Cara Mudah Membuat Push Notifications di Blogger

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan satu lagi tutorial Blogger yang lain yaitu Cara Membuat Push Notifications di Blogger. Tetapi, sebelum masuk ke langkah-langkah ppembuatannya, ada baiknya Anda memahami dulu apa itu Push Notifications dan fungsinya.
Push Notifications adalah sebuah notifikasi yang muncul di layar device Anda. Ada 2 jenis Push Notifications, yakni In-App Push Notification dan Web Push Notification. Contoh In-App Push Notification bisa notifikasi dari Instagram yang muncul di layar ponsel Anda. Sementara itu, contoh dari Web Push Notification adalah notifikasi yang muncul dari website browser, bukan dari aplikasi.

Push Notifications
Push Notifications

Nah, kalau yang dipasang di blog-blog termasuk Web Push Notifications. Biasanya notifikasi tersebut diisi sebuah pesan pop up yang akan muncul jika ada orang yang berkunjung ke blog. Web Push Notifications ini sama seperti iklan pop up yang tampil di postingan blog. Kami pernah membahas tutorialnya di sini (link) Tutorial Cara Membuat Kotak Iklan Pop Up Melayang Pada Blog.

Baca Juga : Dedicated Server Adalah Layanan Server Yang Canggih !! Berikut Penjelasan Lengkapnya

Dengan memasang Push Notification di blog tentunya sangat berguna untuk meningkatkan engagement atau keterlibatan para audiens terhadap konten blog yang muncul pada Web Push Notification yang dipasang. Pesan pemberitahuan yang masuk ke browser di komputer/ laptop dan handphone akan mendorong audiens untuk mengklik dan masuk ke situs blog yang bersangkutan. Selain itu, Push Notifications juga memiliki fungsi lain, salah satunya adalah menyampaikan informasi tertentu ke audiens entah berita terbaru, produk populer, diskon, atau pun yang lainnya dengan lebih efektif.
Pada umumnya, blog yang memasang Web Push Notifications kebanyakan merupakan pengguna CMS WordPress. Tapi, Anda tak perlu cemas dulu jika mau memasang Web Push Notifications di blog dengan CMS Blogger. Anda tetap bisa memasangnya menggunakan suatu plugin yang disebut OneSignal. OneSignal adalah salah satu layanan yang memungkinkan notifikasi push dan telah mendukung fitur mereka untuk dipasang di CMS Blogger secara gratis.

Baiklah, sekarang mari kita masuk ke tutorial cara membuat Web Push Notifications di Blogger. Berikut langkah-langkahnya :

1. Kunjungi situs web OneSignal.com. Kemudian klik “Get Started Now”.

2. Selanjutnya, isi Formulir Pendaftaran dan klik “Create Account”. Anda juga bisa masuk dan mendaftar menggunakan akun Google, Facebook, atau pun GitHub.

3. Setelah itu, Anda akan menerima pesan verifikasi akun OneSignal Anda. Silahkan cek email Anda dan lakukan verifikasi akun.

4. Buka kembali situs website OneSignal, lalu pilih “New App/ Website” dan masukkan nama App/ Website Anda.

5. Pilih “Web Push, Next”.

6. Berikutnya di halaman Configure Web Push klik “Wordpress Plugin or Website Builder” dan pilih “Blogger”.

7. Kemudian isi Formulir Blogger Site Setup dan klik “Add A Prompt”.

8. Setelah muncul pop upnya bisa Anda sesuaikan lagi tampilan nya sesuai keinginan Anda.

9. Jika sudah scroll ke bawah dan kilik “Save” dan copy kode script Web Push Notificationnya.

10. Log in ke akun Blogger Anda, lalu pergi ke menu “Tema” dan klik “Edit HTML”.

11. Pastekan kode script yang sebelumnya telah Anda copy.

12. Simpan Tema. Selesai.

Nah, itu dia Cara Membuat Push Notifications di Blogger menggunakan plugin OneSignal. Bagaimana menurut Anda apakah penjelasan cara memasang Push Notification di atas mudah diikuti? Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar. Sekian dan terima kasih.

Baca Juga : 7 Aplikasi Penambah Followers Instagram Gratis Dijamin Ampuh

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *