Apa Itu Digital Marketing Dan Contohnya Simak Penjelasan Ini

 

Dewasa ini kegiatan marketing bisa dilakukan secara digital dengan bantuan teknologi yang semakin berkembang. Namun, banyak juga pihak yang ternyata belum mengetahui bagaimana Digital Marketing. Tidak heran, pertanyaan seperti apa itu digital marketing dan contohnya masih ramai diperbincangkan.
Padahal, sebenarnya hal tersebut telah banyak disaksikan lewat sejumlah platform media. Mulai dari website official yang bertengger di Google, iklan minuman di FB, iklan skincare di IG dan sejenisnya. Anda pasti sering melihatnya bukan? Itulah bagian dari digital marketing.
Jangan sampai ketinggalan, mari pahami bersama-sama apa itu digital marketing dan contohnya berikut.

Pengenalan Digital marketing

Untuk memulai bahasan apa itu Digital Marketing dan contohnya, lebih baik paham dulu mengenai pengertiannya. Digital marketing diartikan sebagai proses atau strategi pemasaran menggunakan bantuan internet sekaligus media digital. Saat ini, tersedia sejumlah platform yang mendukung kampanye online demi memasarkan produk.
Tujuan digital marketing adalah untuk mendongkrak penjualan dari sebuah brand. Sudah tidak asing lagi jika sering menemui adanya iklan saat bersosial media. Tujuan pengenalan tersebut adalah menarik minat calon konsumen agar bersedia membeli produk yang diiklankan lewat konten menarik.

Baca Juga : Cara BerJualan Pada Tiktok Shop Dengan Mudah

Contoh Digital Marketing

Berikutnya masuk ke dalam pembahasan mengenai jenis digital marketing. Sebenarnya hal ini sangat mudah ditemukan dengan melihat berbagai perusahaan yang berkembang pesat di pasaran. Memahami apa itu digital marketing dan contohnya bukanlah hal sulit.

1. Blogging

Apa Itu Digital Marketing Dan Contohnya Simak Penjelasan Ini
Blogging

Pembahasan mengenai contoh Digital Marketing di urutan pertama adalah blogging. Merupakan suatu cara yang berfokus pada pembuatan konten tulisan misalnya artikel berita atau konten terkait bisnis. Keberadaan konten ini sendiri mampu membantu pengusaha demi memperoleh keuntungan.
Selain itu, sebuah konten juga sengaja dibuat untuk menambahkan atau menjelaskan informasi rinci pada konsumen tentang produk. Keberadaan jumlah konten sangat berpengaruh untuk indeks halaman di mesin pencarian Google. Sehingga, saat membuat sebuah blog disarankan memiliki banyak konten.

 

Baca Juga : Plugin WordPress SEO Terbaik Untuk Website Yang Anda Punya

2. Social Media Marketing

Apa Itu Digital Marketing Dan Contohnya Simak Penjelasan Ini
Social Media Marketing

Dalam melakukan Digital Marketing sangat dibutuhkan adanya sosial media. Apalagi saat ini terdapat banyak orang memilih untuk aktif di media sosial. Sehingga, bisa dijadikan wadah untuk menjangkau banyak konsumen dan mempromosikan produk yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.
Sampai saat ini, tersedia berbagai pilihan saat melakukan promosi di media sosial secara gratis serta berbayar. Agar dapat menggunakannya harus disesuaikan kegunaan daripada aplikasi itu sendiri. Contohnya saja tersedia banyak media sosial berupa Instagram, youtube dan lainnya.

3. Pay Per Click Ads

Apa Itu Digital Marketing Dan Contohnya Simak Penjelasan Ini
Pay Per Click Ads

Apa itu Digital Marketing dan contohnya selanjutnya adalah pay per click ads. Jika diartikan, ini merupakan sebuah iklan yang biasanya muncul pada halaman pencarian Google. Sistemnya adalah pihak yang ingin memasang iklan melakukan pembayaran kepada Google apabila iklannya di klik.
Sangat penting untuk memasukkan kata kunci yang relevan agar produk semakin mudah ditemukan. Pada artikel yang memakai ppc ini, terdapat icon pembeda berupa tulisan Ads di artikelnya. Walaupun harus berbayar, tetapi dianggap sesuai dengan hasil karena dipromosikan oleh Google.

4. Email Marketing

Apa Itu Digital Marketing Dan Contohnya Simak Penjelasan Ini
Email Marketing

Contoh Digital Marketing berikutnya adalah menggunakan email marketing dengan tujuan mempertahankan pelanggan. Atau juga bisa mendapatkan beberapa pelanggan baru dengan membangun teknik untuk peningkatan kesadaran. Serta calon konsumen akan terus mengingat perusahaan dan melakukan pembelian berulang.
Tujuan dari email marketing ini adalah untuk membangun sebuah hubungan dengan pelanggan secara baik. Perusahaan berupaya memberikan informasi yang bermanfaat bagi para konsumennya seperti produk baru atau kupon diskon. Maka konsumen akan selalu membeli produk apabila sesuai yang diinginkan.
Itulah sejumlah penjelasan singkat terkait apa itu Digital Marketing dan contohnya. Berbagai hal yang telah dijelaskan ini dapat dijadikan pembelajaran maupun panduan untuk membuat sebuah brand dalam digital marketing.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *