Tingkatan Processor Laptop Intel dari Celeron Hingga Core X-Series

Pada saat membeli laptop atau PC, processor menjadi salah satu hal yang perlu dipikirkan dengan matang. Hal ini karena processor merupakan komponen penting sebagai otak program yang dijalankan komputer laptop. Oleh karena itu sebaiknya kenali tingkatan processor laptop saat akan memutuskan membelinya agar sesuai dengan kebutuhan.
Intel merupakan salah satu produk processor laptop yang cukup terkenal untuk berbagai laptop. Nah, Intel sendiri memiliki versi processor laptop yang disesuaikan dengan kebutuhannya. Biasanya Pentium dan Celeron ditujukan untuk hal ringan sementara Core i untuk berbagai kegiatan yang lebih berat. Berikut ini tingkatan processor laptop pada intel:

1. Intel Celeron

Versi Intel Celeron ini adalah processor dari Intel yang pertama dan masih digunakan sampai sekarang. Celeron ini ditujukan untuk kebutuhan ringan seperti mengetik atau browsing di internet. Versi Celeron Intel ini memang ditujukan untuk hal yang ringan saja sehingga harganya cukup terjangkau.
Meskipun bisa didapatkan dengan harga murah, processor Intel Celeron juga memiliki varian 2/4 core dengan kecepatan clock mencapai 3.2 Hz. Maka versi Intel Celeron ini juga dapat diandalkan. Selain itu Intel Celeron ini cocok untuk kebutuhan multimedia.

Tingkatan Processor Laptop Intel dari Celeron Hingga Core X-Series
Tingkatan Processor Laptop Intel dari Celeron Hingga Core X-Series

Baca Juga : Cara Melihat History Chat WA Yang Sudah Lama Paling Simpel

2. Intel Pentium

Tak jauh berbeda dengan Intel Celeron, Intel Pentium memiliki target pengguna dengan aktivitas ringan atau standar. Meskipun begitu performa Pentium lebih bagus daripada Intel Celeron. Selain itu, Intel Pentium juga telah menggunakan teknologi audio visual yang lebih bagus. Varian ini sendiri menyediakan 2-4 core yang dapat memiliki kecepatan hingga 3,9 GHz.

3. Intel Core i3

Intel Core i3 melengkapi seri sebelumnya dengan performa yang lebih baik dari hingga mencapai kecepatan clock 4.0 GHz. Selain itu intel Core i3 dapat digunakan untuk aktivitas yang lebih berat berat seperti editing dan gaming. Namun memang akan terasa kurang optimal karena fokusnya bukan untuk hal tersebut.

4. Intel Core i5

Intel Core i5 memiliki fitur unggulan dengan teknologi Turbo Boost. Dengan versi ini dapat memutar video dengan resolusi 4K serta 360 derajat. Selain itu Intel Core i5 diluncurkan dengan 4-6 core yang memiliki kecepatan hingga 4,3 GHz. Pengguna bisa mendapat kinerja maksimal dengan adanya pilihan unlock processor yang dapat diupgrade.

4. Intel Core i7

Tingkatan processor laptop pada intel berikutnya ada Core i7 yang merupakan generasi ke 8 dari produk intel. Versi ini mendukung teknologi Turbo Boost serta Hyper Threading. Adanya teknologi inilah yang bisa membuat resolusi 4K terasa sangat ringan dan tentunya lebih halus.
Versi Intel Core i7 ini memiliki kecepatan 4.5 GHz dengan menyediakan pilihan 4-6 core. Tak hanya itu, Intel Core i7 dapat mengolah video 360 derajat serta mempunyai teknologi Thunderbolt 3. Menariknya lagi varian Intel Core i7 terbaru, pengguna bisa mendapat kualitas grafis Radeon RX Vega M yang sudah terintegrasi.

5. Versi Intel Core X-Series

Versi intel berikutnya ini merupakan processor generasi terbaru yang menempati posisi terbaik diantara versi intel lainnya. Namun versi ini sebenarnya juga termasuk ke varian Intel Core i5, i7, dan i9 tetapi telah memiliki komputasi dan clock speed lebih bagus. Bahkan Intel Core X-Series memiliki 18 core dengan 36 thread.
Demikian ulasan mengenai tingkatan processor laptop dengan versi Intel. Tingkatan processor ini penting untuk diketahui agar pengguna dapat menyesuaikan processor dengan kebutuhan pada penggunaan laptop. Hal ini akan membuat kinerja laptop menjadi lebih maksimal dan awet, serta tidak cepat rusak.

Baca Juga : Apa Itu CMD dan Perintah yang Harus Anda Ketahui

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *