Cara Membuat Widget Kotak Pencarian (Search Box) Google di Blogger

Jika Anda masih bertanya-tanya maksud dari kotak pencarian atau search box Google tapi terpasang di blog, ini jawabannya. Maksud dari kalimat tersebut adalah bila Anda mengetikkan keyword atau kata kunci pada kotak pencarian Google di blog Anda, maka Anda akan secara otomatis diarahkan ke Google tapi untuk hasil pencariannya tidak menampilkan link dari situs lain, melainkan link-link artikel yang berasal dari blog Anda sendiri.

Rasanya semua blog pasti memiliki kotak pencarian tapi faktanya masih banyak yang belum menerapkan trik ini pada search box blog mereka atau mungkin malah mereka menganggap hal ini tidak perlu dan kurang penting. Memang tidak ada fungsi khusus saat Anda membuat kotak pencarian Google di blog Anda, hanya saja ini akan menjadikan blog Anda tampil sedikit berbeda dan canggih dari situs blog lainnya.

Paling bagi blog yang telah berhasil menembus adsense (iklan), search box Google bisa jadi menguntungkan karena banyak referer yang berasal dari Google akan didata otomatis. Selain itu, artikel-artikel yang dibagikan oleh blog Anda bisa semakin meningkat popularitasnya di mata search engine (mesin pencari). Tapi, dengan catatan pengunjung blog Anda yang mencari artikel tersebut melalui kotak pencarian Google yang terpasang di blog Anda berjumlah besar.

ara membuat kotak pencarian (search box) Google
ara membuat kotak pencarian (search box) Google

Bayangkan saja untuk gambaran kecilnya, jika rata-rata pengunjung blog Anda dalam sehari bisa mencapai 500 pengunjung dan 200 diantaranya melakukan pencarian di search box Google yang Anda buat, bisa dipastikan selain view postingan artikel blog Anda terus bertambah, situs blog Anda juga dapat terus bertahan di posisi teratas hasil pencarian Google. Hal ini amat sangat baik dan memberikan dampak positif untuk kelangsungan blog Anda di masa depan.
Baik, setelah memahami perbedaan kotak pencarian biasa dan Google, fungsi, serta manfaatnya, sekarang saatnya masuk ke langkah cara membuat kotak pencarian (search box) Google.

Baca Juga : 7 Aplikasi untuk Mengetahui Stalker Instagram Gratis

Sedikit catatan, jika Anda perhatikan bila Anda mengetikkan kata kunci pada kotak pencarian biasa, maka secara otomatis akan menampilkan hasil query yang relevan terhadap kata kunci tersebut dan ditampilkan langsung di blog blogger. Nah, untuk tutorial kali ini kotak pencarian yang dimaksud adalah jika Anda memasukkan kata kunci, maka Anda akan langsung tertuju pada dashboard Google dengan menyertakan link konten artikel yang Anda punya.
Langsung saja, mari simak urutan langkah cara membuat kotak pencarian (search box) Google yang mengarah ke Google berikut ini :

1. Pertama, silahkan buka akun blogger Anda.

2. Masuk ke menu “Tata Letak” atau “Layout”.

3. Klik “Tambahkan Gadget” atau “Add Gadget”.

4. Pilih “HTML/ JavaScript” lalu masukkan script code di bawah ini :
<style>
.search-input input, .search input {
width: 94.7%;
padding: 11px 0 12px 1em;
color: #333;
outline: none;
height: 20px;
-webkit-border-radius: 5px;
-moz-border-radius: 5px;
border-radius: 5px;
background-color: #fff;
overflow: hidden;
}
</style>
<form action=”https://www.google.com/search” id=”searchform” method=”get” target=”_top”>
<div class=”search-input”>
<input aria-label=”Search new article…” autocomplete=”off” name=”q” placeholder=”Search new article…” required=”required” value=”” />
<input name=”as_sitesearch” type=”hidden” value=”https://belajar-buat-kotak-pencarian.com/” />
</div>
</form>
Keterangan :
1. Ganti alamat URL blog https://belajar-buat-kotak-pencarian.com/ dengan alamat URL blog milik Anda.
2. Ganti tulisan “Search new article..” pada kode placeholder=”Search new article…” dengan teks yang kalian inginkan.

5. Setelah itu, simpan dan cek hasilnya.

Demikianlah tutorial cara membuat kotak pencarian (search box) Google yang bisa mengarah langsung ke panel Google. Semoga tutorial di atas dapat membantu Anda dan terima kasih.

Baca Juga : 7 Cara Mengatasi Playstore Error dengan Cepat dan Mudah

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *