Anda pasti panik jika tiba-tiba tidak bisa mengakses website kan? Apalagi jika itu adalah situs bisnis. Anda mungkin akan kehilangan pembeli yang potensial dan reputasi bisnis Anda akan menurun. Namun, jangan terlalu panik dulu.

Penyebab tidak dapat diaksesnya website bukan hanya karena masalah yang serius. Mungkin solusinya sebenarnya cukup sederhana. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi website yang tidak bisa diakses dan berbagai penyebabnya. Langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

Apa Penyebab Website Tidak Bisa Diakses?

Sebelum membahas cara mengatasi website yang tidak bisa diakses, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu beberapa kemungkinan penyebabnya.

Di bawah ini adalah beberapa penyebab umum ketika situs web tidak dapat diakses:

  • Koneksi internet bermasalah
  • DNS bermasalah
  • IP akses terblokir / IP conflict
  • Kendala cache browser
  • Kendala pada keamanan perangkat
  • Website terkena hack
  • Error WordPress
  • Domain kadaluarsa
  • Masalah hosting
  • Website kebanjiran trafik

Terkadang ketika website tidak bisa diakses, penyebabnya bisa langsung diketahui melalui notifikasi. Oleh karena itu, dapat diatasi secara langsung berdasarkan masalahnya. Namun, ada beberapa penyebab yang perlu diperiksa lebih lanjut.

Cara Mengatasi Website Tidak Dapat Diakses

Oke, tanpa basa-basi lagi, mari kita bahas cara menangani website yang tidak bisa diakses!

Periksa koneksi internet Anda

Jika situs web tidak dapat diakses, apa langkah pertama? Pertama periksa koneksi internet Anda. Kemungkinan koneksi masih bermasalah dan Anda akan muncul notifikasi.

Cara yang paling efektif untuk memeriksa koneksi internet adalah dengan melakukan ping ke Google. Begini caranya jika Anda menggunakan Windows:

  • Klik menu start, lalu ketik CMD dan tekan Enter
  • Ketik: ping google.com, lalu tekan Enter
  • Ping kehilangan koneksi google.com

Jika informasi yang diterima ping kehilangan koneksi berarti koneksi Anda terputus. Coba mulai ulang internet Anda terlebih dahulu. Jika demikian, coba tes lagi.

Jika hasilnya menunjukkan empat data terkirim (sent = 4) dan empat data diterima (received = 4), koneksi berfungsi tanpa masalah.

Atau, Anda dapat memasukkan perintah: ping google.com -t, untuk menentukan stabilitas koneksi. Jika Anda melihat notifikasi Permintaan habis waktu, berarti koneksi Anda tidak stabil. Coba hubungi penyedia layanan internet Anda.

Setel ulang alamat TCP / IP

Cara lain untuk mengatasi website yang tidak bisa diakses adalah dengan mereset alamat TCP/IP. Cara ini digunakan untuk mengatasi kemungkinan IP konflik atau IP terblokir.

Berikut cara mereset alamat TCP/IP:

  • Klik start, lalu ketik CMD di komputer Anda
  • Ketik ipconfig / release menghapus konfigurasi jaringan.
  • Lalu ketik ipconfig / all untuk melihat informasi alamat IP dan pengaturan DNS yang ada.
  • Ketik ipconfig / flush membersihkan cache DNS
  • Saat ipconfig / perbarui untuk mengkonfigurasi ulang pengaturan jaringan
  • Masukkan perintah netsh int ip reset lalu enter
  • Masukkan perintah netsh winsock reset lalu enter
  • Setelah melakukan semua perintah di atas, reboot perangkat Anda terlebih dahulu. Kemudian, coba gunakan untuk mengakses situs web terikat.

Bersihkan cache browser

Cache browser terdiri dari data situs web yang disimpan sementara di memori browser. Meskipun berguna untuk mempercepat loading website, kendala cache browser bisa menjadi penyebab website tidak dapat diakses, dalam hal ini Anda perlu mengosongkan cache.

Berikut cara menghapus cache di Chrome:

  • Buka menu pada samping di sudut kanan atas Chrome
  • Pilih Pengaturan, lalu Hapus Data Penjelajahan
  • Selanjutnya pilih periode waktu (Rentang waktu), pilih Semua waktu untuk menghapus semua data dari awal
  • Pilih item yang ingin Anda hapus
  • Klik Hapus Data

Tingkatkan keamanan situs web

Tahukah Anda bahwa 90.000 serangan hacker terjadi setiap menit? Serangan hacker ini tentunya bisa menjadi penyebab tidak dapat diaksesnya website tersebut. Nah, untuk tindakan pencegahan, Anda perlu meningkatkan keamanan situs web Anda. Berikut langkah-langkahnya:

  • Aktifkan fitur perlindungan malware. Fitur anti-malware dapat melindungi situs web dari malware, virus, dan tindakan peretasan hacker dan lainnya. Jika layanan hosting Anda memiliki fitur tersebut gunakan dengan baik.
  • Instal plug-in keamanan. Situs web yang tidak memiliki plugin seperti rumah tanpa dinding siapapun bisa masuk sesuka hati. Perkuat situs web Anda dengan plugin keamanan seperti iThemes Security dan Wordfence Security.
  • Instal SSL. SSL adalah metode yang memastikan pertukaran data terenkripsi, sehingga tidak mudah bagi peretas untuk menyusup.
  • Lakukan pembaruan rutin. Pastikan Anda selalu memperbarui tema, plugin, dan inti WordPress secara berkala. Ini untuk mencegah celah keamanan yang akan dieksploitasi oleh peretas.
  • Gunakan perlindungan DDoS. Cegah serangan DDoS dengan menggunakan layanan keamanan pihak ketiga seperti CloudFlare.

Perpanjang domain situs web

Jika domain website aAnda sudah kadaluarsa ini juga bisa membuat website tidak bisa diakses. Anda bisa menghubungi penyedia layanan domain untuk memeriksa statusnya. Jika sudah kedaluwarsa, coba minta bantuan memperbarui domain lagi.

Namun, ini hanya bisa dilakukan jika status kedaluwarsa tidak melebihi batas perpanjangan yang diizinkan.

Beralih ke layanan hosting berkualitas

Jika server sering downtime, penyebabnya mungkin layanan hosting yang digunakan kurang baik. Ini pasti terkait dengan kualitas dan teknologi server yang buruk atau pemeliharaan server yang buruk.

Jika ini terjadi pada situs web Anda, taruhan terbaik Anda adalah beralih ke layanan hosting yang lebih menjanjikan. Terutama, dari uptime yang tinggi. Carilah layanan hosting yang memberikan uptime 99,99%.

Apa arti angka tersebut? Server kemungkinan akan mati hanya 5 menit per tahun. Oleh karena itu, sangat tidak mungkin bahwa situs web tidak dapat diakses karena server sedang down.

Baca Juga : Cara Mempercepat Loading Situs WordPress

Upgrade Layanan Hosting

Jika situs web tidak dapat diakses bukan karena server sedang down tetapi karena tidak dapat menampung banyak pengunjung, apa yang harus dilakukan? Anda perlu untuk memperbarui layanan hosting yang Anda gunakan.

Misalnya, Anda awalnya menggunakan paket shared hosting. Nah, karena kunjungan website semakin meningkat, Anda bisa mencoba beralih ke layanan Cloud Hosting.

Mengapa? Karena pilihan paket cloud hosting menawarkan spesifikasi server dengan resource yang lebih besar. Jadi website Anda akan siap menyambut puluhan ribu pengunjung setiap harinya. Belum lagi dukungan LiteSpeed ​​​​Memcached, yang membuat situs web dapat diakses dengan cepat dan mudah.

Nonaktifkan semua tema dan plugin

Tema atau plugin yang baru saja diinstal dapat menyebabkan kesalahan “Sorry, you are not allowed to access this page”. Oleh karena itu, cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi error tidak bisa mengakses halaman WordPress adalah dengan menonaktifkan semua plugin dan tema yang sedang digunakan.

Jika Anda tidak dapat masuk ke dasbor WordPress, Anda harus menonaktifkan tema dan plugin secara manual melalui FTP. Setelah menonaktifkan semua plugin dan tema, periksa apakah kesalahan masih muncul atau sudah hilang.

Jika sudah diperbaiki, silahkan aktifkan kembali tema dan plugin satu per satu dengan mengecek apakah error tersebut terulang kembali atau tidak. Jika error muncul kembali, berarti anda sudah mengetahui theme atau plugin mana yang menyebabkan error tersebut. Anda hanya perlu menonaktifkan dan menghapus tema atau plugin terkait.

Perbarui PHP situs Anda ke versi terbaru

Versi PHP yang belum update atau tidak up to date juga bisa menjadi salah satu penyebab error. Selain itu, menggunakan versi PHP yang lebih lama dapat meningkatkan risiko keamanan situs WordPress Anda. Itu sebabnya kami menyarankan Anda untuk tidak lupa memperbarui PHP ke versi terbaru.

Sebelum memperbarui PHP, Anda harus tahu apakah situs Anda kompatibel dengan versi PHP terbaru atau tidak. Pastikan juga untuk membuat cadangan situs web Anda terlebih dahulu.

Anda juga disarankan untuk membuat salinan situs lokal sebelum memulai peningkatan. Dengan ini, Anda akan dapat memeriksa apakah situs Anda kompatibel dengan versi PHP terbaru.

Setelah pengujian dan ternyata situs Anda kompatibel dengan PHP versi terbaru, langkah selanjutnya adalah memperbarui PHP. Ada dua metode untuk memperbarui PHP secara permanen. Jika Anda memiliki Virtual Private Server (VPS), Anda dapat memperbaruinya secara langsung melalui baris perintah.

Namun, jika Anda tidak memiliki VPS, Anda harus mengubahnya melalui panel kontrol atau menghubungi penyedia hosting Anda untuk mendapatkan bantuan.

Nah, itulah cara mengatasi website yang tidak bisa diakses untuk Anda coba. Ternyata penyebab tidak bisa mengakses website ini cukup beragam ya? Mulai dari masalah koneksi internet, masalah DNS, hingga server yang down. Meskipun berdampak besar, beberapa solusi sebenarnya cukup sederhana.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.