Tema Astra adalah salah satu tema WordPress premium yang dapat Anda gunakan. Pada artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap tema Astra, mulai dari cara meminta instalasi gratis, fungsi hingga cara menggunakannya.

Bagi pengguna WordPress, astra theme merupakan salah satu theme terbaik karena memiliki fungsionalitas yang lengkap dan menyediakan demo template yang sangat keren. Dengan tema Astra, seseorang yang baru belajar membuat website WordPress dapat dengan mudah membuat website yang terlihat profesional.

Hal ini karena tema Astra menyediakan fitur template awal yang dapat digunakan untuk membuat layout halaman secara instan. Anda hanya perlu mengubah gambar atau teks, lalu memperbaruinya. Bagaimana dengan Anda, apakah Anda ingin tahu lebih banyak tentang topik tema astra? Yuk simak penjelasannya berikut ini!

Apa Itu Astra Theme?

Astra Theme adalah tema WordPress yang dikembangkan oleh Brainstorm Force. Ada dua versi tema astra, yaitu versi gratis dan versi Pro (berbayar). Tema ini sudah terinstal dan digunakan oleh lebih dari satu juta pengguna aktif di WordPress.

Fungsi Tema Astra

Dengan tema astra, Anda dapat dengan mudah mendesain halaman profesional. Sebagai permulaan, Anda juga dapat menggunakan fitur Template Dasar untuk membuat halaman lebih cepat. Template tema astra dapat digunakan untuk membuat blog, portofolio web, toko online, dan banyak lagi.

Selain itu, tema Astra terkenal dengan temanya yang ringan dan cepat sehingga ramah mesin pencari. Anda juga dapat menggunakan modul yang tersedia di dalamnya untuk mengubah atau mendesain tampilan website Anda.

Fitur Unggulan Tema Astra

Berikut adalah beberapa fitur unggulan dari tema astra yang akan Anda dapatkan.

Starter template

Starter template adalah jenis plugin gratis yang berisi banyak template siap pakai. Dengan menggunakan template ini, Anda dapat menginstalnya langsung pada situs web Anda hanya dengan satu klik.

Ada berbagai kategori template yang bisa Anda gunakan, misalnya:

  • Business
  • Personal care
  • Professionals
  • Personal sites
  • Comminity
  • E-Commerce
  • Blog dan masih banyak lagi sub kategori di dalamnya.

Terintegrasi dengan page builder

Page Builder adalah salah satu plugin yang banyak digunakan oleh pengguna WordPress untuk membuat desain website dengan cepat.Dengan Page Builder, Anda juga dapat menggunakan template di dalamnya.

Salah satu fitur dari tema astra adalah terintegrasi dengan berbagai Page Builder pada WordPress. Tema Astra ini kompatibel dengan Pembuat Halaman populer seperti:

  • Elementor
  • Beaver Builder
  • Block Editor
  • Gutenberg
  • Divi dan lain sebagainya

Terintegrasi dengan WooCommerce

WooCommerce adalah plugin populer yang digunakan untuk toko online. Fitur lain dari Astra Theme adalah terintegrasi dengan WooCommerce. Fitur WooCommerce bawaan seperti Gulir tak terbatas, Opsi keranjang, Opsi galeri, Pengaturan grid, Lihat sekilas dan masih banyak lagi.

Mudah dikembangkan

Astra sangat mendukung pengembangan situs, ini adalah tujuan utama, karena masih banyak tema di WordPress yang dirancang untuk tidak mendukung perkembangan modern.

Anda dapat mengubah banyak pengaturan halaman umum di sini, seperti di mana bilah sisi muncul dan apakah kontennya berbentuk ubin atau lebar penuh. Fitur seperti header, judul halaman, gambar unggulan, dan bilah footer dapat dinonaktifkan sepenuhnya dari sini.

Apa yang hebat tentang pengaturan ini adalah Anda dapat menyesuaikan tampilan halaman demi halaman.

Hal keren lainnya dari theme ini adalah anda dapat mengembangkan theme ini tanpa memasukkan kode-kode yang rumit, sehingga sangat mendukung bagi pemula. Anda dapat dengan mudah mengembangkan halaman web karena Astra mendukung berbagai PageBuilder.

Jadi Anda bisa memilih untuk mengembangkan website sesuai keinginan Anda. Dengan berbagai perkembangan populer seperti Elementor, Beaver Builder, Thrive Architect dan lain-lain.

Desain Siap SEO dan Responsif

Apa yang harus dipertimbangkan ketika memilih tema WordPress adalah apakah itu mendukung SEO. Nah, jika Anda menggunakan tema ini jawabannya sudah, jadi Anda tidak perlu lagi melakukan hal-hal rumit untuk membuat halaman SEO. Selain itu, daya tanggap desainnya juga responsif sehingga dapat dengan mudah beradaptasi dengan bentuk layar, baik desktop maupun mobile.

Baca Juga : Cara Mengganti Tema WordPress Dengan Mudah Sekali

Cara Menggunakan Tema Astra

Jika Anda telah menginstal tema astra premium pada website Anda, Anda dapat menyesuaikan tampilan situs web dengan cara berikut.

Langkah 1. Customize website

Customize Website bertujuan untuk melengkapi informasi dan menyesuaikan tampilan website. Personalisasi dapat Anda lakukan melalui dashboard dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Masuk ke WordPress
  • Klik menu Appearance > Customize
  • Kemudian Anda dapat memperbarui identitas situs, mengatur menu, menambahkan favicon untuk memperbarui informasi situs web.

Langkah 2. Kelola halaman atau posting

Anda bisa menambahkan plugin template starter jika ingin menggunakan template yang sudah jadi. Pada artikel ini, kami telah menambahkan plugin gratis untuk template peluncur. Jika Anda menginginkan versi model Astra Pro Starter, Anda dapat mengirimkannya ke email Anda atau membuka tiket untuk memintanya.

Melalui plugin starter templates
  • Instal Plugin Starter Templates melalui menu Plugins > Add New Plugins. Setelah instalasi selesai, klik menu Startup Template pada menu Appearance.
  • Pada halaman Template Dasar, pilih template yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda juga dapat memilih pembuat halaman yang ingin Anda gunakan dengan mengklik menu pada sudut kanan atas yang bernama block editor.
  • Setelah memilih, Anda akan diarahkan untuk mengakses halaman berikutnya. Klik skip dan continue ketika penyesuaian awal selesai.
  • Dalam pengaturan berikutnya, Anda dapat menyesuaikan warna dan font situs web sesuai selera Anda. Jika sudah, klik continue.
  • Kemudian masukkan data diri anda , jika Anda sudah selesai, Anda dapat mengklik Submit & Build My Website.
  • Tunggu hingga proses mencapai 100%.
  • Jika sudah ada perubahan, proses selesai dan Anda bisa mulai membuat atau mendesain website Anda dengan mengklik View your website.
  • Untuk mendesain, Anda dapat mengklik ikon pensil yang bertuliskan edit with….sesuai dengan page builder yang Anda gunakan.

Tim di belakang Astra

Astra dikembangkan oleh Brainstorm Force, sebuah perusahaan pengembang WordPress yang telah berkecimpung dalam bisnis selama lebih dari sepuluh tahun dan memiliki lebih dari 60 karyawan.

Tidak mengherankan, Astra terintegrasi dengan pembuat halaman dengan sangat efektif, karena Brainstorm Force telah merilis add-on definitif untuk Beaver Builder dan add-on terbaik untuk ekstensi Elementor Plugin, jadi miliki pemahaman lanjutan tentang bagaimana pembuat halaman WordPress yang terkenal.

Mereka juga berada di belakang langganan email dan plugin generasi konversi Pro, Plugin Schema Markup, Schema Pro, dan Portfolio WP Plugin.

Brainstorm Force sangat aktif dalam komunitas WordPress. Mereka sering mengunjungi WordCamp di seluruh dunia, dan plugin WordPress gratis mereka diperbarui secara berkala.

Mengapa Astra?

Astra adalah tema WordPress gratis yang populer, memiliki banyak pilihan tema yang dapat Anda gunakan untuk berbagai jenis situs web, ditambah lagi Astra sangat ringan, cocok untuk Anda yang sangat mempertimbangkan kecepatan situs dan tema wordpress yang cepat. Anda juga bisa menyesuaikannya dengan selera anda, yang tidak kalah penting adalah Astra SEO Friendly.

Apa yang di Tawarkan Tema Astra WordPress?

Astra adalah tema WordPress yang sangat dapat disesuaikan dan memiliki banyak fitur keren dan menarikn yang belum tentu Anda dapatkan di tema lain.

Tema ini sangat ringan seperti yang dikatakan oleh developer astra yaitu dengan data WordPress default hanya untuk situs web yang menggunakan tema ini untuk memuat dalam waktu kurang dari setengah detik, karena mereka melakukan langkah peningkatan yang signifikan dengan menonaktifkan jQuery dan menjaga sumber daya di bawah 50kb, wow .. dan Peringkat Mimin Situs web mencicipi tema ini dengan hasil yang fantastis, man,

Satu hal yang membedakan Astra dari banyak desain lainnya adalah dukungan aslinya untuk pembuat halaman WordPress yang populer. Ini terintegrasi dengan sangat baik dengan pembuat halaman seperti WPBakery Page Builder (sebelumnya Visual Composer), Beaver Builder, Thrive Architect, Elementor, Divi Builder, Brizy dan Gutenberg.

Dukungan untuk pembuat halaman adalah nilai jual utama bagi Astra, karena ada banyak tema WordPress yang tidak dirancang dengan mempertimbangkan pembuat halaman modern. Ini dapat mengakibatkan situasi yang mana halaman bergaya yang dibuat oleh pembuat halaman tidak cocok dengan tema WordPress yang diaktifkan.

Saat Anda mengaktifkan Astra, jendela pengaturan baru tersedia saat Anda mengedit posting, halaman, dan jenis posting khusus lainnya. Anda dapat mengubah banyak pengaturan halaman umum di sini, seperti di mana bilah sisi muncul dan apakah konten berbentuk kotak atau lebar penuh. Fitur seperti header, judul halaman, gambar unggulan, dan bilah footer dapat sepenuhnya dinonaktifkan dari sini.

Dan hal yang hebat tentang pengaturan ini adalah Anda dapat menyesuaikan tampilan semua halaman demi halaman. jadi jangan sepenuhnya menggunakan impor demo dan tema default.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *