Pengertian dan Cara Menggunakan Nfc Untuk Pembayaran Nirsentuh

Hampir semua orang memiliki ponsel, sehingga tak heran apabila perkembangan teknologi pada ponsel juga semakin berkembang, salah satunya adalah dengan adanya fitur NFC. Smartphone yang dilengkapi dengan fitur NFC juga memiliki beragam fungsi, seperti untuk melakukan pembayaran nirkabel. Untuk itu, akan dibahas mengenai bagaimana Cara Menggunakan NFC untuk Pembayaran nirsentuh atau nirkabel.

Sekilas Tentang NFC

Pengertian dan Cara Menggunakan Nfc Untuk Pembayaran Nirsentuh
Tentang NFC

Sebelum mengetahui mengenai bagaimana cara menggunakan fitur NFC sebagai alat pembayaran, kali ini akan dijelaskan terlebih dahulu tentang pengertiannya. Cara Menggunakan NFC untuk Pembayaran Memang masih banyak yang masih belum paham dengan yang dimaksud dengan NFC. Sebab memang ponsel yang sudah dilengkapi dengan NFC pun belum beredar luas dipasarkan, karena harga ponsel yang memang sedikit lebih mahal.

NFC sendiri merupakan kependekan dari kata Near Field Communications atau penyebutan lebih gampangnya adalah komunikasi medan dekat. NFC ini memiliki berbagai fungsi namun yang pali penting adalah sebagai alat pembayaran digital. Cara Menggunakan NFC untuk Pembayaran Selain itu, NFC juga bisa dijadikan sebagai alat pembaca kartu, seperti melihat saldo tersisa atau sebagainya.

Menggunakan ponsel yang sudah memiliki teknologi NFC ini juga bisa dijadikan sebagai tiket saat akan menaiki transportasi umum dan juga sebagainya. Cara Menggunakan NFC untuk Pembayaran Untuk cara kerja dari NFC ini hampir sama dengan bagaimana cara kerja pada bluetooth pada ponsel. Jadi, NFC ini bertumpu pada gelombang radio untuk mengirimkan suatu informasi.

NFC ini juga menggunakan gelombang radio dan menggunakan teknologi yang dinamakan dengan RFID, yang merupakan kependekan dari radio-frequency identification jenis lama. Jadi, ketika akan mengirimkan sebuah data menggunakan induksi elektromagnetik. Cara Menggunakan NFC untuk Pembayaran Penggunaannya pun cukup mudah, hanya dengan menempelkan bagian belakang ponsel pada perangkat lainnya seperti kartu ATM dan sebagainya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Merespon di Hp Android Termudah

Cara Menggunakan NFC Sebagai Alat Pembayaran

Pengertian dan Cara Menggunakan Nfc Untuk Pembayaran Nirsentuh
Cara Menggunakan NFC Sebagai Alat Pembayaran

Sudah disebutkan bahwa NFC memiliki fungsi di antara lain adalah sebagai metode pembayaran nirsentuh. Mungkin masih banyak yang belum paham bagaimana Cara Menggunakan NFC untuk Pembayaran sebab memang masih belum banyak beredar. Namun untuk melakukan pembayaran menggunakan NFC sebenarnya sangatlah mudah, berikut ulasannya.

1. Aktifkan NFC

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika akan menggunakan NFC sebagai alat pembayaran adalah dengan mengaktifkan mode NFC tersebut terlebih dahulu. Pengguna bisa kunjungi aplikasi pengaturan pada ponsel kemudian klik menu perangkat terhubung. Setelahnya pengguna bisa klik menu preferensi koneksi.

Jika sudah maka akan ada menu pilihan NFC dan bisa langsung ketik menu atau fitur tersebut. Namun jika pengguna tidak menemukan fitur tersebut, kemungkinan bahwa ponsel pengguna belum dilengkapi dengan fitur NFC. Cara Menggunakan NFC untuk Pembayaran  Apabila fitur tersebut sudah ditemukan maka bisa klik dan aktifkan menu gunakan NFC.

2. Kelola Aplikasi Untuk Pembayaran Nirsentuh

Cara Menggunakan NFC untuk Pembayaran Langkah kedua adalah dengan mengelola aplikasi yang akan dihubungkan pada NFC sebagai metode pembayaran nirsentuh. Sebab ketika akan melakukan pembayaran menggunakan NFC pengguna juga membutuhkan sebuah aplikasi sebagai dukungannya. Aplikasi ini merupakan aplikasi dari Google, dan biasanya sudah tersedia langsung pada smartphone tersebut.

Pengguna bisa langsung buka aplikasi yang akan digunakan sebagai pembayaran nirsentuh. Kemudian langkah selanjutnya, bisa buka kembali pengaturan ponsel, dan klik menu perangkat yang terhubung. Lalu klik preferensi sambungan lalu klik fitur NFC. Langkah selanjutnya bisa klik menu pembayaran nirsentuh jika sudah klik default pembayaran, lalu setelahnya tinggal pilih aplikasi pembayaran default.

Demikian adalah pembahasan mengenai pengertian dan juga Cara Menggunakan NFC untuk Pembayaran  yang bisa pengguna praktikkan di rumah. Jika aplikasi pembayaran tersebut tidak terlihat, maka pengguna bisa mencarinya di google play ataupun di play store. Sebab aplikasi tersebut harus didukung untuk metode pembayaran tersebut, sedang aplikasi transfer uang tidak mendukung pembayaran nirsentuh.

Baca Juga : Inilah Cara Mengembalikan Hardisk yang Terformat Seperti Semula Termudah

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.