Apakah Anda sudah sering memposting konten di blog Anda, tetapi pengunjung blog masih sepi? Sebenarnya membuat konten setiap hari adalah cara yang tepat. Namun, tahukah Anda bahwa banyak blogger yang masih sibuk meski hanya memposting seminggu sekali? Ya, ini bisa terjadi pada blog Anda jika Anda menggunakan metode yang tepat untuk meningkatkan pengunjung blog.

Sebagai seorang blogger, memiliki pengunjung blog yang ramai adalah impian Anda bukan? Membuat konten harian memang benar-benar salah satu cara untuk meningkatkan lalu lintas blog. Namun, Anda juga harus melakukan cara lain untuk meningkatkan pengunjung blog Anda secara organik. Lantas, bagaimana cara meningkatkan pengunjung blog? Nah untuk itu yuk simak pembahasan berikut ini.

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Meski Jarang Posting

Dapat dikatakan bahwa jika Anda ingin meningkatkan jumlah pengunjung dan bertahan di blog Anda, Anda harus terlebih dahulu membuat konten yang bagus dan relevan. Nah, berikut ini adalah cara meningkatkan pengunjung blog Anda.

Artikel yang Relevan dengan Blog Niche Anda

Cara pertama untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog Anda adalah dengan membuat artikel yang relevan dengan niche Anda. Bagaimana itu? Intinya adalah Anda harus membuat artikel sesuai dengan niche blog Anda.

Tidak masalah jika Anda membuat artikel dengan tema berbeda seperti kesehatan, bisnis, dan olahraga jika niche blog Anda seperti itu. Namun, pastikan Anda membuat konten secara konsisten sesuai dengan niche blog Anda. Pembaca akan lebih percaya pada blog Anda yang secara konsisten membahas tema tertentu sesuai niche blog Anda sebagai sumber informasi.

Tingkatkan Pengunjung Blog dengan Konten Evergreen

Selain membuat artikel yang relevan dengan niche blog Anda, cara selanjutnya Anda juga bisa membuat konten atau artikel evergreen untuk meningkatkan pengunjung blog Anda. Apa itu konten evergreen? Singkatnya, evergreen content adalah konten atau artikel yang bersifat abadi atau tidak dibatasi oleh waktu.

Tidak seperti konten trending yang membahas berita atau topik terpanas, konten evergreen akan membahas apa yang akan dicari pembaca Anda. Umumnya, topik konten evergreen berisi artikel tentang tips, definisi, tutorial, dan lainnya. Pembaca akan terus membaca artikel Anda bahkan setelah bertahun-tahun karena kebutuhan.

Buat Artikel Trending dengan Newsjacking

Membuat artikel yang sedang tren adalah cara yang bagus untuk meningkatkan lalu lintas blog. Tapi, bayangkan jika seluruh blog membahas topik hangat ini. Tidak dapat dipungkiri bahwa blog Anda akan tenggelam di tengah berbagai blog yang muncul. Untuk mengatasi hal tersebut, ada cara lain untuk meningkatkan pengunjung blog melalui artikel yang sedang trending.

Promosi

Kesalahan utama yang dilakukan blogger dengan trafik yang lebih sedikit adalah tidak melakukan promosi. Padahal, salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan pengunjung blog adalah dengan melakukan promosi. Tanpa promosi, orang tidak akan pernah tahu bahwa Anda membuat konten di blog Anda. Dengan kata lain, pembeli tidak akan tahu apa yang Anda jual jika Anda tidak memberi tahu mereka.

Anda dapat mempromosikan blog Anda di berbagai media, misalnya media sosial. Hampir semua orang saat ini menggunakan media sosial seperti Facebook dan Instagram. Tentunya Anda akan mendapatkan lebih banyak pembaca jika Anda berpromosi melalui media sosial. Nah, untuk itu Anda perlu mengetahui cara berpromosi yang tepat melalui media sosial.

Baca Juga : Cara Membuat Daftar Isi Blog Dengan Filter Pencarian

Perbarui Konten Lama

Anda tidak perlu membuat konten atau artikel setiap hari untuk meningkatkan traffic blog Anda. Salah satu cara untuk meningkatkan pengunjung blog Anda adalah dengan memperbarui konten lama di blog Anda. Cara ini juga berfungsi jika Anda kehabisan ide untuk konten blog Anda.

Perbarui atau update konten lama dengan menambahkan beberapa informasi untuk melengkapi konten. Selain itu, Anda juga dapat memperbarui judul konten agar lebih menarik dan mudah dibaca oleh Google. Untuk itu, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu dari berbagai sumber atau blog lain.

Terapkan SEO ke setiap Konten

Cara selanjutnya untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog adalah dengan menggunakan teknik SEO untuk setiap konten di blog Anda. SEO atau Search Engine Optimization adalah cara paling ampuh untuk meningkatkan jumlah pengunjung dari internet. Secara teknis, SEO adalah upaya untuk meningkatkan peringkat situs web untuk meningkatkan lalu lintas situs web.

Untuk menerapkan metode ini, Anda perlu meneliti kata kunci relevan yang sering dicari pembaca untuk digunakan dalam judul dan isi artikel. Dengan menerapkan teknik SEO pada setiap konten Anda, Google atau mesin pencari lainnya akan melihat bahwa konten Anda relevan dengan apa yang dicari pembaca Anda.

Isi Artikel Blog Lengkap

Selanjutnya cara meningkatkan pengunjung blog yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat artikel dengan konten yang lengkap. Pembaca lebih suka untuk membaca artikel dengan informasi atau penjelasan yang lengkap. Tidak hanya itu, hal yang terpenting dalam membuat sebuah artikel dengan konten lengkap adalah disukai oleh Google.

Artikel yang lengkap dan kaya akan informasi dan penjelasan dapat dianggap oleh Google sebagai artikel yang bagus. Jadi, artikel Anda nantinya bisa naik ke halaman pertama hasil pencarian. Untuk melakukan ini, cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan melakukan riset dan membuat kerangka artikel terlebih dahulu dimulai dengan pendahuluan, isi, dan kesimpulan.

Judul yang menarik

Nah, setelah membuat artikel dengan topik yang tepat, cara meningkatkan traffic blog selanjutnya adalah dengan membuat judul yang menarik. Judul merupakan komponen penting dari sebuah konten karena hal pertama yang dilihat pembaca di Google adalah judul artikel. Oleh karena itu, tanpa judul yang menarik kecil kemungkinannya pembaca akan datang.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *