Speaker Laptop Tidak Bunyi? Berikut Ini Alasan dan Cara Memperbaikinya

Speaker Laptop Tidak Bunyi
Speaker Laptop Tidak Bunyi

Speaker laptop tidak bunyi perlu diketahui dari apa yang menjadi alasan dan cara agar bisa berbunyi lagi. Tahu akan alasan tidak bisa bunyi ini penting untuk mewaspadai hal serupa di kemudian hari. Sementara cara memperbaikinya juga penting sebagai tindakan nyata.

Alasan Kenapa Speaker Laptop Tidak Bunyi

Mengetahui soal alasan sama halnya tentang penyebab. Kali ini yang perlu untuk dipahami perihal tentang penyebab speaker di laptop tidak bisa berbunyi. Padahal kondisi dari tombol on speaker sudah dihidupkan. Hal tadi bisa karena sebab yang akan dijelaskan berikut ini:

1. Adanya Kerusakan di Bagian Speaker

Alasan mengapa speaker tidak bunyi di laptop bisa jadi karena kondisinya sudah mulai rusak. Rusaknya sendiri bisa jadi karena berbagai kemungkinan, salah satu yang dominan adalah usia laptop yang sudah tua sehingga berpengaruh pada optimalisasi speaker.

2. Kabel Putus

Speaker sendiri memiliki kabel yang menjadikan bisa didengar suaranya oleh pendengarnya. Namun kondisi ini tidak bisa lagi ketika kabel di speakernya putus. Agar bisa diketahui alasan lebih lanjut bisa cek kemungkinan lain jika tidak kabel putus.

Baca Juga : 5 Aplikasi untuk Menyadap HP dan Cara Menyadapnya

3. Belum Diinstal Drivernya

Ada sebagian tipe yang mengharuskan speaker bisa berbunyi ketika drivernya sudah terinstall. Sehingga jika belum terinstall besar kemungkinan speaker laptop tidak mau berbunyi. Kondisi ini bisa diketahui jika laptop masih prima tetapi hanya di bagian speaker bermasalah.

4. Permasalahan Teknis

Kemungkinan lain terkait dengan alasan speaker tidak mau bunyi karena ada masalah teknis. Misalnya saja ketika speaker dipasang dengan headset dan dicabut tetapi tidak bisa mendeteksi speakernya. Maka, ini bisa menjadi alasan speaker laptop yang tidak mau bunyi.

Cara Mengatasi Speaker di Laptop yang Tidak Bunyi

Ketika sudah mengetahui beberapa alasan mengapa speaker tidak mau bunyi di laptop, kali ini juga perlu diketahui cara mengatasi jika speaker dalam beberapa keadaan yang sudah dipaparkan tadi. Berikut ini cara yang bisa dilakukan dengan disesuaikan alasan di atas:

1. Perbaikilah di Tukang Servis Laptop

Apabila kemungkinan permasalahan karena kondisi speaker yang rusak karena usia laptop, atau kabelnya putus, tidak ada salahnya untuk mencoba datangi tukang servis laptop. Namun, jika masih bisa diatasi sendiri bisa dicoba terlebih dahulu.
Pastikan sebelum datang ke tukang servis, untuk memeriksa dahulu kemungkinan speaker tidak mau bunyi. Jika ada kerusakan di speaker silakan bisa untuk servis ke ahlinya. Namun, jika permasalahan hanya di teknis benahi saja sendiri. Selain mendapat pengalaman juga menghemat biaya.

2. Install Driver Audio di Laptop

Opsi kedua ketika speaker di laptop tidak mau bunyi karena belum terinstal drivernya. Maka pilih cara yang kedua dengan menginstallnya terlebih dahulu. Caranya bisa dengan dvd laptop yang bawaan atau situs online resmi.
Kemudian jika ternyata sudah install tapi belum bisa, coba lakukan dengan reinstall driver ke versi yang baru. Caranya Buka windows lalu device manager. Cari di pencarian ketika sudah menemukan klik speaker laptop yang terdaftar.
Lalu klik kanan pada speaker dan pilih yang uninstall. Setelah lakukan hal tadi kemudian restart laptop dan cek apakah speaker sudah bunyi atau belum.

3. Periksa Kondisi Default pada Speaker Laptop

Periksa Kondisi pada speaker apakah default atau tidak. Kondisi default akan diatur menyala ketika tidak dipasang oleh perangkat lain seperti headset. Biasanya jika ada perangkat lain tidak mau otomatis nyala. Sehingga perlu dicek jika default non aktif untuk diaktifkan. Caranya dengan setting di control panel.

Pertama bukalah terlebih dahulu control panel pada windows di menu pencarian.
● Pilih menu hardware and sounds.
● Kemudian klik ikon sounds.
● Cek setting default jika off ubah menjadi on.

Demikian penjelasan terkait dengan speaker laptop tidak bunyi dari hal alasan mengapa dan cara memperbaikinya dengan baik. Perhatikan secara seksama sehingga bisa diketahui penyebab dan cara memperbaikinya

Baca Juga : Cara Cepat Download reels Intagram Tanpa Bantuan Aplikasi

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *