Teknik penjualan yang dilakukan secara personalisasi door-to-door ini memang memberikan banyak sekali manfaat di dalam bidang bisnis. Bahkan bisa mendapatkan konsumen dengan mudah dan langsung. Lalu, sebenarnya apa tujuan personal selling tersebut?

Sebenarnya Apa Tujuan Personal Selling
Sebenarnya Apa Tujuan Personal Selling

Tujuan Penerapan Teknik Penjualan secara Perorangan

Setiap hal pasti memiliki tujuan maupun fungsi mengapa diciptakan. Tidak terkecuali pada teknik penjualan ini. Penerapan metode ini adalah untuk memaksimalkan setiap proses penjualan atau pemasaran dalam sebuah bisnis. Simaklah beberapa poin berkaitan dengan tujuannya di bawah ini!

Baca Juga : Pengertian Up Selling yang Belum Banyak Orang Paham

1. Memudahkan Pengusaha dalam Mendapatkan Pelanggan Baru

Dengan mengunjungi konsumen secara langsung, Anda bisa merekrut pelanggan baru. Karena akan ada komunikasi langsung terjalin di dalamnya. Proses penawaran barang pun bisa berjalan secara lancar nantinya. Apalagi cara yang diterapkan oleh staf penjualan itu benar.
Menggunakan kata-kata persuasif untuk meyakinkan calon konsumen agar mau melakukan pembelian pada produk. Selain itu, cara ini juga bisa membantu Anda dalam meningkatkan kepercayaan calon pelanggan dengan cara uji coba produk secara langsung.

2. Memperluas Pemasaran

Ketika staf penjualan mengunjungi masyarakat di lingkungan tertentu dan dari pintu ke pintu, konsumen akan mengetahui kekurangan serta kelebihan dari produk tersebut. Manfaat seperti apa yang bisa mereka dapatkan ketika sudah memakai atau menggunakan barang itu.
Jika memberikan pelayanan secara optimal, ramah, dan juga menarik, maka kepuasan dalam diri pelanggan bisa Anda dapatkan. Kalau sudah seperti itu, pastinya konsumen tersebut akan menyebarkan produk tersebut tanpa disuruh karen pelayanan serta kualitasnya pun baik.

3. Membangun Keyakinan Antara Pelanggan dan Perusahaan

Meningkatkan dan membangun keyakinan antara pelanggan dan pihak perusahaan bukanlah hal mudah. Karena, membutuhkan banyak teknik serta aspek pendukung di dalamnya. Jika tidak, kemungkinan kredibilitas perusahaan akan menurun, sehingga nanti tidak akan berkembang pesat.
Menjalin keyakinan bisa terlaksana melalui komunikasi secara langsung. Anda bisa melakukan kunjungan lebih sering kelingkungan konsumen. Selalu aktif melakukan promosi berkaitan dengan produk, misalnya memberikan potongan harga menggunakan ketentuan serta syarat tertentu.

Kelebihan dan Kekurangannya

Setiap hal di dunia pasti memiliki aspek kelebihan dan kekurangannya. Tidak terkecuali pada teknik penjualan ini. Pasti ada beberapa kelemahan maupun kekuatan di dalamnya agar lebih seimbang. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya mengenai hal tersebut!

1. Kelebihan

Pertama, akan dibahas mengenai kelebihannya terlebih dahulu. Untuk memberikan Anda pertimbangan secara matang mengenai teknik penjualan ini. Tujuan personal selling lainnya adalah agar lebih siap dalam menghadapi berbagai kemungkinan hambatan kedepannya.

a. Menjalin Komunikasi secara Langsung

Kelebihan pertama adalah bisa menjalin komunikasi secara langsung dengan pelanggan. Caranya yakni melakukan kunjungan door-to-door atau one-to-one. Memberikan penjelasan dan pengenalan detail mengenai produk yang sedang Anda tawarkan menggunakan kata-kata halus.
Cara ini dapat membantu Anda dalam merekrut calon konsumen baru secara mudah. Membeberkan keuntungan dan kelebihan pada produk. Apa yang akan mereka dapatkan setelah menggunakan atau memakai produk tersebut nantinya dengan harga bersaing.

b. Proses Penjualan Lebih Efektif

Kelebihan selanjutnya yang bisa Anda dapatkan yakni proses penjualan menjadi lebih efektif. Ketika proses penawaran tersebut, pihak staf penjualan akan mengetahui secara langsung reaksi dari konsumen mengenai produk itu.
Selain itu, Anda juga bisa melakukan pengamatan mengenai produk apa yang sedang mereka cari. Kemudian, tawarkan produk yang memiliki fungsi mirip dengan produk yang sedang konsumen butuhkan. Unjuk kelebihan barang tersebut secara mendetail dan jelas.

2. Kekurangan

Selain kelebihan yang bisa Anda dapatkan, sebagai seorang bisnis harus mengetahui juga kekurangan ketika menerapkan beberapa teknik di dalam usahanya. Tujuannya adalah untuk meminimalisir hambatan terjadi cukup besar, sehingga masalah dapat terselesaikan dengan cepat.

Baca Juga : Apa Itu Sales Promotion. Pengertian Macam dan Kelebihannya

a. Sulit Mencari Staf Penjualan

Kekurangan yang pertama adalah Anda akan kesulitan dalam mencari staf penjualan. Staf penjualan haruslah memiliki pengalaman dan penampilan menarik untuk menggaet calon konsumen baru agar mau melakukan pembelian pada produk.
Jika tidak, kemungkinan besar nantinya, teknik tersebut tidak bisa berjalan lancar. Apalagi, sekarang banyak orang yang terlalu malas untuk mengunjungi pelanggan secara langsung. Hal itu terjadi karena adanya kemajuan teknologi sebagai jembatan bagi pelanggan dan perusahaan.

b. Keterbatasan dalam Mengunjungi Pelanggan

Keterbatasan dalam mengunjungi calon pelanggan merupakan salah satu hambatan atau kekurangan dalam menerapkan teknik ini untuk bisnis Anda. Apalagi jika mengirimkan staf penjualan ke tempat yang jauh dan hampir pelosok, sehingga akses transportasi pun kurang.
Belum lagi banyak masyarakat yang terganggu akan kehadiran sales-sales tersebut. Dampaknya adalah nanti tidak ada keuntungan bisa Anda dapatkan, malahan kerugian bisa berangsur-angsur tinggi nantinya.

Itulah informasi berkaitan dengan tujuan personal selling yang sudah jarang terlaksana belakangan ini. Sebenarnya, teknik ini juga bisa terjadi melalui jaringan sosial media. Misalnya, melakukan komunikasi via aplikasi, seperti voice call, video call, dan juga messenger.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *