Sepertinya sudah banyak yang tahu bahwa blogspot adalah salah satu platform penyedia akun website gratis terpopuler di kalangan orang-orang yang hobi menulis. Sejak awal, blogspot telah dirancang sebagai tempat bagi mereka yang ingin bebas berbagi apa pun secara online.

Selain blogspot, Anda mungkin juga pernah mendengar layanan blog gratis lainnya seperti WordPress. Lalu apa saja manfaatnya? Daripada penasaran, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini, yuk!

Apa Itu Blogspot?

Blogspot adalah kependekan dari “web-log” yang merupakan media online untuk mengunggah konten berupa tulisan, gambar, video dan lain sebagainya untuk menunjang kebutuhan Anda di berbagai bidang.

Anda bisa membuat berbagai konten menarik untuk Anda unggah ke blogspot Anda, baik itu tentang fashion, gaya hidup, teknologi, atau bahkan penjualan produk. Blog merupakan solusi yang tepat untuk meningkatkan brand awareness produk yang Anda jual.

Sekedar info tambahan saja, Google sudah mengakuisisinya. Jadi ketika Anda ingin membuat blogspot, akun yang digunakan untuk listing blogspot adalah akun Google yang sudah Anda miliki.

Dengan kerjasama dengan Google, kini blog telah dilengkapi dengan fitur Google Adsense yang menyediakan fitur Google Pay per Click, yang artinya Google akan membayar Anda jika ada yang mengklik blog Anda.

Sejarah Blogspot

Blogspot pertama kali muncul pada tanggal 23 Agustus 1999 dengan Pyra Labs sebagai pemilik aslinya. Terkenal dengan domain blogspot.com, media online ini kemudian diakuisisi oleh Google pada Februari 2003, sehingga lebih nyaman digunakan pengguna.

Google telah melakukan berbagai perubahan demi perbaikan dan menjadikan blogspot sebagai salah satu produk andalannya. Platform ini merupakan tempat di mana penulis dapat berbagi ide dengan aplikasi open source.

Sebelumnya, platform ini adalah salah satu alat berbayar yang dipasarkan oleh Pyra Labs, tetapi setelah diakuisisi oleh Google, blog menjadi layanan yang sepenuhnya gratis. Google terus meningkatkan layanan blogging sehingga menjadi seperti sekarang ini.

Pada tahun 2010, Google memperkenalkan beberapa template blogspot baru yang memudahkan pengguna untuk menggunakannya. Kemudian, pada Februari 2013, blogspot mulai mengintegrasikan penggunanya dengan domain berdasarkan negara mereka. Misalnya dari blogspot.com ke blogspot.co.id.

Fungsi Blogspot

Setelah membahas tentang pengertian dan sejarahnya, pasti anda semakin penasaran dengan blogspot yang satu ini bukan? Oleh karena itu, mari kita cari tahu fungsi yang dimiliki platform ini lebih jauh!

Sarana branding

Pertama, fungsinya sebagai sarana branding. Meningkatkan kesadaran merek melalui blogging bisa sangat kuat. Khususnya bagi Anda para pebisnis dan profesional. Pasalnya, semakin sering blog Anda dikunjungi maka perhatian calon konsumen akan semakin besar dan mereka akan mempercayai produk atau karya Anda.

Misalnya, untuk seorang profesional, semakin sering Anda mengunggah artikel menarik, Anda akan semakin dikenal sebagai ahli di bidang yang Anda minati. Jadi, pembaca jangan ragu untuk menggunakan layanan Anda.

Platform ini juga merupakan alat yang tepat bagi para pebisnis. Dengan mengunggah berbagai konten menarik ke blog Anda, produk Anda akan semakin dikenal oleh calon pembeli. Dan jika Anda berhasil memprosesnya dengan benar, mereka akan menjadi pelanggan tetap untuk bisnis Anda.

Portofolio online

Seperti yang dijelaskan di atas, dengan mengunggah berbagai konten dari pengalaman Anda, brand awareness layanan Anda akan meningkat. Artinya fitur pada platform ini bisa Anda manfaatkan sebagai tempat portofolio online layanan Anda.

Portofolio online ini bisa menjadi tempat untuk “menunjukkan” berbagai karya dan proyek yang pernah Anda kerjakan sebelumnya, sehingga calon klien merasa tertarik untuk menggunakan jasa Anda.

Sarana promosi produk dan jasa

Sekitar 70% pembeli potensial lebih suka melihat produk melalui artikel daripada iklan. Karena itulah blogspot menjadi solusi tepat bagi Anda untuk menulis berbagai artikel dan tutorial tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Sarana penerbitan

Keistimewaan lain dari blogspot adalah dapat menjadi sarana untuk mempublikasikan berbagai tulisan atau karya anda, sehingga anda semakin dianggap ahli sebagai profesional di bidang tersebut. Selain itu, bagi anda yang ingin menggunakan blogspot untuk bisnis juga bisa menunjukkan eksistensi bisnis anda sehingga tidak perlu lagi melakukan promosi melalui media yang mahal.

Baca Juga : Apakah Website WordPress Mudah Diretas? Berikut Ulasannya

Cara Membuat Blogspot

Cara membuat blogspot tidak sesulit yang anda pikirkan. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, mulai dari menggunakan ponsel hingga PC. Simak penjelasan berikut ini.

Cara membuat blogspot di PC

Sebelum mengikuti cara membuatnya di PC, pastikan Anda sudah memiliki akun Google agar dapat melanjutkan proses listing blogspot. Jadi, ikuti langkah-langkah ini:

  • Anda bisa memulainya dengan membuka halaman browser di PC atau laptop Anda. Kemudian ketik www.blogger.com pada kolom alamat website yang disediakan.
  • Pastikan halaman blogger.com sudah muncul, lalu Anda bisa klik tombol create your blog dan mari kita mulai membuat blog baru!
  • Anda dapat memasukkan alamat akun Gmail Anda sebagai awalan untuk membuat blog. Secara otomatis, akun ini akan ditautkan ke akun Google Anda.
  • Setelah Anda berhasil login ke akun blogger Anda, Anda akan diberikan arahan untuk mengisi profil blog. Jika Anda tidak ingin mengisinya pada saat itu, Anda dapat mengisinya di hari lain.
  • Setelah masuk ke halaman profil, Anda bisa langsung masuk ke dashboard untuk mengatur semua kebutuhan blog Anda, seperti judul blog, alamat blog, bahkan tema atau template yang ingin Anda gunakan.
  • Anda bisa mulai memilih alamat blog yang Anda inginkan. Ada domain berbayar dan tidak dalam langkah ini, Anda dapat menyesuaikannya sesuai keinginan dan kebutuhan Anda.
  • Jadi, kembali ke dasbor dan mulai mengatur blog Anda dan mulai menulis konten blog. Jika sudah selesai, Anda bisa klik Publish agar hasil tulisan Anda bisa langsung diupload ke blog Anda.
  • Terakhir, bagi Anda yang ingin mengetahui seperti apa tampilan blog Anda setelah membuat dan memublikasikan postingan, maka Anda dapat mengklik tombol kunjungi blog atau langsung mengetikkan alamat blog Anda di kolom halaman web browser.

Cara membuat blogspot di hp

Cara membuat blogspot di ponsel sedikit berbeda dengan di PC, namun Anda tetap harus memiliki akun Google sebelum memulai langkah-langkah di bawah ini. Berikut cara membuat blogspot di HP:

  • Download atau unduh aplikasi “Blogger” dari Play Store atau App Store, tergantung pada ponsel yang Anda gunakan.
  • Setelah proses download selesai, Anda dapat membuka aplikasi Blogger dan memasukkan alamat Gmail yang akan Anda gunakan.
  • Seperti halnya langkah-langkah di PC, buat daftar blogspot menggunakan akun Gmail dan password sesuai dengan yang Anda miliki.
  • Jika Anda telah memasukkan pertanyaan, Anda akan diarahkan untuk mengisi profil dan mengeditnya. Kemudian Anda dapat mulai membuat blog dengan mengklik tombol untuk membuat blog!
  • Jika halaman untuk membuat blog baru telah muncul di layar ponsel Anda, Anda dapat melanjutkan membuat blog di ponsel ini dengan mengetikkan alamat blog. Pastikan alamat yang Anda gunakan belum pernah digunakan oleh pengguna lain.
  • Terakhir, jika Anda sudah selesai menulis judul dan alamat blog Anda, Anda bisa mulai mendesain blog Anda dengan template blogspot agar lebih menarik dan mulai membuat konten untuk blog Anda.

Blogspot vs WordPress, Mana yang Lebih Baik?

Baik wordpress dan blogspot sama-sama memiliki pro dan kontra. Tentunya pilihan terakhir ada di tangan Anda dan disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Berikut analogi yang mudah.

Jika Anda membutuhkan blog yang aman, tidak membutuhkan pengembangan yang signifikan, dan tidak membutuhkan banyak plugin untuk digunakan, maka blogspot adalah pilihan yang tepat karena menggunakannya juga cukup sederhana.

Sementara itu, jika Anda membutuhkan tampilan yang lebih profesional dengan berbagai plugin, serta berbagai komunitas untuk membantu Anda, maka Anda lebih cocok menggunakan wordpress karena jelas akan memudahkan Anda untuk mencapai tujuan Anda meskipun dengan metode penggunaannya lebih rumit.

Bagaimana menurut Anda, apakah tertarik untuk menggunakannya? Mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Tidak hanya dengan menulis, Anda juga dapat terus mengoptimalkan akun blog Anda dengan teknik tertentu.

Nah itulah pembahasan mengenai apa itu blogspot serta cara membuatnya, semoga bermanfaat.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *