Wajib Tahu Ini Cara Cek Hardisk Laptop Dengan Mudah

Pengecekan hardisk merupakan hal yang perlu dilakukan pengguna laptop. Cara cek hardisk laptop sendiri cukup mudah, baik SSD maupun HDD. Sebagai tempat untuk penyimpanan, hardisk merupakan fitur yang keberadaannya perlu dipertimbangkan sebelum melakukan pembelian. Jadi, bagaimana cara memeriksa hardisk di laptop?

Perbedaan Hardisk SSD dan HDD

Cara cek hardisk laptop masih banyak pengguna laptop belum tahu tentang SSD dan juga HDD pada laptopnya. Solid state drive, disingkat sebagai SSD merupakan perangkat untuk menyimpan data. SSD menggunakan IC yang berperan sebagai memori penyimpanan data, informasi, serta instruksi.

Berbeda dengan SSD, Hard disk drive, disingkat menjadi HDD juga merupakan jenis hardisk. Fungsinya yaitu menyimpan data di laptop. Walaupun kerapkali dianggap sama, sebenarnya ada perbedaan mendasar dari dua tipe hardisk ini, yaitu:

● Dari ukuran serta bentuknya, SSD lebih praktis daripada HDD. Sebab, terjadi penyusutan ukuran yang disesuaikan dengan berkembangnya zaman. Sehingga tidak terlalu besar dan membuat perangkat menjadi berat.
● SSD tidak membutuhkan komponen bergerak selayaknya HDD. Perangkat ini tipis dan sangat ringan.
● Efek yang diakibatkan oleh SSD tidak menghasilkan panas berlebih dibandingkan HDD. SSD juga membutuhkan daya yang relatif kecil, dengan 1 watt sudah mampu beroperasi. Sementara itu HDD membutuhkan hingga 10 watt untuk menjalankannya.

Wajib Tahu Ini Cara Cek Hardisk Laptop Dengan Mudah
Wajib Tahu Ini Cara Cek Hardisk Laptop Dengan Mudah

Baca Juga : 5 Cara Melihat Spek Laptop Lenovo dengan Metode Sederhana

Cara Cek Hardisk Laptop

Meski sebelumnya dijelaskan tentang perbedaan SSD dengan HDD, sebenarnya cara pemeriksaan keduanya sama. Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk melakukan pemeriksaan kapasitas hardisk, yakni seperti berikut:

1. Melakukan Defragment

Cara cek hardisk laptop Defragment merupakan tindakan yang berguna untuk menjaga stabilitas serta kondisi hardisk. Sebab, defragmenter dapat mengakomodasi serta memastikan boot sector yang berperan dalam menemukan error pada hardisk. Berikut cara mengeceknya melalui defragment:

● Nyalakan laptop untuk memeriksa hardisknya.
● Di layar utama, ketuk pada lambang yang berbentuk tombol Windows.
● Ketikkan “Defragment” di kolom pencariannya, lalu klik “Enter” untuk menjalankan perintah.
● Layar akan menunjukkan jenis dari hardisk yang dipasang pada perangkat elektronik, termasuk dengan kondisi terkininya. Jika di bagian “Status” bertuliskan “Ok”, artinya kondisi hardisk masih sehat.
● Hal ini opsional, namun pengguna bisa klik “Optimize” untuk mengoptimalkan fungsinya.

2. Memakai PowerShell

Selain melalui fitur Defragment, pengguna juga bisa mencoba Cara cek hardisk laptop dengan bantuan PowerShell. Ini merupakan fitur Windows yang bertugas membantu pengguna mengontrol serta mengotomatiskan administrasi pada sistem OS. Berikut langkah-langkahnya:

● Pastikan laptop sedang berada pada kondisi menyala.
● Tekan tombol berbentuk Windows bersamaan dengan huruf S pada keyboard laptop.
● Pada kolom pencarian, ketikkan “PowerShell”, kemudian pilih opsi “Windows PowerShell”.
● Ketik “Get Physicaldisk”, selanjutnya pengguna dapat melihat jenis dan informasi seputar hardisk yang dipasang dalam laptopnya. Keterangan ini ada di bawah tulisan “MediaType”.

3. Menggunakan Device Manager

Ada cara lain yang juga berfungsi dengan baik untuk melakukan Cara cek hardisk laptop. Pengguna bisa memanfaatkan fitur bernama Device manager yang ada di perangkat masing-masing, dengan langkah-langkah berikut:

● Aktifkan laptop yang hardisknya hendak diperiksa.
● Bukalah menu “Device manager”. Caranya dengan klik tombol Windows bersama dengan huruf X, lalu pilihlah “Device manager” pada menu yang tersedia.
● Setelah menu tersebut muncul, klik dua kali di “Disk drive”. Pilihlah hardisk yang jenis partisinya ingin diketahui.
● Tekan “Volumes” dan “Populate” untuk melihat informasi lebih rinci terkait hardisk tersebut.

Demikian pembahasan seputar tiga Cara cek hardisk laptop baik jenis SSD maupun HDD. Seiring berkembangnya zaman, mayoritas laptop sudah dibekali dengan SSD sebagai tempat penyimpanannya. Sehingga lebih ringan dan hemat dari segi listrik dan suhu laptop.

Baca Juga : 5 Aplikasi Rekomendasi Pengunduh Status WhatsApp Dijamin Berhasil

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *