Cara mengatasi error 404 – Internet sekarang menjadi jendela informasi yang luas tanpa batasan apa pun. Misalnya Anda membutuhkan informasi tentang ‘harga domain .com’, jadi Anda tinggal mengetikkannya di kolom pencarian Google, akan muncul berbagai blog yang memberikan informasi tentang harga domain tersebut.

Namun terkadang ditemukan di beberapa blog menampilkan error 404 not found. Error 404: Not Found merupakan salah satu error yang paling sering dikeluhkan oleh pemilik website. Munculnya error ini tentu mengganggu karena dapat merusak pengalaman pengunjung website Anda.

Kabar baiknya adalah Anda bisa dengan mudah untuk memperbaiki error 404. Pada artikel ini, kami akan memandu Anda melalui cara mengatasi error 404 sepenuhnya.Namun pertama-tama kita akan membahas apa itu error 404 dan apa saja faktor penyebabnya.

Apa Itu Error 404?

Error 404 adalah peringatan yang muncul ketika browser Anda tidak dapat menemukan halaman atau file yang sedang Anda akses. Ada kemungkinan konten yang Anda akses telah hilang, diubah, atau rusak. Error 404 terjadi karena ketika Anda mengakses suatu halaman tetapi browser tidak dapat menemukan halaman yang Anda cari.

Pesan kesalahan yang ditampilkan berbeda tergantung pada browser web yang Anda gunakan. Contoh seperti di bawah ini:

  • Chrome : 404, That’s error
  • Firefox : 404 Not Found
  • Opera : 404 Not Found
  • Safari : 404 error: File not found

Pada dasarnya semua sama, yaitu error 404. Error ini terjadi terutama karena masalah pada script blog dan bisa jadi masalahnya berasal dari server hosting yang Anda gunakan.

Penyebab Error 404 Not Found

Berikut adalah penyebab error 404 yang sering ditemukan:

URL yang dimasukkan salah

Penyebab kesalahan 404 pertama cukup sederhana – salah ketik saat menulis URL. Misalnya, Anda harus mengetik www.trabasan.com untuk mengakses situs resmi trabasan. Namun, Anda menulis www.trabasannn.com sebagai gantinya.

Kesalahan cache

Masalah dengan caching juga dapat menyebabkan kesalahan ini muncul. Jika browser Anda tidak dapat menemukan file cache situs web, kesalahan 404 akan ditampilkan.

Plugin atau tema bermasalah

Plugin atau tema yang bermasalah dapat menyebabkan kesalahan 404 muncul. Dalam beberapa kasus, plugin atau tema yang bermasalah memengaruhi tautan URL situs web Anda. Jika ini terjadi, Anda mungkin melihat kesalahan ini

Masalah dengan pengaturan DNS

Faktor lain yang dapat menyebabkan kesalahan 404 muncul adalah masalah dengan domain Anda tidak menyebar ke Domain Name System (DNS) Anda. Akibatnya muncul ketika Anda masuk ke situs web.

Cara Mengatasi Error 404 Pada Website WordPress

Sebelum Anda mengatsi error tersebut ada baiknya jika anda cadangkan data Anda terlebih dahulu setiap kali Anda ingin melakukan perubahan pada situs web. Ini akan membantu menghindari masalah lebih buruk yang tidak kita inginkan. Berikut merupakan cara mengatasi error 404 pada wordpress.

Refresh halaman

Terkadang kesalahan ini tidak ditemukan atau situs tidak dapat dijangkau dapat hilang dengan sendirinya. Hal ini bisa terjadi jika sumber masalah berasal dari layanan hosting yang Anda gunakan. Untuk itu, sebelum mencoba cara lainnya, pastikan Anda telah merefresh website beberapa kali sebelumnya.

Periksa penulisan alamat URL

Ingat penyebab pertama error 404 yang dijelaskan tadi? Ya, error not found ini terkadang disebabkan oleh masalah sepele seperti salah ketik pada URL.

Untuk itu, cara termudah dan tercepat adalah dengan selalu memeriksa apakah URL di address bar sudah benar atau tidak. Pastikan tidak ada karakter tambahan, huruf yang hilang, atau kesalahan tanda baca yang dimasukkan saat titik menjadi koma.

Periksa koneksi yang rusak secara berkala

Tautan mati atau tautan rusak dapat menjadi penyebab kesalahan 404 tidak ditemukan. Ini karena tautan tidak lagi berfungsi seperti yang diharapkan, perubahan alamat, atau masalah lain telah terjadi.

Oleh karena itu, untuk mencegah munculnya halaman 404 yang mungkin tidak langsung terdeteksi, penting untuk secara teratur memeriksa situs web Anda untuk tautan yang rusak.Setelah Anda menemukan tautan yang rusak, segera perbaiki.

Bersihkan cache dan history browser

Karena caching berpotensi menjadi salah satu penyebab masalah 404, ada baiknya mencoba menghapus cache dan riwayat browser Anda. Trik ini dapat membantu browser Anda mengunduh data situs web terbaru yang diperbarui.

Untuk pengguna Google Chrome, Anda dapat menghapus cache dan riwayat browser dengan cara berikut:

Buka menu Pengaturan, lalu klik Riwayat atau gunakan menu cepat Ctrl + H

  • Klik opsi Hapus Data Penjelajahan
  • Pilih interval waktu untuk penghapusan data
  • Periksa opsi Riwayat Browser dan Gambar dan File yang Di-cache
  • Selesaikan dengan menekan tombol Hapus Data

Harap refresh laman atau coba akses kembali URL tujuan.

Reset struktur permalink

Salah satu faktor yang sering memicu error not found ini adalah cara WordPress menampilkan permalinks. Ada berbagai pilihan untuk melihat permalink. Dari permalink bernomor hingga permalink judul posting.

Jika Anda menduga permalink memicu kesalahan, coba atur ulang permalink. Anda dapat melakukan ini dengan masuk ke dasbor admin WordPress Anda, lalu pergi ke Pengaturan> Permalinks. Setelah terbuka, kembalikan dulu Permalink ke pengaturan Plain Permalink-nya.

Ini untuk sementara akan mengatur ulang tautan permanen ke pengaturan Biasa default dan halaman pengaturan akan dimuat ulang. Setelah itu, kembalikan pengaturan berdasarkan struktur permalink sebelumnya dan simpan. Dan Anda telah berhasil memulihkan struktur permalink situs Anda.

Coba refresh halaman yang awalnya salah untuk melihat apakah kami dapat mengaksesnya kembali secara normal.

Perbaikan file .htaccess

Ada kalanya error 404 menyebabkan Anda kehilangan akses ke dashboard WordPress Anda. Jika ini terjadi, berarti permalink tidak dapat dipulihkan dari dasbor.

Jangan khawatir, Anda dapat mereset permalink melalui file .htaccess. Berikut langkah-langkahnya:

  • Masuk ke cPanel hosting Anda dan pilih Manajer File
  • Buka public_html atau buka folder root untuk situs web subdomain
  • Temukan file .htaccess dan unduh terlebih dahulu untuk berjaga-jaga
  • Setelah diunduh, pulihkan file default dengan mengedit isi file sebagai berikut dan simpan:

# BEGIN WordPress

<IfModule mod_rewrite.c>

RewriteEngine On

RewriteBase /

RewriteRule ^index\.php$ – [L]

RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f

RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d

RewriteRule . /index.php [L]

</IfModule>

# END WordPress

Setelah itu, coba perbarui situs web Anda dan periksa apakah Anda dapat mengaksesnya kembali secara normal.

Baca Juga : Solusi Untuk Mengatasi HTTP Error 500 Pada Website

Nonaktifkan tema dan plugin

Jika Anda sudah mencoba berbagai solusi di atas tetapi masih saja error, maka kemungkinan besar ada masalah dengan plugin dan theme yang mempengaruhi struktur URL website. Oleh karena itu, Anda perlu mencari tahu plugin mana yang menjadi sumber masalahnya.

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka menu Plugin> installed plugin
  • Periksa semua plugin dan pilih deactivate

Jika error 404 hilang seketika, berarti salah satu plugin penyebab error ini.

Jadi, coba aktifkan satu plugin pada satu waktu dan refresh halaman setelah setiap aktivasi, untuk mengetahui plugin mana yang menyebabkan kesalahan. Setelah menemukannya, coba cari tahu masalahnya di plugin.

Jika tidak ada solusi dari plug-in, Anda perlu menghapus plug-in dan mencari alternatif lain.

Tetapi jika masalahnya tidak berasal dari plugin, Anda dapat mencoba beralih ke tema lain. Jika kesalahan tidak muncul, tema adalah penyebab kesalahan. Coba hubungi vendor tema untuk mendapatkan bantuan atau beralih ke tema lain.

Kesimpulan

Kesalahan 404 yang ditemukan sebenarnya adalah kesalahan sederhana di WordPress. Solusinya relatif mudah untuk kita praktikkan. Biasanya, pengguna akan dapat segera memperbaikinya dengan solusi 1 dan 2, jika itu adalah kesalahan pengguna atau server.

Namun jika ternyata ada error pada sisi website, sebaiknya Anda segera mengikuti solusi 3-7. Dengan begitu, pengunjung tetap bisa mengakses website dengan nyaman dan lancar.

Sebagai penutup, berikut adalah ringkasan kecil dari kami dari seluruh artikel ini:

Apa Itu Error 404?

Error 404 Not Found adalah kode peringatan yang muncul ketika browser tidak dapat menemukan halaman atau file yang sedang diakses. Hal ini biasanya terjadi karena akses hilang, telah diubah, atau telah rusak.

Apa Penyebab dari Error 404??

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan error 404, antara lain kesalahan penulisan alamat website, kesalahan caching, kompatibilitas, struktur permalink yang rusak, dan propagasi DNS.

Bagaimana Cara Memperbaiki Error 404?

Menurut cara dalam artikel ini, setidaknya ada 7 cara untuk memperbaiki error 404. Masing-masing akan disesuaikan dengan penyebab kesalahan. Untuk memperbaikinya, Anda dapat refresh halaman, memeriksa ulang alamat login Anda, melewati tautan yang rusak, menghapus cache, memperbaiki struktur tautan permanen, dan banyak cara lainnya.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *