Cara Mudah Belajar Digital Marketing Bagi Pemula

 

Digital Marketing – Di era yang serba digital, segala sesuatu kini dipengaruhi oleh teknologi. Aktivitas dan pekerjaan juga mulai banyak bermunculan dari kemajuan teknologi. Salah satunya yaitu digital marketer. Untuk bisa menjadi digital marketer, tentu seseorang harus belajar digital marketing terlebih dahulu.
Ada banyak hal yang perlu diketahui terkait digital marketing. Bagi pemula, mungkin ini menjadi ilmu dan bidang yang baru. Meskipun demikian, berkat kemajuan teknologi dari tahun ke tahun, digital marketing pun semakin banyak peminatnya.
Banyak yang akhirnya belajar digital marketing dan bekerja pada bidang tersebut. Ini tentu memberikan peluang pekerjaan yang semakin luas. Terbukti dengan semakin banyaknya jenis-jenis pekerjaan yang bisa ditemukan.

Pengertian Digital Marketing

Pengertian Digital Marketing
Pengertian Digital Marketing

Digital Marketing adalah kegiatan promosi pada produk tertentu yang memanfaatkan media digital. Kegiatan ini bertujuan untuk menarik calon konsumen dengan cepat. Tentu saja hal tersebut didukung oleh penggunaan internet yang semakin meningkat di masyarakat.
Perusahaan kemudian saling bersaing untuk membuat konten menarik terkait produk. Konten-konten tersebut kemudian ditampilkan dalam pemasaran di dunia maya. Jika dibandingkan dengan promosi secara manual, promosi memanfaatkan teknologi terkini lebih efektif. Ini dinilai lebih menguntungkan karena jangkauan yang sangat luas.

SEO dan periklanan online sendiri masuk dalam kategori Digital Marketing. Untuk periklanan online bisa mencakup FB ads, Google Ads, email marketing, dan masih banyak lagi. Perusahaan bisa menyesuaikan media promosi sesuai dengan kebutuhan.
Dengan belajar digital marketing, seseorang akan memahami bahwa banyak hal yang akan didapatkan. Selain jangkauan yang lebih luas, digital marketing juga lebih terjangkau dan lebih cepat dalam proses penyebarannya. Tidak hanya itu, promosi lewat internet sekaligus mampu membangun brand dengan baik.

 

Baca : Berjualan Dengan Facebook Group Dan Manfaatnya

Mengapa Perlu Belajar Digital Marketing?

Belajar Digital Marketing di era modern ini memang sangat penting. Banyak aktivitas yang kini mulai mengandalkan teknologi untuk menunjangnya. Tidak heran jika setiap orang perlu mempelajari agar bisa mengikuti perkembangan zaman.
Berikut alasan mengapa perlu belajar digital marketing, antara lain:

1. Kebutuhan Teknologi Semakin Meningkat

Kebutuhan Teknologi Semakin Meningkat
Kebutuhan Teknologi Semakin Meningkat

Perkembangan teknologi yang semakin maju tentu memberikan pengaruh yang besar terhadap kebiasaan masyarakat. Terutama dalam bidang teknologi itu sendiri. Setiap orang kemudian mulai terbiasa dengan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.
Setiap orang membutuhkan internet untuk berbagai aktivitas. Contohnya berkomunikasi, membaca berita, mencari informasi, berbelanja, hingga layanan pesan antar. Hanya dengan satu kali klik maka semuanya bisa dengan mudah dilakukan. Setiap orang kini diberikan kemudahan yang sangat berarti berkat teknologi digital ini.
Pengguna internet di Indonesia sendiri di awal tahun 2021 sudah mencapai kurang lebih 202 juta jiwa dari total penduduk. Hasil tersebut berdasarkan survey Hootsuite. Angka tersebut meningkat sebanyak 15,5 persen apabila dibandingkan pada bulan Januari di tahun 2020 lalu.
Dengan angka yang terus meningkat tersebut, setidaknya menjadikan salah satu alasan yang tepat mengapa belajar Digital Marketing menjadi hal penting. Apabila seseorang memiliki kemampuan di bidang tersebut, pasti memiliki bekal sehingga market terus mengalami perkembangan yang pesat.

2. Belajar Digital Marketing Itu Mudah

Belajar Digital Marketing Itu Mudah
Belajar Digital Marketing Itu Mudah

Seperti yang diketahui, kini banyak sekali situs-situs maupun website yang membuat artikel terkait pembahasan ini. Seseorang bisa mempelajari kapanpun dan dimanapun melalui e-book dan pdf secara gratis yang didapatkan dengan mudah.
Tidak hanya itu, seseorang juga bisa mengambil kursus online yang menyediakan sertifikat di akhir pembelajaran. Kelas tersebut akan sangat membantu terutama bagi pemula yang baru di bidang tersebut. Di online kursus, seseorang akan diberikan video overview berisi penjelasan materi Digital Marketing.
Kursus online ini menjadi pilihan yang tepat sebagai langkah awal karena menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan dimengerti. Jadi, tidak perlu khawatir karena belajar digital marketing itu sangat mudah.

3. Permintaan Digital Marketer Yang Semakin Berkembang

Permintaan Digital Marketer Yang Semakin Berkembang
Permintaan Digital Marketer Yang Semakin Berkembang

Kini banyak ditemukan jasa digital marketing yang menawarkan beragam kemudahan dalam menjual produk secara online. Hal ini dipengaruhi dengan perkembangan Digital Marketing yang semakin pesat. Tentu saja kondisi tersebut akan terus meningkat sesuai kebutuhan pasar.
Pentingnya belajar digital marketing adalah agar seseorang bisa menguasai dan memiliki skill di bidang tersebut. Apabila seseorang memiliki skill digital marketing, maka kesempatan untuk menjadi seorang digital marketer juga akan semakin terbuka lebar.
Mengingat pekerjaan tersebut kini begitu didambakan oleh kaum milenial karena banyak keuntungan yang akan didapatkan. Salah satunya yaitu bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah meskipun hanya bekerja dari rumah saja dengan bermodalkan koneksi internet.

4. Agar Tetap Bisa Bersaing Dengan Kompetitor

Agar Tetap Bisa Bersaing Dengan Kompetitor
Agar Tetap Bisa Bersaing Dengan Kompetitor

Pentingnya belajar digital marketing karena kini hampir semua pelaku usaha sudah menggunakan metode ini untuk mempromosikan dan membesarkan brand mereka. Metode ini dipraktikkan mulai dari pebisnis skala kecil hingga besar untuk menjangkau target dengan lebih baik.
Pebisnis atau pelaku usaha yang belum memanfaatkan Digital Marketing untuk memasarkan dan mengenalkan produk, maka dianggap ketinggalan zaman. Melalui metode ini seorang pebisnis bisa membangun branding yang bertujuan untuk meningkatkan merk dan reputasi perusahaan.
Selain itu, juga untuk meningkatkan kepercayaan dari klien maupun calon klien. Jangkauan yang lebih luas dan dibantu dengan kecanggihan teknologi, membuat para pebisnis tetap bisa bersaing dengan kompetitor.

5. Merupakan Metode Yang Paling Efektif

Seseorang yang belajar digital marketing dan menerapkannya akan bisa mengatur target pasar yang sekiranya cocok dan sesuai dengan produk yang dipasarkan. Kecocokan tersebut bisa dilihat dari segi usia, jenis kelamin, bahkan demografi sekali pun.
Dengan memanfaatkan media dan platform digital, maka akan menekan biaya promosi produk. Selain itu, juga bebas untuk menentukan waktu pelaksanaan program marketing secara fleksibel. Tidak terikat pada aturan-aturan tertentu. Dengan komunikasi dua arah, seseorang juga bisa meningkatkan engagement.
Banyaknya keuntungan yang akan didapatkan, menjadikan digital marketing sebagai metode yang paling efektif. Banyak produk-produk baru yang bermunculan pertama kali karena diperkenalkan melalui platform digital seperti sosial media, website, dan lain sebagainya.

 

Baca Juga : Tips Membuat Konten Instagram Marketing Untuk Promosi

Metode Belajar Digital Marketing

Belajar Digital Marketing terutama bagi pemula bisa menjadi salah satu hal yang cukup sulit dan rumit. Meskipun sebenarnya ini sangatlah mudah apabila menggunakan metode maupun cara belajar yang tepat.

Berikut beberapa cara seseorang untuk mempelajari digital marketing, diantaranya:

1. Mengikuti Kursus Online Di Akademi Hubspot

Mengikuti Kursus Online Di Akademi Hubspot
Mengikuti Kursus Online Di Akademi Hubspot

Ini merupakan salah satu platform terbaik untuk kursus online digital marketing yang direkomendasikan. Untuk pemula sangat direkomendasikan untuk mengambil kelas Digital Inbound Marketing. Ini merupakan teknik pemasaran yang dapat dilakukan melalui media sosial, SEO, maupun lainnya.
Seseorang akan mendapatkan 11 modul dalam bentuk teks dan video. Sedangkan total durasi yaitu 4 jam. Tidak hanya itu, nantinya di akhir pembelajaran masing-masing akan diberikan sertifikat digital yang bisa digunakan untuk melengkapi CV dan dicantumkan di akun LinkedIn.

2. Bergabung Dengan Digital Garage Google

Bergabung Dengan Digital Garage Google
Bergabung Dengan Digital Garage Google

Untuk memulai belajar digital marketing, seseorang juga bisa bergabung dalam kursus yang diberikan oleh Google Digital Garage. Ini menjadi pilihan yang tepat bagi yang baru ingin memulai pada bidang ini.
Terdapat 26 modul kursus yang bisa diikuti oleh setiap orang. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan pengalaman dalam bidang tersebut. Program kursus ini tidak dipungut biaya alias gratis.
Meskipun seluruh kelas yang tersedia berbasis bahasa Inggris, namun siswa dapat mengikuti dengan mudah. Bagi yang tertarik mencoba bisa langsung mendaftar di platform ini tanpa harus membayar biaya berlangganan.

3. Mengikuti Webinar Program Blueprint Facebook

Mengikuti Webinar Program Blueprint Facebook
Mengikuti Webinar Program Blueprint Facebook

Selain dikenal sebagai sosial media berbasis pertemanan, belakangan ini facebook juga ikut berkontribusi dalam kemajuan SDM pada bidang digital. Seseorang bisa mendapatkan materi khusus dalam berbagai topik dengan mengikuti webinar melalui program Facebook Blueprint.
Contohnya mulai dari media buying, advertising, dan masih banyak lagi. Setidaknya terdapat lebih dari 90 kursus dengan berbagai materi yang bisa dipilih dan diikuti. Untuk mendaftarnya pun sangat mudah, yaitu login menggunakan akun facebook.

4. Mengambil Jurusan Tersebut Di Sekolah Formal

Mengambil Jurusan Tersebut Di Sekolah Formal
Mengambil Jurusan Tersebut Di Sekolah Formal

Selain mengikuti kelas online dari berbagai platform yang di atas, seseorang juga belajar digital marketing melalui sekolah formal. Pilih sekolah yang menyediakan jurusan tersebut atau setidaknya yang relevan dengan jurusan yang ingin diambil.
Di sekolah formal, tentu setiap murid akan diberikan materi secara mendalam terkait digital marketing. Tidak hanya dalam bentuk teori, namun juga akan diajarkan untuk mempraktikkannya. Ketika lulus, tentu saja mendapatkan ijazah dengan ilmu yang sesuai dengan yang diharapkan.
Nantinya itu bisa menjadi bekal untuk bersaing di dunia kerja. Setidaknya dengan ilmu yang sudah didapatkan, akan membantu dan pertimbangan ketika melamar pekerjaan yang berhubungan dengan jurusan tersebut.
Dengan background pendidikan yang relevan, bisa dengan mudah menjadi seorang digital marketer dan mendapatkan banyak client. Ini menjadi bekal yang tidak bisa diremehkan begitu saja oleh seseorang yang ingin terjun ke dunia digital marketing.

5. Memanfaatkan Sosial Media

Memanfaatkan Sosial Media
Memanfaatkan Sosial Media

Belajar digital marketing tidak hanya bisa ditempuh melalui sekolah dan kursus online saja. Seseorang bisa belajar secara otodidak dengan memanfaatkan sosial media. Seperti yang diketahui banyak sekali para praktisi, para digital marketer yang membagikan ilmunya di sosial media mereka.
Ada banyak sosial media yang bisa dimanfaatkan untuk memulai belajar yaitu facebook, instagram, hingga youtube. Bahkan di youtube sendiri, seseorang bisa dengan mudah mencari materi terkait digital marketing dan mempelajarinya sendiri.
Terdapat banyak materi dengan berbagai topik yang bisa ditemukan. Seseorang hanya tinggal memilih materi yang sekiranya ingin dipelajari untuk menunjang kebutuhannya. Tidak perlu mengeluarkan biaya, cukup bermodalkan smartphone dengan koneksi internet saja. Cukup mudah bukan?

6. Memanfaatkan Ebook Gratis

Memanfaatkan Ebook Gratis
Memanfaatkan Ebook Gratis

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, banyak praktisi dan digital marketer yang membagikan ilmu mereka secara cuma-cuma. Selain di sosial media, biasanya mereka juga akan membagikan materi terkait bidangnya dalam bentuk ebook yang bisa diunduh secara gratis.
Seseorang bisa langsung masuk ke pencarian Google dan mencari materi yang sesuai dengan kebutuhan. Nantinya tentu akan muncul banyak sekali ebook yang relevan dengan materi tersebut. Unduh dan pelajari secara mandiri untuk dapat memahami intisari dari materi tersebut.
Seperti sebelumnya, seseorang tidak perlu mengeluarkan biaya berlangganan untuk mendapatkan ebook tersebut. Cukup bermodalkan smartphone dan koneksi internet saja maka sudah bisa belajar digital marketing secara mendalam.
Tidak ada yang mustahil untuk dicapai apabila memiliki niat dan tekad yang kuat. Pentingnya dan cara mempelajarinya bisa dengan mudah dipraktikkan. Dengan bekal ilmu tersebut, akan membuat seseorang lebih siap menghadapi tantangan dalam berbisnis.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.