Beberapa orang langsung terjun begitu saja ketika memulai bisnis. Mereka tidak mempunyai persiapan terkait dengan usaha yang akan dijalankan. Jadi, mereka mempunyai konsep yang penting jalan dulu saja persiapan bisa dilakukan sambil proses berjalan. Ini bisa menjadi bumerang bagi usaha Anda. Ibarat kata, Anda ingin maju perang namun dengan persiapan yang seadanya. Tentu saja kita akan kalah dalam waktu yang singkat. Begitu juga dengan memulai usaha, ada banyak persiapan.

Nah, sebelum memulai usaha apa yang akan Anda lakukan? Dalam kesempatan ini, kami akan memberikan penjelasan terkait dengan persiapan dan perencanaan usaha agar bisa sukses dan berkembang.

Membulatkan Niat Dan Tekad

Banyak orang yang sebenarnya ingin merintis usaha, namun mereka takut jika bisnis tersebut gagal. Nah, itulah salah satu mental blocking, atau hambatan dari diri sendiri untuk memajukan usaha. Salah satu mengatasinya adalah dengan membulatkan niat dan tekad untuk membuka bisnis.

Dengan tekad yang bulat, Anda akan siap memulai usaha dan menjalankan usaha meskipun ada berbagai halangan menghadang. Memulai bisnis itu bukan perkara yang mudah, apalagi di masa-masa awal di mana Anda baru merintis usaha. Pasti ada saja berbagai hambatan atau masalah yang Anda temui, termasuk masalah finansial, produksi, dan yang lain sebagainya.

Jika Anda tidak mempunyai niat yang kuat serta tekad yang bulat, pasti sudah menyerah sejak awal. Itulah mengapa sebelum memulai usaha Anda harus menyiapkan mental agar bisa fokus dan sukses dengan apa yang Anda kerjakan.

Baca juga: 6 Panduan Bagaimana Cara Memulai Sebuah Ide Atau Gagasan Usaha

Belajar Pada Ahlinya

Belajar Pada Ahlinya
Menemukan Mentor Bisnis 

Sebelum memulai usaha apa yang akan Anda lakukan? Salah satunya adalah dengan memperkaya ilmu dan wawasan kepada ahlinya. Terlebih bagi Anda yang belum sama sekali mempunyai pengalaman atau pengetahuan dalam menjalankan usaha.

Sebagian orang masih bingung bagaimana memulai bisnis itu. Dia mungkin mempunyai kemauan dan tekad untuk memulai usaha. Namun bingung memulainya dari mana. Nah, oleh karena itu, kehadiran seorang mentor sangat penting.

Dengan belajar pada ahlinya, Anda bisa mengetahui peluang bisnis yang Anda jalankan, termasuk target pasar bisnis yang Anda jalankan, berapa harga terbaik untuk dijual di pasaran, hingga cara promosi usaha yang tepat.

Mentor bisnis akan memberikan solusi serta wawasan kepada Anda terkait dengan apa saja yang harus Anda siapkan. Mentor tersebut akan membimbing Anda dalam memulai serta menjalankan usaha.

Untuk mendapatkan mentor tersebut, bisa dari saudara, atau teman yang sudah terjun terlebih dulu dalam dunia bisnis serta mempunyai pengalaman yang kaya. Anda bisa menggali ilmu dari mereka yang sudah kenyang dalam dunia bisnis.

Dengan belajar dari ahlinya ini, berarti Anda sudah sedang membangun relasi bisnis. Mereka tidak hanya berperan sebagai mentor bisnis saja, namun juga bisa menjadi partner usaha. Bisa saja mentor Anda tersebut mempunyai keinginan bergabung dengan bisnis yang Anda jalankan. Jadi, Anda bisa mendapatkan investor untuk tambahan usaha bisnis yang Anda jalankan.

Mengasah Skill Dan Keterampilan Bisnis

Mengasah Skill Dan Keterampilan Bisnis
Mengasah Skill Dan Keterampilan Bisnis

Bagaimana cara mengasah skill dan keterampilan usaha? Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan dan salah satunya adalah dengan mengikuti berbagai seminar bisnis. Dewasa ini, ada banyak seminar bisnis yang bisa Anda pilih baik offline maupun online. Ada seminar bisnis yang berbayar namun banyak juga yang gratis.

Ini menjadi kesempatan emas bagi Anda untuk mendapatkan ilmu baru sekaligus jaringan relasi bisnis. Untuk mendapatkan info terbaru mengenai seminar bisnis ini, cara yang paling mudah adalah dengan bergabung dengan komunitas bisnis yang ada di sekitar Anda.

Umumnya, komunitas bisnis tersebut membagikan berbagai jenis seminar bisnis yang bisa Anda ikuti. Dari seminar tersebut, Anda bisa menggali informasi dan mempelajari pondasi bisnis dari sang ahli secara langsung.

Materi yang ditawarkan dalam seminar bisnisnya meliputi manajemen keuangan, keterampilan, analisa pasar, komunikasi, dan materi bisnis yang lain. Jika Anda undangan seminar bisnis, jangan ragu untuk mengikutinya.

Membangun Visi & Misi Sukses

Membangun Visi & Misi Sukses
Membangun Visi & Misi Sukses

Visi dan misi perusahaan menjadi fondasi sekaligus panduan untuk menjalankan usaha. Dengan kata lain, visi dan misi itu menjadi rujukan bagi perusahaan terkait dengan apa yang ingin dicapai dan bagaimana proses mencapainya.

Perusahaan mau dibawa ke mana, itu berdasarkan pada visi dan misi perusahaan. Jadi, adanya visi dan misi perusahaan ini sangat penting. Visi dan misi juga menjadi pemandu usaha Anda akan tetap pada tujuan awal yakni mendapatkan keuntungan, mempertahankan perusahaan sehingga memberikan manfaat kepada banyak orang.

Membuat Perencanaan Yang Matang

Membuat Perencanaan Yang Matang
Membuat Perencanaan Yang Matang

Selain membangun visi dan misi, sebelum memulai usaha yang harus Anda lakukan adalah membuat perencanaan yang matang. Segala sesuatu itu harus Anda siapkan secara matang agar bisa berjalan dengan lancar dan sukses, termasuk dalam urusan bisnis.

Perencanaan yang matang tersebut akan membantu Anda menjalankan bisnis secara sistematis dan terarah dari tahap rintisan hingga pengembangan usaha. Jadi, Anda sudah mempunyai panduan terkait apa yang harus dilakukan dalam fase-fase tertentu. Tentu saja ini akan membuat Anda menjadi lebih fokus dan mengembangkan usaha.

Perencanaan juga termasuk perencanaan keuangan. Jika memang dana yang Anda siapkan terbatas, Anda bisa mencari dukungan dana dari investor atau bekerja sama dengan lembaga keuangan. Ini bisa membentuk fondasi yang kuat untuk menjalankan bisnis Anda.

Memang benar adanya, dana bukan segalanya dalam bisnis. Namun, pendanaan itu memegang peranan penting dalam perjalanan usaha Anda, apalagi di fase awal memulai usaha. Anda membutuhkan cukup banyak modal untuk menutup semua pengeluaran sebelum usaha yang Anda jalankan tersebut menghasilkan laba.

Untuk itulah perencanaan keuangan itu harus Anda buat. Melalui perencanaan yang baik, Anda bisa menghitung estimasi biaya yang harus Anda keluarkan selama beberapa periode waktu ke depan, seperti biaya sewa ruko, biaya produksi, biaya beli bahan, biaya promosi, gaji pegawai dan yang lainnya.

Setelah Anda menghitung semua estimasi biaya tersebut, maka sekarang Anda bisa menghitung dana awal yang Anda butuhkan. Apakah cukup dengan modal Anda sendiri? Apakah harus mencari dukungan dana dari investor atau lembaga keuangan?

Dengan membuat perencanaan yang matang tersebut, Anda akan lebih siap menjalankan usaha dalam berbagai kondisi. Yang namanya usaha inginnya tetap untung, namun terkadang harus menerima kerugian. Nah, dengan perencanaan yang baik tersebut, maka akan menjaga keuangan perusahaan Anda tetap stabil.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Banyak Orang Takut Memulai Usaha

Penutup

Sebelum memulai usaha apa yang akan Anda lakukan? Poin-poin yang sudah kami sampaikan di atas bisa menjadi tambahan wawasan untuk Anda. Ternyata dalam memulai usaha itu perlu persiapan. Ibarat kita ingin maju perang, maka harus Anda persiapkan secara maksimal dari ide, produk, layanan, penjualan hingga promosinya. Dengan melakukan persiapan tersebut, usaha yang Anda jalankan diharapkan bisa berkembang dan sukses.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *