, brand ini sudah berkembangn dan mempunyai beberapa anak perusahaan seperti Armani Exchange, Armani Jeans, dan lain sebagainya.

Ralph Lauren

Brand Ralph Lauren merupakan salah satu brand termahal di dunia. Brand ini berdiri pada tahun 1967. Pendirinya yaitu Ralph Lauten, seorang prancang busana yang berasal dari Amerika Serikat.

Perusahaan ini memiliki kantor pusat di New York City dan telah memproduksi berbagai macam produk dari kelas atas hingga kelas menengah.

Dolce & Gabbana

Dolce & Gabbana merupakan brand fashion yang berasal dari Italia. Domenico Dolce dan Stefano Gabbana mendirikan perusahaan ini pada tahun 1985. Sampai saat ini brand Dolce & Gabbana telah memproduksi berbagai macam produk seperti parfum, pakaian wanita, perhiasan, dan alas kaki.

Gucci

Gucci merupakan salah satu brand fashion terkenal dan termahal di dunia yang berasal dari Italia. Brand ini berdiri pada tahun 1920. Pendiri Gucci yaitu Guccio Gucci. Saat ini Gucci berada di bawah perusahaan Kering dan telah memproduksi berbagai macam produk seperti sepatu, tas, dan koper.

Brand Indonesia yang Mendunia

Walaupun tingkat ekspor Indonesia masih kalah jauh jika dibandingkan dengan negara lain seperti Jepang dan China. Namun, Indonesia juga memiliki banyak produk berkualitas yang sudah sukses dan berhasil menembus pasar Internasional. Produk-produk tersebut tidak hanya dipasarkan di negara tetangga saja, tetapi sudah menembus berbagai negara di dunia. Bahkan ada belasan pabrik di negara tersebut.

Masyarakat Indonesia semakin mencintai dan mencari produk brand fashion lokal karena kualitasnya yang semakin baik. Selain itu, produk tersebut bisa memenuhi selera pasar Indonesia.

Bahkan ada juga brand fashion lokal Indonesia yang sudah dijadikan sebagai brand kenamaan luar negeri karena kualitasnya yang terbaik. Hal ini tentu saja membuat kita bangga dan semakin semangat untuk mengembangkan produk fashion dari Indonesia.

Lalu, apa brand Indonesia yang sudah mendunia? Simak penjelasannya di bawah ini.

Terry Palmer

Brand terkenal di dunia yang berasal dari Indonesia yang pertama adalah Terry Palmer. Brand ini merupakan merek handuk yang terbuat dari Indonesia. Walaupun Terry Palmer di produksi di Indonesia, namun kualitasnya sudah diakui oleh dunia Internasional. Pada tahun 1988, Terry Palmer sudah tersebar di negara-negara seperti Eropa, Amerika, dan Jepang. Produk ini menjadi brand dengan kualitas terbaik, mewah, dan lembut. PT. Indah Jaya memayungi Brand Terry Palmer.

Edward Forrer

Perusahaan Edward Forrer merupakan perusahaan yang memproduksi tas dan alas kaki yang berasal dari Indonesia. Edward Forrer mendirikan dan mengembangkan perusahaan ini sejak tahun 1989. Semua proses produksi dari brand ini dikerjakan di Indonesia. Sampai saat ini, Edward Forrer sudah memiliki enam toko di Indonesia yaitu di Surabaya, Bandung, Malang, Papua, dan Denpasar.

Edward Forrer atau Edo, memulai usahanya dengan menjual sepatu dari rumah ke rumah. Dia mendesain sendiri produknya dan ternyata banyak orang yang menyukai produk tersebut. Dengan banyaknya permintaan, Edward Forrer tidak lagi berkeliling untuk menjual sepatunya. Edo menggunakan ruang tamu yang ada di rumahnya untuk menjadi tempat kerja dan memajang sepatunya.

Usahanya berkembang hingga sekarang. Saat ini Edo bisa menyewa sebuah toko yang ada di Bandung. Sejak saat itu, usaha sepatunya mulai berkembang pesat sampai sekarang. Kemudian ia menawarkan produknya dengan brand Edward Forrer. Gerai waralaba miliknya saat ini berada di luar negeri, seperti Malaysia, Hawaii, dan Australia.

Eiger

Eiger merupakan brand fashion asli Indonesia yang sangat cocok bagi Anda yang mempunyai hobi berpetualang di alam atau traveling.

Anda pasti tidak menyangka bukan, bahwa Eiger merupakan brand yang berasal dari Indonesia. Brand ini ada dalam naungan PT Eksonindo Multi Product Industry. Branding dari Eiger yang memukau serta menyatu dengan alam, sering membuat banyak orang menyangka bahwa brand ini berasal dari luar negeri. Eiger juga hadir dengan produk yang berkualitas dan bermutu tinggi.

Cotton Ink

Cotton Ink merupakan produk asli Indonesia yang sering orang kira berasal dari luar negeri. Brand ini menjadi brand lokal yang sangat terkenal Indonesia.

Carlin Darjanto dan Ria Sarwono berhasil mendirikan brand ini serta berhasil membuat kombinasi kain tenun khas Indonesia. Selain itu, mereka juga mengkombinasikan kain lainnya agar terlihat kekinian dan tidak hanya terpaku pada model baju yang konservatif.

Kesimpulan

Nah, itulah tadi brand terkenal di dunia. Beberapa brand hadir dengan harganya yang terjangkau dan ada juga brand yang memiliki harga sangat fantastis. Bagi sebuah bisnis, brand adlaah aset yang akan meningkatkan nilai bisnis pada masa yang akan datang. Semoga informasi ini bermanfaat.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *