Apa Itu Cloud Hosting Ini Ulasan Pengertian Dan Kelebihannya

Apa Itu Cloud Hosting Ini Ulasan Pengertian Dan Kelebihannya – Akhir-akhir ini cloud hosting semakin sering didengar oleh penggiat website. Salah satu jenis hosting menjadi populer di kalangan webmaster karena skalabilitas dan kefleksibelannya. Walau demikian, banyak webmaster yang belum tahu apa itu cloud hosting yang sebenarnya.
Di tahun 2022, rasanya setiap pebisnis pasti memiliki website official. Baik itu berbagi informasi kepada calon konsumen, sampai menjadikan website sebagai lapak dagangan. Disinilah peran hosting dibutuhkan oleh banyak orang. Agar lebih paham tentang layanan yang hendak Anda gunakan, maka di bawah ini akan dibahas pengertian cloud hosting beserta kelebihannya.

Pengertian Cloud Hosting

Apa Itu Cloud Hosting Ini Ulasan Pengertian Dan Kelebihannya – Pertanyaan apa itu cloud hosting bisa dijawab dengan singkat bahwa ini adalah jenis hosting yang memakai beberapa server guna membuat imbang beban (load) server dan juga membuat maksimal server uptime.
Cloud hosting memiliki teknologi yang menggabungkan beberapa buah server yang bekerja menjadi seolah-olah satu server utuh. Gabungan beberapa server ini disebut “cloud cluster”. Makin banyak server yang tersambung dalam cluster, makin besar pula sumber daya yang dapat dibagi oleh cluster itu.
Ketika satu server bermasalah, teknologi mengambil sumber daya dari server lain demi menjaga supaya website selalu berjalan normal. Oleh sebab itu, cloud hosting dapat diandalkan dan memiliki fleksibilitas tinggi.

 

Baca Juga : Cara Memasang Google Maps Di Blog Blogspot

Kelebihan Cloud Hosting

Alasan mengapa cloud hosting berhasil menarik minat para webmaster adalah keandalannya. Beberapa kelebihan dari cloud hosting terdiri dari:

1. Waktu Up Lebih Stabil

Apa Itu Cloud Hosting Ini Ulasan Pengertian Dan Kelebihannya – Setelah mengetahui apa itu cloud hosting, Anda pasti paham bahwa ini akan membantu website tidak mudah mengalami downtime. Sebab, cloud hosting memakai sumber daya dari beberapa server cloud yang terdapat pada cluster sehingga website lebih terjaga.
Teknologi cloud hosting secara otomatis memindah permintaan klien pada server lain saat satu server tertentu gagal memenuhi permintaan. Server lain dapat memenuhi permintaan tanpa halangan. Website maupun aplikasi pemakai akan selalu berjalan lancar.

2. Scalability

Scalability
Scalability

Kemudahaan skalabilitas ialah salah satu fitur paling baik dari servis hosting dengan basis cloud. Ketika situs mengalami perubahan trafik, pengguna sebaiknya menaikkan kapasitas server cloud tanpa mesti membeli server fisik yang sumber dayanya lebih besar.
Situs web diperlengkapi beberapa server virtual yang siap memenuhi permintaan website traffic dan juga aplikasi yang terus naik. Risiko downtime serta offline yang disebabkan oleh permintaan trafik terlalu besar akan menurun.

3. Waktu Loading Lebih Cepat

Waktu Loading Lebih Cepat
Waktu Loading Lebih Cepat

Jawaban lain dari apa itu cloud hosting ialah hosting yang punya teknik load balancing yang membagikan beban sumber daya pada beberapa server berbeda. Hal ini menyebabkan situs dan aplikasi dengan basis cloud hosting punyai waktu loading lebih cepat dari hosting lainnya.
Teknik load balancing mereduksi beban muatan server lalu memberikan loading time yang jauh lebih cepat dibanding situs web dengan basis satu server.

Baca Juga :  Kelebihan Dan Kekurangan WordPress dan Blogspot yang Wajib Anda Ketahui

4. Biaya Fleksibel

Biaya Fleksibel
Biaya Fleksibel

Apa Itu Cloud Hosting Ini Ulasan Pengertian Dan Kelebihannya – Harga cloud hosting biasanya lebih mahal dibanding dengan paket hosting yang sudah ada sebelumnya. Tetapi jika pengguna butuh fitur yang disediakan cloud hosting, tidak akan rugi memakai layanan ini terutama bagi bisnis dan perusahaan.
Ini karena taktik cloud provider yang menggunakan sistem pembayaran pay as you go. Pelanggan cuma diwajibkan membayar sumber daya total yang dipakai selama sebulan. Sehingga, pengguna punya kendali penuh atas biaya yang harus dikeluarkan tiap bulannya.

5. Data Recovery Lebih Mudah

Data Recovery Lebih Mudah
Data Recovery Lebih Mudah

Apa Itu Cloud Hosting Ini Ulasan Pengertian Dan Kelebihannya – Risiko kehilangan data ialah problem yang dihadapi setiap pemilik bisnis dan web-nya. Karena kesalahan-kesalahan tidak terduga, penyimpanan (back-up) data pada komputer serta server fisik bisa hilang secara permanen.
Penyedia cloud hosting melindungi data pelanggannya dengan upaya storing serta backup di berbagai lokasi yang berlainan. Dengan demikian, risiko mengalami kehilangan data secara permanen akan terhindarkan.
Saat hosting tradisional menyimpan data hanya di satu lokasi, maka cloud hosting melakukan upaya lebih demi keamanan data.
Setelah mempelajari apa itu cloud hosting, pengguna akan menyadari banyak manfaat paket hosting ini yang tidak bisa dipenuhi oleh paket hosting tradisional lain. Tetapi, semua lagi-lagi dikembalikan menurut kebutuhan pengguna.
Situs web yang punya traffic rendah dan tidak butuh banyak sumber daya, maka tidak perlu meningkatkan ke paket cloud hosting. Tapi bila traffic situs web melonjak pesat, sebaiknya upgrade jadi cloud hosting agar website tidak overload.

 

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *