Cara Membuat Widget Pinterest Di Blog Blogspot

Bukan hanya media sosial seperti Facebook dan Instagram saja, sekarang ini sudah ada Pinterest yang bisa Anda gunakan untuk mendukung kegiatan promosi bisnis Anda. Dengan Pinterest, Anda bisa menggiring orang-orang mengunjungi blog Anda melalui gambar, video, dan GIF yang Anda upload di sana. Meskipun Pinterest belum begitu populer seperti media sosial lainnya, namun Pinterest memiliki beberapa manfaat untuk blog. Sayangnya, masih banyak blogger belum tau bagaimana cara membuat widget Pinterest di blog mereka. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai apa itu Pinterest, manfaatnya, dan cara memasang Pinterest pada blog. Yuk, simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Pinterest?

Apa Itu Pinterest?
Apa Itu Pinterest?

Pinterest adalah  Jenis Social Media yang mengutamakan Gambar dan Merupakan  pinboard online di mana Anda bisa menaruh gambar, video, dan GIF kemudian memasukkannya ke dalam beberapa kategori. Sebagai contoh, kategori ‘pemandangan alam’, maka isi dari Pinterest berupa gambar atau video pantai, pegunungan, laut, dan panaroma alam lainnya. Pinterest memiliki beberapa fitur, antara lain :

– Visual Search, Pinterest punya “Lens” yang memungkinkan penggunanya untuk mencari sesuatu dari foto kamera perangkat mereka.
– Browser Extensions, simpan pins yang Anda sukai menggunakan fitur ini.
– Board Setting, fitur satu ini bisa Anda pakai untuk mengatur board berdasarkan abjad, waktu pembuatan, atau Anda dapat mengaturnya sendiri secara manual (drag and drop).
– Group Boards, gunakan fitur ini untuk berkolaborasi dengan pengguna lain.
– Pinterest Analytics, biasanya ada pada Pinterest for Business. Anda bisa menghubungkan akun Pinterest Anda dengan blog Anda dan mulai memantau performa akun menggunakan fitur ini, mencari tau pin terbaik, jumlah berbagi, klik, dan saves, hingga usia pengunjung pun bisa Anda lihat loh.

Baca juga : Cara Membuat Banner Di Blog Blogspot

Dengan adanya fitur-fitur tersebut, masih ragu kah Anda untuk memanfaatkan Pinterest sebagai tempat promosi konten blog Anda? Eits, jangan dulu bilang iya. Baca dulu manfaat Pinterest berikut ini :
1. Pinterest merupakan sumber inspirasi bagi penggunanya dalam membuat konten, baik gambar, video, maupun teks.
2. Anda bisa melakukan promosi sekaligus memperkenalkan produk bisnis Anda melalui fitur board milik Pinterest. Fitur ini memudahkan pengguna Pinterest menemukan produk Anda berdasarkan kategori tertentu. Misalnya, Anda memiliki produk makanan sehat, berarti Anda perlu mengunggah gambar atau video terkait produk Anda pada board “makanan dan kesehatan” atau “life style”.
3. Pinterest juga bisa meningkatkan trafik blog. Anda hanya harus menaruh link blog di halaman profil, atau menautkan akun Pinterest dengan blog Anda. Nantinya Anda dapat menaruh beberapa tautan link dari artikel blog Anda di konten gambar atau video Pinterest Anda.
4. Gunakan keyword yang relevan pada deskripsi konten Pinterest Anda, profil, judul konten, dan alt text. Dengan begitu, akun Pinterest semakin mudah ditemukan oleh pengguna lain.
5. Masukkan hashtag ke dalam pin, board, dan konten Pinterest Anda untuk menjangkau lebih banyak orang.
6. Anda bisa memanfaatkan fitur group boards untuk berinteraksi dan membangun hubungan dengan pengguna Pinterest lainnya atau bahkan para pelanggan Anda.
7. Pantau terus Pinterest Analytics agar Anda selalu bisa membuat pembaruan ide-ide konten yang fresh dan meningkatkan pengalaman pengunjung.

Menarik bukan? Pastikan bahwa link yang mengarah ke blog Anda sudah ada di Pinterest Anda. Siapa tau orang-orang yang baik sengaja ataupun tidak sengaja melihat konten gambar dan video di Pinterest Anda, tertarik untuk mengunjungi blog Anda melalui link tersebut.

Cara Membuat Widget Pinterest Di Blog Blogspot
Setelah membaca pengertian Pinterest dan manfaatnya untuk blog. Bagaiamana? Sudah mantap untuk menaruh widget Pinterest di blog Anda? Bila iya, berikut urutan cara memasangnya :
1. Masuk akun blog Blogspot Anda
2. Pilih menu “Layout” dan “Tambahkan Widget”
3. Kemudian klik “HTML atau JavaScript”
4. Salin code HTML di bawah ini :

<div><p style=’text-align:center’><a href=’Masukkan URL Pinterest Anda’ target=’_blank’>Follow @Undy Gun</a><div id=’pinterest-gallery’></div><script>var thumbnailCount = 6;var username = ‘greyandscout’;</script></p><div class=”clear”/></div>

5. Terkahir klik “Simpan”

Cara Menambah Pin Artikel Dari Blog Ke Pinterest
Supaya lebih maksimal lagi dalam usaha meningkatkan trafik, ketahui juga bagaimana cara menambahkan link artikel dari blog Anda ke akun Pinterest Anda. Simak caranya berikut ini :

  • 1. Buka akun Pinterest Anda
    2. Kemudian klik “Simbol Plus” (+) pada beranda
    3. Pilih “Pin” dan klik “Icon Web”
    4. Masukkan link URL dari artikel yang akan dipin
    5. Klik tombol pencarian dan pilih gambar yang muncul
    6. Setelah itu klik “Next”
    7. Pilih board kategori mana yang akan Anda gunakan, sesuaikan dengan isi artikel.

Sekarang saatnya Anda mempraktekkannya! Itulah pengertian singkat dari Pinterest, fitur-fiturnya, bagaimana cara menambahkan widget Pinterest di blog Blogspot, dan cara menautkan artikel blog Anda ke akun Pinterest Anda. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam memahami pengetahuan terkait Pinterest dengan jelas.

Baca juga : 5 Cara Melihat Close Friend Instagram Orang Lain Dengan Mudah

Originally posted 2022-05-11 17:00:55.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *