Banyak pengusaha yang tak menyadari pentingnya kesadaran merek. Padahal, kesadaran merek sama artinya costumer kenal dan peduli pada bisnis Anda. Sehingga bisnis Anda akan bertumbuh, semakin kuat dan menggurita. Agar bisnis Anda bertumbuh, maka adan perlu tahu apa manfaat brand awareness untuk bisnis Anda jangka panjang.

Brand awareness yang meningkat akan menumbuhkan citra merek dalam benak konsumen,  meningkatkan penjualan produk dan menguatkan nama bisnis Anda di tengah persaingan (kompetisi) bisnis yang semakin terbuka ini.

Mau tahu apa saja manfaat brand awareness untuk bisnis Anda? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

1. Mengenalkan Produk Kepada Calon Target Market

Manfaat brand awareness yang pertama adalah mengenalkan produk kepada calon target market yang tepat. Setiap hari muncul produk baru dan usaha baru. Tanpa kita sadari, tiap hari juga banyak usaha dan bisnis yang tumbang. Mengapa mereka tumbang dan jatuh? Karena mereka kehilangan pembeli. Bahkan, mayoritas bisnis yang tumbang karena mereka belum mempunyai basis pembeli yang loyal. Sehingga bisnis mereka tak memperoleh sales (penjualan) yang cukup untuk membiayai operasional usaha dan bisnis mereka.

Tahap pertama agar bisnis Anda bisa survive (berjalan) adalah melakukan perkenalan produk dan bisnis. Tentu, Anda perlu mengenalkannya pada target market yang tepat. Pastikan Anda menentukan siapa target market bisnis Anda sebelumya. Sehingga Anda bisa mengedukasi mereka dengan cara yang tepat. Tanpa tahu siapa target market bisnis Anda, maka Anda tak bisa memilih mereka.

Dalam rangka mengenalkan produk kepada calon customer, maka inilah yang perlu Anda lakukan:

  1. Menetapkan target market yang tepat
  2. Di mana mereka berada
  3. Berapa usia mereka
  4. Apa jenis kelamin mereka
  5. Berapa potensi penghasilan mereka
  6. Apa profesi mereka
  7. Ponsel apa yang mereka gunakan

Dalam tahapan ini Anda menggali secara detail dan mendalam terkait dengan target market Anda. Semakin dalam dan tertarget Anda menetapkan target market untuk bisnis Anda, maka Anda semakin mudah untuk menjual pada mereka. Tahu siapa mereka, di mana mereka berada, apa kegemaran mereka, apa pekerjaan mereka akan memudahkan Anda untuk membuat konten yang bermanfaat dan berkualitas untuk mereka. Sehingga mampu menarik mereka untuk datang, melihat dan tertarik untuk membeli produk Anda.

Baca juga: Brand Awareness Adalah, Pengertian, Manfaat dan Cara Membangunnya

2. Meningkatkan Penjualan Produk dan Jasa

Inti dari memulai usaha dan bisnis adalah memperoleh keuntungan (profit). Keuntungan hanya dicetak melalui penjualan. Tak sembarang penjualan, tetapi penjualan cash. Banyak orang yang salah memahami penjualan sebagai pintu gerbang memperoleh penghasilan dan kaya raya. Sehingga banyak dari mereka yang melakukan penjualan secara kredit.

Saat nilai angka penjualan kredit tinggi, maka mereka mulai resah dan gelisah. Mereka mulai merasakan sulitnya menagih piutang dari hasil penjualan kredit. Banyak orang yang sukses melakukan penjualan secara kredit tapi banyak orang yang gagal menarik dan menagih hutangnya.

Maka bagi Anda yang tak punya skill menagih yang bagus, hindari penjualan kredit. Cari cara bagaimana Anda bisa menjual secara cash kepada target market Anda.

Lakukan edukasi produk dengan memberikan diskon. Anda juga bisa memberikan harga coret. Intinya, Anda perlu membuat promosi penjualan yang menarik.

3. Membangun Kedekatan Emosional Dengan Customer

Kata kunci agar Anda bisa memperoleh penjualan yang berlipat-lipat adalah mampu membangun kedekatan emosional dengan customer. Banyak orang yang mampu menghasilkan produk yang berkualitas versi mereka sendiri.

Tetapi ternyata, mereka tak mampu menyelesaikan masalah customer. Mereka berasumsi bahwa produknya akan mampu menyelesaikan masalah customer hingga menjadi solusi terbaik mereka.

Tetapi ternyata asumsi ini salah. Customer tak peduli seberapa bagus produk Anda. Selama produk Anda tak bisa memberikan solusi untuk masalah mereka, maka mereka tak akan peduli.

Apalagi bila mereka harus membayar kepada Anda. Kata kunci membangun brand awareness adalah membangun kedekatan emosi dengan customer.

4. Pemasaran Dari Mulut Ke Mulut WOM (word of mouth)

Salah satu pemasaran terbaik adalah pemasaran dari mulut ke mulut (Mouth of mouth). Pemasaran ini terkenal dengan istilah WOM (word of mouth). Iklan dan promosi dari sebuah produk, banyak orang yang menganggapnya biasa.

