Banyak dari Anda yang merasa mengenal diri sendiri ! Apakah hal tersebut benar adanya, apakah Anda tidak pernah merasa kesulitan dalam menghadapi berbagai macam masalah yang dihadapi ! Atau bahkan kebingungan dalam menentukan tujuan hidup. Jika ini terjadi, maka artinya Anda belum mengerti benar diri sendiri. Disinilah Anda perlu mempelajari ESQ, dimana manfaat ESQ yang akan didapat cukup banyak, pastinya membuat hidup Anda jadi lebih baik dari sebelumya.

  1. Membantu menentukan jalan hidup

Manfaat ESQ yang pertama adalah membantu menemukan jalan hidup dengan lebih baik. Anda tentu tahu, bahwa ada banyak sekali pilihan dalam hidup, dan terkadang Anda sendiri kesulitan dalam menemukan salah satu yang tepat.

Manfaat ESQ Untuk Membangun Diri Sendiri Jadi Lebih Baik !
Manfaat ESQ Untuk Membangun Diri Sendiri Jadi Lebih Baik !

Salah satu kunci, agar Anda sukses dalam membuat pilihan adalah dengan mengenal diri sendiri. Awalnya mungkin terdengar mudah, namun disini Anda perlu mengenal dan mempelajari karakter diri sendiri dengan lebih mendalam, seperti hobby, karakter dan yang lainnya. Misalnya saja Anda suka menulis, tidak ada salahnya jika Anda mencari pekerjaan yang berhubungan dengan dunia tulis menulis, seperti penulis artikel, penulis novel, atau yang lainnya.

  1. Modal hidup bermasyarakat

Hidup di masyarakat dengan karakter yang plural, memang tidak mudah. Akibatnya cara bersosialisasi  pada masing-masing orang pun jadi berbeda-beda. Seperti diketahui bersama ESQ sendiri adalah singkatan dari Emotional Spiritual Quotient, yang bertujuan untuk membangun spiritual dan emosi seseorang jadi baik.

Dengan belajar atau bahkan mengikuti training ESQ seperti ini, Anda akan diajak untuk menjadi personal yang baik, dan lebih mampu beradaptasi dengan berbagai karakter sosial yang ada di masyarakat. Anda pun akan diajak untuk berpikir dan melihat berbagai sudut pandang secara lebih bijak. Hasilnya Anda akan lebih diterima, dan mampu menjadi pribadi yang unggul di masyarakat.

  1. Mampu menemukan solusi yang tepat

Tidak banyak orang yang berpikir, bahwa benar atau salah, baik atau buruk sifatnya relatif. Hal ini dipandang dari sudut pandang orang yang melihatnya, dan pengetahuan atau lingkungan orang yang melihatnya. Sudut pandang ini, yang akan membuat Anda nantinya memutuskan sebuah permasalahan.

Untuk membantu Anda, dalam menemukan jawaban dan mampu memutuskan solusi yang tepat maka Anda perlu belajar melihat sebuah permasalahan dari berbagai sudut pandang.

  1. Mengetahui potensi diri

Hal ini masih berkaitan dengan poin yang pertama, dimana Anda diminta untuk mengenal diri sendiri. Dengan mengenal diri sendiri, secara tidak langsung, Anda pun akan mengetahui potensi yang ada di diri sendiri. Ini adalah poin penting untuk meraih kesuksesan dalam hidup.

Tidak banyak orang yang mampu mengenal diri sendiri atau bahkan potensi yang ada di diri sendiri. Ini yang sebaiknya Anda gali dengan baik, agar Anda sukses dengan karir dan masa depan, dengan menggunakan potensi tersebut.

Yang perlu Anda pahami dalam hal ini, walaupun potensi yang dimiliki orang lain terlihat sama, tapi percayalah, bahwa masing-masing orang mempunyai ciri khas atau keunikan yang berbeda-beda. Ini yang nantinya jadi ciri khas dari Anda.

  1. Belajar mencintai diri sendiri, dengan apa adanya

Belajar mencintai diri sendiri, dengan apa adanya, memang tidak mudah. Karena banyak dari Anda, yang merasa bahwa dirinya selalu kurang, dan merasa bahwa orang lain itu sempurna. Hal-hal seperti ini tidak sepenuhnya benar. Diri sendiri adalah yang terbaik untuk diri sendiri. Kekurangan dan kelebihan yang ada pada diri sendiri, hanyalah permainan pikiran belaka.

Yang terbaik adalah belajar mengenal diri sendiri, dan mengendalikan berbagai hal baik yang dirasa positif dan negatif yang ada di diri sendiri. Ini yang akhirnya membuat Anda mampu menerima diri sendiri dengan lebih lapang dada.

Kritikan dan pujian memang mudah dilontarkan orang lain, jika Anda mampu mengungkapkan terima kasih dan selalu bersyukur, maka ini akan memberikan angin sejuk pada tubuh. Hasilnya tubuh akan merasa lebih rileks, dan artinya Anda mampu menerima diri sendiri, apapun keadaannya dengan lebih baik.

Demikianlah ulasan tentang manfaat ESQ yang akan didapat, ketika Anda mempelajari atau bahkan melakukan training ESQ.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *