Keberadaan penyedia layanan hosting memegang peranan yang sangat penting dalam kelancaran sebuah website. Dengan menggunakan hosting yang berkualitas, website bisnis online Anda dapat tampil maksimal dan dapat mendukung jalannya bisnis Anda. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan ketika menggunakan layanan hosting yang berkualitas. Jadi apa manfaatnya? Yuk, simak informasinya berikut ini!

Keuntungan Menggunakan Layanan Hosting Berkualitas

Hosting atau web hosting adalah sebuah infrastruktur yang digunakan untuk menyimpan data dari website atau aplikasi lain agar mudah diakses melalui internet. Hosting memiliki kapasitas yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan website atau aplikasi.

Sederhananya, hosting adalah rumah dari sebuah situs web di mana terdapat banyak properti (data).Lalu apa keuntungan yang bisa anda dapatkan jika menggunakan layanan hosting yang berkualitas? Berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan layanan hosting yang baik dan berkualitas:

Lebih aman dari peretas dan malware

Salah satu keuntungan menggunakan hosting berkualitas adalah Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan. Karena hosting berkualitas hadir dengan berbagai fitur keamanan yang akan menghalangi hacker dan malware.

Selain itu, layanan hosting berkualitas juga dilengkapi dengan pemulihan dan pencadangan data. Anda dapat mengatur jangka waktu Anda sendiri untuk pencadangan data otomatis.

Layanan pelanggan tersedia 24 jam

keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan layanan hosting yang berkualitas adalah tersedianya dukungan. Penyedia layanan hosting berkualitas menyediakan bagian dukungan siap pakai untuk membantu pengguna jika mereka ingin meningkatkan atau memigrasi situs web.

Tidak hanya untuk migrasi situs, layanan hosting berkualitas juga menyediakan layanan pelanggan yang siap memberikan dukungan 24/7 tanpa gangguan. Hal ini jelas sangat berguna jika suatu saat website Anda mengalami masalah yang harus segera diperbaiki.

Kelola situs web dengan lebih mudah

Hosting berkualitas umumnya lebih mudah dikelola daripada hosting berkualitas rendah lainnya. Menggunakan hosting yang berkualitas akan memudahkan pemilik website dalam mengakses data atau aplikasi.

Saat Anda ingin mengakses data Anda di tempat kerja, Anda tidak perlu mengaksesnya menggunakan komputer yang sama. Karena Anda dapat mengakses data yang Anda butuhkan bahkan dari mana saja dan kapan saja. Memiliki server di berbagai tempat membuat ini menjadi kenyataan.

Tingkat stabilitas tinggi

Layanan hosting berkualitas memiliki tingkat stabilitas yang tinggi. Dengan menggunakan teknologi cloud hosting berkualitas, pemilik situs web dapat memiliki hosting uptime 99,99%. Hal ini sangat berguna karena website tidak akan mengalami masalah downtime server yang dapat mengurangi kenyamanan akses pengunjung.

Karena jaminan ini akan dapat memastikan kondisi website tetap stabil walaupun traffic website padat.

Selalu online dan akses cepat

Perusahaan hosting yang berkualitas menggunakan beberapa server sekaligus untuk dapat melihat situs web, tentunya ini akan memastikan bahwa situs web tidak akan pernah down meskipun banyak pengguna yang mengaksesnya.

Hosting berkualitas biasanya bahkan lebih cepat dari layanan hosting lainnya. Ini karena data hanya ditransfer dari server yang paling responsif. Jika terjadi gangguan pada salah satu server jaringan, data akan ditransfer melalui server lain yang lebih responsif.

Ciri-ciri Hosting Berkualitas

Hal pertama yang perlu Anda persiapkan ketika membangun sebuah website adalah hosting. Hosting adalah layanan untuk menyimpan data dari sebuah website agar dapat diakses melalui internet. Namun, hosting saja tidak cukup. Hosting harus berkualitas tinggi agar kinerja situs web juga bagus.

Tentunya hosting yang baik akan membuat website jarang down, cepat, mudah dikelola, dan jauh dari ancaman hacker. Lalu apa saja ciri-ciri hosting yang berkualitas? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Menyediakan panel kontrol (cPanel) untuk pengguna

Control Panel (cPanel) adalah tempat dimana pengguna dapat mengatur layanan web hosting seperti file management, database, backup dan masih banyak lagi. Panel ini penting karena memudahkan pengguna dalam mengelola website sesuai dengan kebutuhannya.

Tetapi tidak semua layanan hosting menyediakan akses ke cPanel. Selain itu, antarmuka pengguna belum tentu mudah dipahami. Jadi, Anda perlu mencari hosting berkualitas yang menawarkan panel kontrol dengan antarmuka pengguna yang baik.

Server stabil

Fitur hosting berkualitas selanjutnya adalah memiliki server yang stabil. Tanda-tanda server yang stabil dapat dilihat dari frekuensi downtime yang jarang terjadi. Bahkan jika terjadi down, server bisa dengan cepat kembali online. Oleh karena itu, pilihlah hosting yang menjamin uptime hingga 99%.

Loading website cepat

Loading website yang cepat mencerminkan kualitas hosting, sehingga website dapat langsung menampilkan informasi yang dibutuhkan pengunjung. Page loading memegang peranan yang sangat penting karena selain menjaga user experience pengunjung, hal ini juga mempengaruhi ranking website di Google.

Sekarang, bayangkan jika sebuah situs web tidak menampilkan informasi dalam waktu tiga detik. Pengunjung pasti akan bosan dan memutuskan untuk beralih ke website lain.

Menjamin keamanan situs web

Anda jelas tidak ingin bekerja keras untuk membangun situs web, tetapi dapatkah seseorang meretasnya dengan mudah? Oleh karena itu, hosting harus membawa set keamanan yang dapat melindungi situs web Anda seperti DDos, perlindungan malware, SSL dan banyak lagi. Dengan begitu, website Anda akan lebih kebal terhadap berbagai serangan.

Memudakan website untuk berkembang

Kebutuhan setiap orang dalam membangun sebuah website berbeda-beda mulai dari berbisnis, menjaga portfolio, membuat blog dan berbagai minat lainnya. Tentunya perbedaan kebutuhan tersebut harus didukung dengan jenis hosting yang tepat karena hosting juga memiliki kriteria yang berbeda-beda.

Website perusahaan misalnya, membutuhkan kapasitas hosting yang lebih besar daripada blog. Pasalnya, pengunjung biasanya mengakses website secara bersamaan, sehingga juga membutuhkan bandwidth yang besar. Plus, seiring waktu situs web bisnis juga mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Artinya, sangat mungkin suatu hari nanti bandwidth tidak mencukupi, sehingga situs web harus memperbarui hosting.Oleh karena itu, pastikan Anda dapat dengan mudah mengupgrade hosting Anda. Ciri hosting yang berkualitas ini akan memudahkan website untuk berkembang.

Keuntungan Menggunakan Hosting Berkapasitas Besar

Saat menggunakan hosting berkapasitas besar, akan banyak keuntungan yang didapat. Meskipun mungkin lebih mahal daripada hosting dengan kapasitas kecil, Anda tidak akan dikenakan biaya sedikit pun. Sebab, nantinya Anda akan merasakan manfaat website untuk diri Anda sendiri ketika hosting yang digunakan berkapasitas besar. Beberapa keuntungan tersebut antara lain:

Jarang terjadi gangguan server

Menggunakan hosting berkapasitas besar akan meminimalkan gangguan server situs web. Selanjutnya, dengan menggunakan hosting ini, Anda tidak perlu takut akan serangan malware yang sering mengancam penggunaan hosting dengan kapasitas yang berkurang. Situs web tidak mudah salah dan tidak akan membuat kepala pusing karena Anda harus sering melakukan perbaikan.

Selain itu, jika sesekali terjadi error, hosting dengan kapasitas tinggi juga akan cukup responsif. Dalam hal ini, pihak hosting akan melakukan perbaikan sendiri semaksimal mungkin dengan melindungi semua data yang masuk dan keluar dari website.

Baca Juga : CMS Website yang Mudah Kalian Gunakan

Tidak berbagi ruang server

Saat menggunakan hosting besar, Anda tidak akan berbagi ruang server dengan perusahaan lain seperti saat menggunakan hosting kecil. Berbagi ruang server dengan perusahaan lain jelas akan sangat mengganggu aktivitas situs web Anda.

Jika perusahaan lain ini menggunakan milis untuk mengirim spam, itu bisa berdampak negatif pada bisnis mereka. Dalam hal ini, perusahaan Anda juga menjadi korban karena semua domain yang dihosting di server kemungkinan besar akan diblokir oleh perangkat lunak anti-spam.

Layanan lengkap

Hosting dengan kapasitas besar akan memberikan layanan penuh pada website Anda. Hal ini berbeda dengan hosting berkapasitas kecil yang murah dan umumnya menawarkan layanan terbatas dan Anda harus membayar lebih jika menginginkan layanan yang lebih lengkap.

Layanan yang dibatasi memiliki dampak kecil jika data atau file yang dihosting dimiliki secara pribadi, tetapi memiliki dampak yang signifikan pada situs web perusahaan. Terutama karena banyaknya pesaing pada situs web perusahaan.

Mungkin nantinya website anda akan terkena imbasnya dan yang lebih berbahaya lagi adalah ketika website tersebut kehilangan daya saing. Selanjutnya akan berdampak negatif pada pengelolaan website.

Data dan pemeliharaan situs web terjamin

Saat Anda menggunakan hosting dengan kapasitas besar, Anda tidak perlu khawatir untuk menyimpan ruang data situs web. Setelah itu, semua data yang masuk dan keluar akan ditangani dengan benar oleh pihak hosting. Padahal, data sudah disajikan berdasarkan dataset masing-masing, yang tentunya akan memudahkan dalam menganalisis data.

Dalam hal ini, memelihara website juga lebih mudah dan cepat. Tidak perlu melakukan pemeliharaan situs web secara terpisah yang akan menghabiskan banyak uang. Inilah salah satu keuntungan menggunakan hosting website dengan kapasitas yang besar.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.