Terkadang beberapa pemilik website masih bingung bagaimana cara mempercepat situs WordPress yang dikelola. Banyak juga yang khawatir melakukan perawatan website yang satu ini sulit dilakukan. Untuk itu, disini kita akan membahas cara mempercepat loading situs WordPress agar performa website Anda tetap baik.

Website yang Cepat Itu Penting

Kecepatan situs web penting bagi pengguna internet. Ada banyak hal yang sangat mempengaruhi kinerja website Anda. Oleh karena itu, kami akan membahas cara mempercepat situs WordPress untuk meningkatkan kinerjanya. Jika situs website Anda lambat, tentu akan ada konsekuensi yang harus Anda terima.

  • Pertama, Anda akan kehilangan lalu lintas. Pengunjung situs web pasti cenderung beralih ke situs web lain jika mereka menemukan situs web Anda loading lambat.
  • Kedua, secara bertahap, peringkat Anda pada mesin pencari akan menurun. Google menyukai situs web yang cepat. Oleh karena itu, situs website yang lambat tidak akan menjadi prioritas.
  • Ketiga, berlaku untuk Anda yang memiliki situs e-commerce. Traffic bisnis Anda akan menurun karena calon pembeli membatalkan pembelian produk yang ditawarkan.

Akhirnya, situs web yang lambat akan memberikan citra yang buruk. Jadi, pastikan Anda terus menjaga kecepatan situs web yang dikelola berdasarkan rata-rata beban situs web secara umum.

Cara Mempercepat Situs wordpress

Jika Anda tidak puas dengan kinerja situs web Anda setelah melihat laporan analisis kecepatan, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat situs web WordPress Anda. Kami akan membahas beberapa di antaranya.

Gunakan paket hosting sesuai kebutuhan

Pertama, pastikan Anda menggunakan penyedia hosting yang memiliki reputasi baik dan membeli paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Host web yang buruk dan paket hosting yang tidak memadai dapat memperlambat situs web dan berpotensi menyebabkan banyak masalah.

Pastikan perusahaan hosting yang Anda pilih memiliki rekam jejak yang terbukti memberikan kinerja situs web WordPress yang baik, ditambah lagi mereka memiliki dukungan pelanggan yang siap membantu Anda kapan saja. Beberapa penyedia hosting menawarkan fitur-fitur khusus untuk mempercepat WordPress.

Anda perlu mencari penyedia hosting yang memiliki fitur manajemen cache di hPanel dan menggunakan LiteSpeed ​​​​untuk meningkatkan kinerja dan waktu pemuatan server Anda.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh LiteSpeed ​​dapat menangani lalu lintas yang padat dan koneksi bersamaan lebih baik daripada server web yang menggunakan Apache. Litespeed juga lengkap dengan plugin caching WordPress yang bisa mempercepat loading website Anda.

Setelah Anda memilih penyedia hosting, saatnya memilih paket yang paling sesuai untuk situs WordPress Anda. Secara umum, penyedia layanan hosting menawarkan berbagai jenis hosting, seperti:

Shared hosting

Jenis hosting pemula yang menyimpan banyak situs web di server yang sama, dengan sistem sumber daya bersama.

Cloud hosting

Jenis hosting premium yang menawarkan sumber daya dari jaringan yang terdiri dari beberapa server. Menggunakan cloud hosting juga mudah, hampir sama dengan shared hosting.

VPS hosting

Jenis hosting yang memberi pengguna akses root dan beberapa sumber daya khusus. Keterampilan teknis diperlukan untuk proses pengaturan dan pemeliharaan jenis hosting ini.

Mengoptimalkan ukuran gambar

Mengoptimalkan ukuran gambar dapat memengaruhi kecepatan situs web Anda. Menggunakan gambar yang lebih kecil dari 1MB, waktu pemuatan akan lebih cepat.

Namun, jika Anda memiliki gambar yang lebih besar dari 1MB, ada berbagai alat yang tersedia untuk menyederhanakan tugas pengoptimalan gambar.

  • Smush – telah diinstal oleh lebih dari 1 juta pengguna. Kompatibel dengan banyak tema.
  • Imagify: Mengonversi gambar ke WebP dan mudah digunakan.
  • EWWW Image Optimizer – mampu mengonversi gambar dengan berbagai ukuran dan aman digunakan karena terenkripsi SSL.

Hapus plugin yang tidak perlu

Plugin WordPress dapat membantu menambahkan fungsionalitas ke fitur dan situs web. Sayangnya, beberapa plugin dapat menghabiskan banyak sumber daya dan mengurangi kinerja situs web secara keseluruhan. Jadi, hindari menginstal terlalu banyak plugin dan pastikan Anda menghapus plugin yang tidak lagi digunakan.

Menonaktifkan saja tidak cukup karena pada dasarnya plugin masih ada di situs WordPress Anda. Anda Perlu benar-benar menghapus plugin yang tidak digunakan.

Untungnya, cara menghapus plugin tidak sulit. Cukup buka Plugin dari dasbor dan temukan plugin yang ingin Anda nonaktifkan, lalu pilih Hapus.

Sebelum menghapus plugin yang dinonaktifkan, periksa dulu dokumentasi resmi untuk melihat cara mencopot pemasangannya dengan benar. Lebih sedikit plugin yang diinstal berarti kinerja situs web yang lebih baik. Namun, kualitas plugin juga harus diperhatikan. Plugin yang buruk dapat merusak kinerja Anda atau bahkan merusak situs web Anda. Jadi, jangan lupa untuk memeriksa plugin dengan teliti dan benar sebelum menginstalnya.

Instal plugin caching

Caching sangat berguna bagi pengunjung website Anda. Artinya, pengunjung tidak perlu menunggu lama untuk memuat situs web Anda sepenuhnya.

WordPress menyediakan banyak plugin caching termasuk,

  • WP Super Cache: lebih dari 2 juta instalasi aktif, gratis, dan intuitif.
  • W3 Total Cache – selalu up to date, banyak fitur yang disediakan.
  • WP Rocket: Jadikan situs web Anda menampilkan gambar hanya ketika gambar terlihat oleh pengunjung.

Gunakan CDN

Jaringan pengiriman konten atau CDN adalah jaringan server yang terdistribusi secara geografis, yang bekerja sama untuk mempercepat proses melihat situs web di browser pengguna.

Seperti yang Anda ketahui, cache merupakan tempat penyimpanan sementara yang digunakan untuk mempercepat loading. CDN bekerja dengan menyimpan salinan cache dari konten statis situs web, sehingga saat pengguna mengunjungi berikutnya, server terdekat segera memuat konten untuk mengurangi jumlah permintaan HTTP eksternal.

Ada berbagai CDN yang dapat Anda gunakan. Beberapa host WordPress menawarkan paket CDN yang dapat dibeli dengan layanan hosting. Salah satu CDN terbaik di luar sana adalah Cloudflare, yang menawarkan paket gratis dan berbayar.

Setelah Cloudflare aktif, instal dan aktifkan plugin Cloudflare WordPress. Plugin ini memungkinkan Anda untuk mengonfigurasi pengaturan CDN langsung dari dasbor wordpress.

Baca Juga : Yuk Atur Beragam Konten Anda Menggunakan Optimasi CMS WordPress

Aktifkan Gzip compression

Gzip Compression dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengambil data dari server pengunjung website Anda ke browser.

Untuk memastikan situs web Anda memiliki kompresi Gzip atau tidak, ada situs web seperti GiftOfSpeed ​​​​yang dapat memeriksa statusnya.

Jika situs web Anda tidak mengaktifkan Kompresi Gzip, ada plugin Aktifkan Kompresi Gzip yang dapat melakukannya untuk Anda.

Kurangi query database

Kecepatan situs web Anda juga dipengaruhi oleh informasi query database. Kinerja server dapat dibebani dengan menanyakan informasi basis data. Selain itu, query yang lambat juga bisa menjadi alasan situs web Anda membutuhkan waktu lama untuk dimuat.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mengurangi penggunaan tabel database yang memerlukan banyak query. Gunakan plugin Query Monitor untuk melihat database mana yang memperlambat situs web Anda.

Hapus query string

Query string statis seperti Javascript dan style-sheet saat dihapus akan mempercepat situs web Anda. Tidak perlu bingung, Anda bisa melakukannya dengan plugin Remove Query String from Static Resources.

Minimalkan file CSS dan Javascript

Dengan meminimalkan file CSS dan Javascript, pekerjaan di website tidak akan berat. Dengan cara ini, situs web akan memuat lebih cepat.

Anda dapat melakukannya dengan plugin seperti W3 Total Cache dan WordPress Minify jika Anda tidak ingin melakukannya secara manual.

Cara Memeriksa Kecepatan Situs Wordpres

Untuk mengetahui apakah website WordPress Anda memiliki kecepatan yang baik, Anda bisa mengetahuinya melalui website seperti GTMetrix, Pingdom, WebPageTest, dan Google PageSpeed ​​Insights.

Misalnya kita menggunakan GTMetrix untuk mengecek kecepatan website Trabasan. Versi gratis GTMetrix memberikan hasil analisis dasar mulai dari kecepatan memuat hingga ukuran halaman.

Untuk hasil yang lebih lengkap dan detail, Anda dapat berlangganan versi pro mulai dari 10 USD per bulan.

Kesimpulan

Situs web yang berkinerja baik jelas merupakan impian semua orang. Namun, terkadang pemilik situs web tidak tahu cara mempercepat situs web WordPress yang dikelola. Pada artikel ini, Anda belajar cara mempercepat situs web WordPress. Semuanya sangat mudah diikuti.

Dan sekarang, situs web yang cepat bukan satu-satunya faktor mengapa pengunjung dan SERP menyukai situs web Anda. Anda harus ingat untuk mendapatkan sertifikat SSL untuk situs web yang lebih aman dan andal. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.