Maka, banyak orang yang cenderung menghindar bila ada promosi produk tertentu. Tetapi ternyata, banyak orang yang penasaran bila ada rekomendasi dari sahabat dan temannya.

Misalnya saja, saat ada teman cerita. Kemarin dia tak sengaja mampir ke penjual bakso di pertigaan. Awalnya, dia ragu “Apakah rasanya enak dan mantap”. Ternyata, di luar dugaan. Rasanya mantaap banget”.

Cerita seperti ini membuat orang penasaran untuk mencoba. Suatu saat, mereka pasti mencoba karena mereka nggak mau mati penasaran. Iya, kan?

5. Membangun Loyalitas Konsumen

Puncak dari konsumen terbaik adalah konsumen yang loyal terhadap bisnis Anda. Mereka membeli bukan karena harga tetapi karena kualitas. Contoh kualitas ini tak melulu ada dalam produk saja tetapi pada kualitas yang ada dalam benak konsumen.

Loyalitas terbangun melalui proses panjang. Mulai dari promosi yang menarik, pelayanan yang cepat tanggap dan kualitas yang tak mengecewakan.

Ciri-ciri pelanggan loyal, mereka membeli lebih dari satu kali. Bahkan, mereka membeli berkali-kali. Kunci kesuksesan bisnis Anda jangka panjang adalah memiliki loyalty costumer (konsumen loyal) yang jumlahnya banyak.

Sehingga bisnis Anda berpeluang memperoleh penjualan tanpa melakukan promosi apapun.

Mereka sudah kenal dengan produk Anda, sudah memakai dan mempercayainya. Sehingga saat mereka membutuhkan, mereka akan mencari dan membelinya.

Bagaimana cara membangun loyalitas konsumen. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun ritel konsumen Anda. Di antaranya adalah:

  1. Menciptakan produk yang bermanfaat
  2. Menciptakan produk yang jadi solusi banyak orang
  3. Membangun komunikasi efektif dan efisien
  4. Konten berkualitas
  5. Melakukan edukasi secara rutin
  6. Membuat channel sosial media
  7. dan mengunggah konten berkualitas

Dengan menerapkan beberapa cara di atas, Anda berpeluang memperoleh customer loyal untuk menumbuhkan bisnis Anda jangka panjang.

6. Memperoleh feedback positif dari konsumen

Feedback, testimonial merupakan ungkapan dari konsumen yang sudah mencoba dan merasakan manfaat produk. Mereka memperoleh manfaat langsung dari sebuah produk sehingga dengan senang hati mereka memberikan pujian positif. Testimonial diberikan oleh konsumen tanpa diminta.

Feedback positif dari konsumen sangat bermanfaat bagi sebuah bisnis. Rata-rata orang akan mencari produk yang direkomendasikan oleh orang yang sudah memakainya. Tak banyak orang yang mau mencoba sesuatu yang baru yang belum teruji.

Feedback positif  jadi barometer seberapa besar kualitas produk di mata konsumen. Semakin besar feedback dan testimonial yang masuk dari konsumen menunjukkan seberapa besar manfaat  produk Anda.

Era digital dan sosial media jadi ajang seru untuk membuat testimonial dan feedback. Banyak orang yang memberikan testimonial dan feedback positif melalui sosial media mereka. Bayangkan saja, bila mereka punya ribuan teman.

Tentu ini sangat berarti bagi sebuah brand bisnis. Anda bisa memperoleh testimonial dan feedback positif dari castomer loyal Anda, maka Anda akan segera tumbuh dan mengalami penjualan yang eksponensial.

7. Mudah Memperoleh Karyawan yang  Loyal

Sangat penting bagi sebuah brand bisnis memperoleh karyawan yang berkualitas dan loyal.  Secara tak langsung karyawan adalah aset bagi sebuah bisnis. Tanpa karyawan yang profesional, tentu Anda tak bisa menghasilkan produk yang berkualitas.

Bisnis yang memiliki brand awareness tinggi, tentu mudah memperoleh karyawan loyal. Banyak pengusaha yang tak menyadari pentingnya karyawan loyal ini. Seorang karyawan akan bangga bekerja atau menjadi bagian tim dari bisnis yang mempunyai  nama.

Sebaliknya, mereka akan merasa malu dan gengsi bila bekerja pada usaha atau bisnis yang baru tumbuh dan belum terkenal.

Baca juga: 9 Rekomendasi Hoodie Brand Lokal Indonesia

Penutup

Ada banyak manfaat brand awareness bagi sebuah bisnis. Dalam artikel ini penulis sudah menyajikan beberapa manfaat kesadaran merek bagi sebuah bisnis. Bila Anda tahu aneka manfaat ini, maka Anda akan semangat untuk meningkatkan kesadaran merek ini untuk kesuksesan bisnis Anda.

Brand bisnis Anda kuat dan dikenal oleh masyarakat luas, maka bisnis Anda mudah menjual tanpa iklan. Sehingga mampu menekan biaya iklan sehingga terjadi efisiensi besar-besaran dalam bisnis Anda.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *