TRABASAN. Jika berbicara tentang brand atau merek, mungkin kita mengenal banyak brand lokal di sekitar kita. Ada banyak brand yang sudah kita manfaatkan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Banyak yang menggunakan mobil dengan brand Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki dan yang lainnya. itu merupakan brand luar negeri yang sangat populer di Indonesia.

Tahukah anda? Ternyata ada cukup banyak brand lokal yang mendunia lho! Ya, ada banyak merek lokal yang sudah go international dan diterima baik di luar negeri. Apa saja brand-brand lokal tersebut? Mari kita bahas brand-nya berikut ini.

Daftar Brand Lokal Yang Mendunia

Untuk memudahkan pembahasan, kami akan memberikan pembahasan mengenai merek lokal non-fashion maupun fashion. Jika anda penasaran, berikut daftar brand lokal dari Indonesia yang sudah diterima masyarakat Internasional.

Baca juga: 9 Rekomendasi Hoodie Brand Lokal Indonesia

Daftar Brand Lokal Non-Fashion Yang Mendunia

  1. Indomie

Indomie merupakan brand lokal yang cukup populer dan mendunia. Tidak hanya di Indonesia saja, makanan cepat saji ini juga digandrungi oleh masyarakat dunia dari berbagai wilayah.

Merek Mie Instan asli Indonesia ini sudah banyak dikirimkan ke banyak negara, mulai dari Amerika Serikat, Australia, Hongkong, Taiwan, dan beberapa negara lainnya dari Asia, Afrika hingga Eropa.

Hingga saat ini, varian rasa mie instan ini terus bertambah hingga mencapai 30 pilihan rasa. Yang menarik lagi, Mie Instan Indomie sering mendapatkan perhatian, khususnya Youtuber dari berbagai negara. Mereka menjadikan mie ini sebagai objek untuk membuat konten yang menarik di channel mereka.

Itulah mengapa brand Mie lokal ini semakin terkenal dan semakin mendunia. Banyak orang lebih tahu dengan produk mie instan asal Indonesia tersebut.

  1. Polytron

Selain Indomie, merek lokal Indonesia yang mendunia adalah Polytron. Banyak yang menganggap brand satu ini berasal dari negeri Sakura. Ya, Polytron merupakan brand lokal Indonesia yang terkenal dengan produk-produk elektronik yang berkualitas dan harga yang terjangkau.

Perusahaan ini berdiri pada tahun 1975 dan hingga saat ini, telah memproduksi berbagai barang elektronik, seperti TV, kulkas, AC, mesin cuci dan barang elektronik lainnya. produk-produknya tidak hanya terkenal di dalam negeri saja. Namun produknya juga sudah populer di luar negeri seperti Arab Saudi, Thailand, Myanmar dan beberapa negara lainnya.

  1. Tolak Angin

Obat herbal satu ini juga mendunia lho. Setiap badan terasa kurang enak, masyarakat Indonesia selalu mempercayakan pada suplemen herbal ini. Produk herbal ini juga diekspor ke berbagai negara seperti Filipina, Vietnam, Kamboja, Myanmar hingga ke Arab Saudi.

Tolak angin merupakan produk milik PT Sido Muncul yang juga memproduksi berbagai produk kesehatan lainnya.

  1. Eiger

Bagi anda yang suka naik gunung, tentu cukup familiar dengan brand Eiger ini.  Ya, brand ini banyak yang mengira berasal dari luar negeri. Padahal, merek perlengkapan adventure ini merupakan brand asli Indonesia.

Banyak produk Eiger yang sudah mendunia, seperti sarung tangan, tas, topi, tenda dan produk-produk petualang lainnya. Pemerintah Indonesia juga pernah memberikan penghargaan kepada Eiger sebagai salah satu brand yang inovatif.

Produk Eiger ini sudah terkenal dan digunakan di berbagai negara termasuk Jepang, Lebanon, Filipina, dan Malaysia.

  1. Polygon

Selain Eiger, ada merek asli Indonesia lainnya yang sangat populer di negara lain. Ya, brand sepeda Polygon ini banyak dikenal di berbagai negara. Brand yang berdomisili di Sidoarjo Jawa Timur ini sudah memproduksi berbagai jenis sepeda baik Mountain Bike, Road Bike dan lainnya. Produk sepeda Polygon ini sudah dikirim ke berbagai negara.

Kualitas yang ciamik membuat produk sepeda ini diakui masyarakat dunia. Maka tidak mengherankan jika Tim sepeda Downhill dunia, Hutchinson UR pernah menggunakan brand Polygon ini sebagai tunggangannya saat kompetisi.

  1. GT Radial

Bagi anda pemilik mobil atau kendaraan roda empat lainnya, tentu sudah tidak asing lagi dengan ban GT Radial. Ya, banyak yang menganggap bahwa ban ini besutan dari perusahaan luar negeri. Ternyata produk ban ini merupakan produk dari PT. Gajah Tunggal.

Yang lebih membanggakan, produk ban GT Radial ini sudah digunakan di hampir 80 negara, termasuk di Eropa, Amerika, Australia, Selandia Baru dan Timur Tengah.

  1. Silver Queen

Siapa yang tidak tahu dengan makanan coklat satu ini? ya, Silver Queen merupakan produk coklat yang disukai dari anak-anak hingga orang dewasa. Terlebih di kesempatan tertentu, brand cokelat ini laris manis di pasaran.

Meski mempunyai nama yang ke-barat-baratan, brand cokelat ini ternyata produk perusahaan asli Indonesia, PT. Petra Foods. Brand Silver Queen sudah diekspor ke banyak negara, seperti China, Hong Kong, Jepang, Thailand, Filipina dan negara-negara lainnya.

Bahkan, merek cokelat Asli Indonesia ini bersaing dengan produk coklat terbaik dari Amerika Serikat, M&M’S.

  1. CO

Mungkin anda pernah nongkrong di J.CO. Ya, brand cafe dan resto satu ini memang terkenal di berbagai wilayah Indonesia. Banyak yang mengira brand ini berasal dari Amerika Serikat. Padahal, merek ini merupakan brand asli Indonesia yang mendunia.

Outlet J.Co ini sering anda temukan di banyak pusat perbelanjaan di Indonesia. Selain itu, brand ini juga dikenal di berbagai negara tetangga seperti Singapura, Tiongkok, Filipina, dan Malaysia.

  1. Kopiko

Permen Kopiko juga menjadi brand Indonesia yang mendunia. Permen kopi ini tidak hanya terkenal di Indonesia saja, namun juga terkenal di beberapa negara lainnya. Terlebih setelah merek ini muncul di Drama Korea Selatan, Vincenzo. Kopiko menjadi lebih populer dan terkenal di pasar internasional.

Brand permen kopi dari PT Mayora Indah, Tbk itu sudah mengirimkan permen Kopiko ke hampir 80 negara di berbagai belahan dunia, termasuk Jerman, Korea Selatan, Portugal, Australia dan negara-negara lainnya.

Daftar Brand Lokal Fashion yang Mendunia

Selain brand-brand lokal di atas, masih banyak brand asli Indonesia yang sudah mendunia. Nah, berikut ini kami akan memberikan daftar brand lokal Indonesia yang mendunia dalam dunia fashion.

  1. The Executive

Salah satu brand lokal fashion dari Indonesia yang mendunia adalah The Executive. Nama brand-nya memang kebarat-baratan, namun ternyata brand ini berasal dari Bandung Jawa Barat di bawah naungan PT. Delami Garment Industries.

Produk fashion dari The Executive memproduksi produk fashion untuk acara formal. Namun brand tersebut terkadang juga menghadirkan produk-produk fashion untuk acara santai atau casual.

Kualitas produk terbaik dan harga yang terjangkau menjadi daya tarik tersendiri produk ini. Maka tidak mengherankan jika negara-negara luar seperti Malaysia dan negara Asia Tenggara lainnya mempercayakan kebutuhan fashion mereka pada The Executive.

2. Erigo

Brand fashion ini memang sedang naik daun beberapa waktu terakhir. Brand fashion yang awalnya bernama “Selected and Co” ini merupakan produk fashion yang memproduksi berbagai macam pakaian dengan konsep street style dan travelling. Bisa anda lihat, produk-produk dari Erigo ini selalu hadir dengan konsep kekinian.

Brand Erigo sukses dengan produk yang ditargetkan kepada anak muda. Setelah melakukan kampanye produk di luar negeri, seperti Jepang dan Singapura, brand fashion ini semakin dikenal di pasar Internasional.

Bahkan, saat awal 2021, terdapat iklan Erigo di Billboard Time Square New York, Amerika Serikat. Beberapa waktu yang lalu, brand ini juga terlibat dari perhelatan fashion kelas dunia, New York Fashion Week 2022. Selama perhelatan akbar tersebut, Erigo juga membuat pop-up store dan cukup mendapatkan perhatian dari para pengunjung.

3. Major Minor

Selain Erigo, brand fashion lokal lainnya yang mendunia adalah Major Minor. Brand fashion yang didirikan oleh Ari dan Sari Saputra ini mengusung konsep busana minimalis. Namun produk mereka mempunyai keunikan dalam pola potongan busana yang twisted. Pola itu juga sebagai wujud eksistensi produknya di pasar global.

Popularitas brand fashion ini juga semakin dikenal sejak keterlibatan mereka dalam perhelatan akbar fashion, seperti Paris Fashion Week dan Rakuten Fashion Week. Produk-produk fashion dari Major Minor semakin dikenal dan diminati para pecinta fashion dari berbagai belahan dunia.

4. Buttonscarves

Namanya memang menggunakan bahasa Inggris, namun ternyata Buttonscarves ini merupakan brand fashion lokal yang sudah mendunia. Brand tersebut mampu menembus pasar global untuk busana muslim, khususnya hijab dan aksesoris muslimah yang berkualitas.

Merek kenamaan yang dibesut oleh Linda Anggrea ini sudah mulai menawarkan berbagai produk fashion sejak tahun 2016.

Brand fashion muslimah ini pernah melakukan kolaborasi dengan rumah produksi Disney untuk membuat hijab. Produk hijab Buttonscarves ini sudah dipasarkan di beberapa negara seperti Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam.

5. Elhaus

Mungkin anda tidak asing lagi dengan brand Elhaus ini. Ya, brand fashion yang mengusung konsep streetwear ini memang fokus memenuhi kebutuhan fashion untuk pria urban. Selain itu, brand ini juga mengeluarkan berbagai produk fashion lain dan salah satunya adalah luaran baik untuk busana laki-laki maupun perempuan.

Brand yang didirikan oleh Eduardus Radityo dan Raven Navaro ini mengutamakan produk fashion yang premium. Setiap proses pembuatan produk selalu detail dan mendapatkan perhatian khusus.

Media fashion internasional, Hypebeast dan Highsnobiety, pernah mengulas produk fashion dari Elhaus. Maka tidak mengherankan jika produk Elhaus ini laku tidak hanya di pasar nasional namun juga internasional, seperti Thailand, Singapura, Taiwan, hingga Inggris.

6. CAST Eyewear

Selain produk pakaian, brand fashion Indonesia yang mendunia adalah CAST Eyewear. Brand ini menawarkan produk kacamata yang berkualitas internasional. Brand ini juga sudah menunjukkan eksistensinya di pasar global. Karakteristik kacamata Cast Eyewear adalah unik dan juga eksentrik.

Maka tidak heran, jika diva internasional seperti Lady Gaga dan Rihanna pernah menggunakan kacamata dari brand lokal Indonesia ini. kacamata CAST Eyewear pun juga sudah ekspor ke beberapa negara Amerika dan Eropa.

Baca juga: Brand Awareness Adalah, Pengertian, Manfaat dan Cara Membangunnya

Penutup

Itulah 15 brand lokal dari Indonesia yang mendunia. Kita patut bangga karena ternyata produk asli dari perusahaan Indonesia dihargai dan digunakan oleh orang luar negeri. Tentu saja untuk bisa menembus pasar global, kualitas produk pasti terjamin. Ini juga menjadi inspirasi bagi merek lokal lainnya untuk terus menghadirkan produk terbaik dan berkualitas. Dengan produk yang berkualitas dan unik, bukan tidak mungkin merek-merek tersebut akan mudah menembus pasar global.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *