Memiliki website yang menggunakan WordPress memiliki kemudahan dan fleksibilitas tersendiri. Khususnya pada versi self-hosted dan berbayar, WordPress memungkinkan pengguna untuk menginstal berbagai plugin. Seperti security plugin, SEO, optimasi, contact form untuk backup website, namun tidak jarang banyak pengguna WordPress yang memasang plugin terlalu banyak sehingga website menjadi lambat.

Bahkan, pengguna WordPress yang belum berpengalaman pun masih bingung tentang plugin mana yang harus diinstal terlebih dahulu agar tidak memperlambat kinerja situs web mereka. Disini kami akan memberikan beberapa plugin wordpress wajib yang harus anda install jika website anda menggunakan WordPress, agar performa website anda efektif.Yuk simak terus artikel berikut ini.

Apa itu plugin WordPress?

Plugin adalah kode program pada komputer yang berfungsi untuk menambah fungsionalitas pada program utama. Di browser web, plug-in biasanya digunakan untuk memutar video, melakukan pemindaian virus, dan melihat file baru. Dengan kata lain, plugin wordpress adalah keberadaan yang ditambahkan ke situs dengan fungsi mengedit, serta mengembangkan fungsi inti wordpress.

Plugin itu sendiri memiliki nama yang berbeda tergantung pada platformnya. Di Google, plugin disebut ekstensi. Sedangkan Opera Browser dan Mozilla menggunakan istilah Add-on. Untuk WordPress sendiri tentunya menggunakan istilah Plugin. Hal ini karena pada umumnya sebuah plugin didesain untuk aplikasi tertentu. Misalnya plugin yang hanya bisa digunakan untuk WordPress. Ini juga berarti bahwa plugin lain tidak dapat digunakan pada platform yang berbeda.

Plugin adalah solusi terbaik untuk memodifikasi kode asli di WordPress. Dengan plugin, Anda tidak perlu lagi mengkustomisasi banyak kode, jika hanya untuk mengembangkan dan memaksimalkan kemampuan WordPress. Jika Anda ingin mengembangkan dan memaksimalkan WordPress, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengunduh dan memasang plugin di situs web Anda.

Karena menggunakan plug-in adalah proses memasukkan kode “plug” untuk membuat perubahan pada kode asli, sangat mudah ketika Anda ingin menghapus perubahan yang telah Anda buat. Anda hanya perlu “membatalkan tautan” kode dengan menonaktifkan plugin yang relevan.

Plugin WordPress yang Wajib di Install

Salah satu alasan mengapa WordPress menjadi begitu populer adalah banyaknya pilihan plugin WordPress terbaik yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan Anda, tentunya. Plugin WordPress ini bisa disebut shortcut. Semua orang, bahkan mereka yang tidak terbiasa dengan pemrograman, dapat bekerja di situs web dan dengan mudah menginstal berbagai fitur di dalamnya.

Dengan banyaknya pilihan, Anda mungkin akan bingung saat mencari plugin WordPress yang perlu Anda instal. Tenang, tidak perlu bingung. Karena dibawah ini kami akan memberikan plugin wordpress yang wajib Anda instal. Plugin tersebut adalah:

Yoast SEO

Memiliki website yang terdepan di mesin pencari merupakan impian bagi setiap pemilik website, bukan? Oleh karena itu, plugin SEO adalah salah satu plugin WordPress wajib yang perlu Anda install. Sebenarnya ada banyak sekali plugin SEO yang beredar di app store WordPress.

Namun, Yoast SEO adalah salah satu plugin WordPress SEO paling populer. Yoast SEO memiliki fitur yang kuat dan intuitif yang sangat mudah digunakan. Bahkan, bagi Anda yang masih pemula dalam optimasi SEO.

Akismet

Pernahkah Anda melihat atau menjumpai komentar spam pada sebuah website?. Tentu hal ini sangat mengganggu bukan? Oleh karena itu, Anda membutuhkan plugin WordPress wajib khusus yang menyaring komentar yang masuk ke website Anda. Plugin Akismet ini akan melakukannya untuk situs WordPress Anda. Setiap komentar yang masuk ke postingan Anda akan difilter terlebih dahulu oleh Akismet, selanjutnya Anda tinggal memilih untuk melihatnya atau menghapusnya.

WP Smussh

Pernahkah Anda membuka artikel atau website yang banyak mengandung gambar dan aksesnya sangat lambat? Tentu sangat menyebalkan bukan? Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk selalu mengompres ukuran gambar yang diunggah ke website Anda. Sehingga loading website Anda bisa tetap cepat saat login, walaupun memuat banyak gambar.

Plugin WordPress wajib ini akan membantu mengkompresi setiap gambar yang diunggah ke website Anda, sehingga akan membantu mempercepat loading website Anda saat diakses. Anehnya, plugin WordPress wajib ini dapat memampatkan gambar di situs web hingga 90% tanpa mengubah kualitas gambar itu sendiri.

WP Super Cache

Untuk mempercepat loading website Anda lebih jauh lagi, WP Super Cache adalah plugin WordPress wajib berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan. Plugin ini akan men-cache website WordPress Anda secara statis. Oleh karena itu, ketika pengunjung mengakses website Anda, mereka dapat mengarahkan mereka untuk mengakses melalui cache, agar lebih cepat.

Elementor

Elementor adalah plugin WordPress terbaik yang berfungsi sebagai pembuat halaman. Ini berarti bahwa jika Anda ingin mendesain dan mengubah tampilan dan nuansa situs web Anda, ini adalah plugin yang perlu Anda gunakan.

Secara umum, plugin ini membantu Anda mengubah halaman situs web Anda tanpa memiliki keterampilan PHP atau HTML. Jadi, Anda hanya perlu menggunakan widget yang tersedia di Elementor untuk menyesuaikan desain halaman situs web.

Proses editing website juga sangat responsive sehingga mudah digunakan oleh pemula. Elementor bekerja di ujung depan situs web, sehingga paling efektif selama proses desain. Dengan begitu, Anda bisa lebih leluasa dalam menyesuaikan tampilan desain yang diinginkan.

Baca Juga : Mengenal Tema WordPress Neve Lengkap

Google Drive for WordPress

Backup menjadi hal yang sangat penting jika Anda memiliki website. Tentu tidak mau, jika terjadi error/error/data loss yang tidak terduga, data website Anda hilang. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu mencadangkan situs web Anda secara real time. Nah, Google Drive untuk WordPress inilah yang akan membackup direktori home dan database website Anda secara rutin.

WooCommerce

WooCommerce merupakan plugin yang digunakan untuk membuat toko online. Plugin ini memiliki fitur kustomisasi halaman yang dapat digunakan dengan mudah. Sehingga tampilan website Anda akan lebih sesuai dengan yang Anda inginkan. Juga, ada fitur untuk menambahkan berbagai metode pembayaran. Hal ini akan memudahkan calon pelanggan untuk bertransaksi di toko online Anda.

Untuk menambahkan fungsionalitas ke situs web, plugin WordPress terbaik Automattic terintegrasi dengan ekstensi lain, seperti Pembayaran WooCommerce, Pajak WooCommerce, dan Mailchimp untuk WooCommerce. Dengan begitu, performa website toko online Anda akan lebih maksimal.

Contact Form 7

Keberadaan contact form pada halaman website Anda tentunya sangat penting. Hal ini diperlukan agar pengunjung website dapat menghubungi Anda secara langsung dengan lebih mudah. Apalagi jika website Anda adalah website toko online, blog atau company profile.

Tentu saja, plugin Contact Form 7 adalah salah satu plugin WordPress wajib yang harus Anda pertimbangkan. Namun, plugin ini dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan saja.

JetPack

Dengan menginstal plug-in JetPack, Anda akan mendapatkan banyak manfaat dalam sebuah plug-in. Karena plugin WordPress wajib ini adalah plugin pengelompokan yang berisi beberapa plugin, termasuk statistik pengunjung, pelanggan blog berbagi media sosial, tema seluler, pemeriksaan tata bahasa, dll. Cukup lengkap bukan?

Keuntungan dan kerugian dari plugin WordPress

Setiap jenis plugin pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk menghindari hal terburuk yang mungkin Anda temui, Anda perlu berhati-hati dan teliti dalam memilih plugin yang akan Anda gunakan. Ada baiknya untuk melihat review sebelum menginstal agar saat Anda menginstal plugin tidak ada masalah. Karena memasang plugin yang bermasalah dapat mengganggu kinerja website Anda.

Setiap plugin memiliki fungsi yang berbeda dan memiliki kelebihan tersendiri karena jenis plugin lainnya tidak. Untuk hasil terbaik, gunakan plugin berdasarkan kebutuhan situs web Anda. Karena tidak semua website membutuhkan semua jenis plugin. Juga berhati-hatilah dalam menentukan plugin mana yang Anda pilih, karena ada banyak plugin serupa dengan nama yang berbeda. Mereka tidak mengizinkan Anda memasang plug-in yang berfungsi seperti plug-in yang sudah ada sebelumnya.

Plugin merupakan kode program yang akan sangat membantu perkembangan website atau blog anda. Apalagi jika Anda bukan ahli pemrograman untuk suatu program atau website. Namun, dengan plugin Anda dapat dengan mudah mempercantik dan mengembangkan situs web Anda. Namun, instal plugin yang benar-benar dibutuhkan situs web Anda. Jangan lupa untuk memastikan plugin yang paling sesuai dan berkualitas baik.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *