Manusia pada dasarnya memiliki 3 modal dalam bekerja, yang mana itu adalah modal fisik, modal sosial dan juga modal spiritual. Nah, modal fisik atau Physical Capital yaitu berupa keterampilan ataupun pengetahuan. Sedangkan modal sosial yaitu rasa kebersamaan dan juga keterikatan emosi. Kemudian untuk modal spiritual yakni kemampuan dalam mengenal diri sebagai hamba Tuhan.

Jadi, untuk bisa mengelola ketiga modal tadi dengan baik maka diperlukan pula tiga jenis kecerdasan, yang mana fungsi dari IQ (kecerdasan intelektual) tentang “apa yang saya pikirkan” sebagai cara untuk mengelola kekayaan fisik ataupun materi, kemudian fungsi EQ (kecerdasan emosional) tentang “apa yang saya rasakan” sebagai cara untuk mengelola kekayaan sosial dan juga fungsi dari SQ (kecerdasan spiritual) tentang “siapa saya” sehingga dapat mengelola kekayaan spiritual. Hal seperti ini dilakukan yaitu agar bisa melahirkan manusia yang mana memiliki kehidupan yang bahagia dan juga penuh makna.

Inilah Alasan Kenapa Harus Ikut Pelatihan ESQ (Emotional and Spiritual Quotient)
Inilah Alasan Kenapa Harus Ikut Pelatihan ESQ (Emotional and Spiritual Quotient)

Oleh karena itu, untuk membangkitkan diri menjadi pribadi yang lebih baik tentunya tidak hanya cukup dengan mengasah potensi IQ (kecerdasan intelektual) saja, melainkan Anda juga perlu untuk mengasah atau mempertajam lagi potensi emosi EQ (kecerdasan emosional) dan juga dilandasi dengan potensi spiritual (SQ). Untuk itu, banyak orang yang berpikir dan bertanya-tanya kenapa harus ikut training ESQ (Emotional and Spiritual Quotient) dan apa alasannya. Nah, mengenai hal ini maka Anda bisa melihatnya disini dengan jelas.

Alasan Utama Mengapa Harus Ikut dan Mengetahui ESQ (Emotional and Spiritual Quotient)

Sebelumnya Anda telah melihat secara singkat bukan mengenai ESQ (Emotional and Spiritual Quotient) ini. Jadi, Training ESQ ini nantinya akan menggunakan pula konsep The ESQ Way 165, yang mana hal ini merupakan salah satu ataupun sebuah metode training yang mana nantinya akan mampu menggabungkan pula tiga potensi dasar manusia yakni IQ (kecerdasan intelektual), EQ (kecerdasan emosional) dan juga SQ (kecerdasan spiritual) sehingga nantinya memberikan pula motivasi intelektual, spiritual dan juga emosional sehingga dengan tujuan untuk meraih kebahagian yang hakiki.

Selain itu, dalam kaitan ESQ (Emotional and Spiritual Quotient)  dengan upaya dalam internalisasi melalui visi, misi dan juga nilai, dimana Training ESQ ini juga mampu untuk menjadikan ketiga hal tersebut menjadi sebuah keyakinan pribadi dan membuat Anda menjadi jauh lebih baik serta memiliki kehidupan yang jauh lebih bermakna. Tak hanya itu saja, dampak bagi individu yaitu menemukan makna bekerja serta termotivasi dengan sebuah alasan spiritual. Sedangkan untuk institusi tempatnya bekerja yaitu dapat meningkatkan lagi produktivitas serta loyalitas para pekerja.

Metode Pelatihan ESQ 

Program pelatihan ESQ (Emotional and Spiritual Quotient) nantinya akan berupa seperti pelatihan ataupun training yang diadakan dengan metode ceramah, berbagi cerita, diskusi interaktif, refleksi diri hingga berbagai macam games yang mana nantinya akan berhubungan juga dengan materi ESQ itu sendiri. Selain itu, pelatihan ataupun training ESQ (Emotional and Spiritual Quotient) ini merupakan sebuah metode pelatihan dengan beberapa kekhususan yang mana hal ini bisa menjadi ciri khas tersendiri, yaitu seperti :

  • Penyampaian materi akan menggunakan pendekatan nilai-nilai spiritual, yang mana berlaku umum untuk semua keyakinan. Tak hanya itu saja, pendekatan seperti ini dinilai sangat efektif sekali dan telah diakui pula oleh sebagai besar alumni yang telah mengikuti pelatihan/training ESQ sehingga saat ini saat ini telah memiliki jumlah melebihi 1 juta orang, baik itu dari dalam negeri hingga mancanegara.
  • Seluruh modul training yang diberikan kepada peserta pelatihan atau training ESQ akan menggunakan 100% modul berlisensi serta bukan hasil duplikasi dari pelatihan lain.
  • Berikutnya mengimplementasikan dengan menggunakan metode Quantum Learning. Jadi, metode seperti ini para peserta akan dapat menggunakan ataupun memakai seluruh inderanya (penglihatan dan pendengaran) dalam menyimak materi-materi pelatihan yang diberikan.

Bagaimana sangat menarik sekali bukan untuk diikuti? Jadi, di dalam pelatihan atau training ESQ (Emotional and Spiritual Quotient) ini akan menggunakan beberapa metode yang menarik seperti games, case study, role play, discussion dan experiential learning sehingga para peserta tidak akan bosan jika mengikuti pelatihan ini dan nantinya Anda juga bisa menemukan pribadi yang lebih baik dan penuh dengan makna.

 

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *