Dedicated Server Adalah Layanan Server Yang Canggih !! Berikut Penjelasan Lengkapnya

Terdapat berbagai jenis server yang bisa dipilih oleh pengguna, salah satunya dedicated server. Ketika website Anda sudah berjalan selama beberapa tahun, pasti mengalami kenaikan pengunjung yang besar. Agar website tetap eksis dan tidak mudah down, maka perlu upgrade hosting. Disinilah perlu mempelajari apa itu Dedicated Server.

Jenis server yang sekarang banyak digunakan adalah Dedicated Server. Pemilik website dari kalangan perusahaan pasti mayoritas memanfaatkan layanan server ini. Dedicated server memiliki kelebihan yang tidak ada di jenis lainnya.
Lantas, dedicated server adalah? Mari simak penjelasan lengkapnya.

Pengertian Dedicated Server

Pengertian Dedicated Server
Pengertian Dedicated Server

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui pengertian langsung dari Dedicated Server. Secara umum, dedicated server merupakan sebuah server yang dapat disewa oleh pengguna secara utuh. Jadi, si pengguna memiliki kuasa penuh terhadap server tersebut.
Server ini tidak dapat dibagi kepada pengguna lain, sehingga satu server merupakan milik satu pengguna saja. Pengguna juga tidak perlu repot melakukan instalasi serta menyediakan sebuah perangkat keras. Karena, server tersebut sudah menyediakan satu paket untuk pengguna.
Jadi, bisa dikatakan bahawa dedicated server adalah sebuah server yang dapat disewakan kepada satu pengguna. Satu server sepenuhnya milik pengguna, jadi tidak terbagi dengan pengguna lain. Kontrol terhadap server diserahkan penuh terhadap pemilik. Bisa dipastikan server akan berjalan lancar.

Baca Juga :  5 Cara Memindahkan Lagu dari Youtube ke Play Music, Mudah dan Tanpa Ribet

Terdapat berbagai manfaat yang akan dirasakan oleh pengguna server ini. Dedicated Server memang memiliki sebuah kelebihan yang tidak dimiliki oleh server lain. Tak heran jika banyak yang menggunakan server satu ini. Berikut uraian mengenai kelebihan dari server tersebut:
● Pengguna memiliki kuasa penuh terhadap server yang sudah disewanya.
● Memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih optimal serta besar dibandingkan dengan hosting lain.
● Pengguna dapat mengendalikan server tersebut sendiri.
● Ruang penyimpanan yang ada tidak akan bisa dibagi dengan pengguna lain.
● Sangat fleksibel untuk digunakan, karena tidak hanya untuk meningkatkan server saja tetapi bisa juga digunakan untuk menyimpan sebuah data.

Waktu Kerja Dedicated Server

Waktu Kerja Dedicated Server
Waktu Kerja Dedicated Server

Layanan Dedicated Server akan segera bekerja sesuai dengan waktu yang pas serta sesuai dengan kondisi website pengguna. Server tersebut akan langsung bekerja secara otomatis jika terjadi hal-hal di bawah ini. Berikut beberapa kondisi yang mana dedicated server akan bekerja:
● Downtime, merupakan kondisi yang mana suatu website tidak mampu lagi menampung jumlah blog yang terlalu banyak.
● Pesan Error, adalah suatu pesan berbahaya yang bisa tiba-tiba muncul di halaman website atau WordPress.
● Akses Lambat, suatu kondisi yang mana akses menuju ke dalam website tersebut menjadi lambat dan cenderung tidak bisa dibuka.
● CS Slow Respon, merupakan sebuah layanan dari CS suatu hosting yang cenderung lambat dan tidak bekerja sesuai dengan professional.
● Resource Tak Cukup, yaitu sebuah keadaan pengunjung suatu website menjadi banyak dan website tersebut sudah bisa lagi menampungnya.

Baca Juga : Cara Melihat Last Seen Yang Disembunyikan Pada Whatsapp

Kekurangan Dedicated Server

Tentunya setiap server memiliki sejumlah kekurangan yang tidak bisa dihindari lagi. Namun, kekurangan tersebut juga tidak membuat kelebihan dari server ini menjadi berkurang. Bahkan, bisa dikatakan tidak ada pengaruhnya. Berikut kekurangan dari Dedicated Server :
● Mempunyai biaya sewa yang mahal dibandingkan dengan penyewaan server jenis lain.
● Tidak bisa membagi pembayaran sewa server dengan pengguna lain.
● Pengguna harus memiliki pengetahuan yang luas mengenai server.
● Pengguna juga harus bisa melakukan pengelolaan data dengan menggunakan server tersebut.
● Kurang cocok digunakan pada website yang masih pemula atau yang baru memulai bermain website.
Jadi, sekarang sudah tahu kan jika ada sebuah pertanyaan dedicated server adalah? Maka jawabannya sudah tertera semua di atas. Apabila ingin menggunakan server yang satu ini, sebaiknya pelajari dahulu dari dasar hingga akarnya. Jadi, tidak akan bingung lagi saat sudah memilikinya.

 

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.