Cara pasang iklan di blog wordpress – Keberadaan website berbasis platform WordPress saat ini sedang naik daun karena dinilai lebih fleksibel dalam membuat banyak konten postingan. Terkadang sebuah website membutuhkan akses iklan sebagai sumber pendapatan.

Bahkan pemilik website sendiri telah menggunakan jasa periklanan Google AdSense agar pendapatan dan ketenaran website dapat lebih cepat dikenali. Namun, ada beberapa cara untuk memasang iklan di WordPress. Yang hingga saat ini sangat dibutuhkan oleh pemilik website untuk menyederhanakan penayangan iklan.

Seperti yang kita ketahui banyak sekali postingan iklan di sebuah website yang akhirnya menampilkan berbagai jenis desain website yang lebih menarik. Sehingga bisa menghasilkan keuntungan yang cukup besar bagi pemilik website.

Cara Pasang Iklan di Blog wordpress

Cara pasang iklan pada blog merupakan salah satu tutorial yang banyak dicari para blogger untuk bisa memasang iklan di blog dengan layout iklan sesuai dengan yang diinginkan. Namun tidak semua blogger mengetahui cara memasang kode iklan yang didapat dari Google Adsense, Media.Net, Propeller ADS, MGID atau penyedia layanan periklanan lainnya.

Kita tahu bahwa membuat blog atau website bisa menghasilkan uang puluhan juta rupiah setiap bulannya. Selama blog atau website yang kita buat memiliki banyak pengunjung setiap harinya. Dari setiap pengunjung yang datang ke blog atau website kita, bisa kita ubah menjadi uang.

Cara paling umum blogger menghasilkan uang di blog mereka adalah dengan menempatkan iklan Google Adsense. Google adsense tersebut yang memiliki sistem PPC atau iklan berbayar per klik. Atau Anda bisa menggunakan CPM Propeller ADS yang mengonversi setiap iklan yang muncul di blog untuk mendapatkan penghasilan.

Setelah kita mendaftar ke penyedia iklan seperti Google Adsense, Media.Net, Propeller ADS, MGID atau penyedia layanan periklanan lainnya, kita pasti akan diberikan kode iklan. Dan kita perlu memasang kode iklan ini pada blog yang kita miliki.

Namun dengan keterbatasan pengetahuan para pemula mungkin masih bingung setelah mendapatkan kode iklan dimana menempatkan kode iklan tersebut. Bagi Anda pengguna CMS WordPress yang sudah dihosting dan memiliki domain sendiri. Anda dapat menempatkan iklan di blog WordPress yang dihosting sendiri dengan beberapa cara, yang akan kami jelaskan berikut ini.

Daftar ke Google AdSense

Pertama, ada cara mudah memasang iklan di WordPress, yaitu melalui proses registrasi di Google AdSense. Oleh karena itu, cobalah terlebih dahulu melalui proses pendaftaran, yang biasanya memakan waktu 3 hingga 7 hari. Setelah itu Google akan memverifikasi atau menyetujui aplikasi Anda.

Membuat unit iklan AdSense

Pada langkah selanjutnya gunakan akses ke dashboard AdSense yang dapat menyediakan menu My Ads yang biasanya terdapat pada bagian atas. Jika sudah menemukan unit iklan, segera klik tombol New Ad Unit.  Yang mana dalam menu tersebut Anda dapat memasukkan berbagai pengaturan ikan yang Anda butuhkan.

Menyiapkan iklan yang akan diterbitkan

Dalam cara memasang iklan di WordPress, Anda juga perlu menyesuaikan iklan dengan tata letak situs web Anda. Anda perlu memperhatikan dua aspek, yaitu nama dan ukuran iklan. Agar nama itu sendiri menjadi nama unit iklan yang akan Anda tempatkan di website.

Anda bisa mengatur posisi iklan di website tersebut sehingga sangat berguna untuk melihat performa iklan saat menggunakannya di beberapa situs web. Sedangkan untuk ukuran iklan itu sendiri, ini merupakan pengaturan penting untuk membutakan ukuran iklan agar menarik untuk dilihat dan dapat mengarahkan pengunjung untuk memilih iklan tersebut.

Anda harus memilih jenis iklan responsif jika jenis situs web Anda adalah template yang ramah seluler.

Baca Juga : Yuk Tingkatkan Kecepatan Website Anda dengan GTMetrix

Menyalin kode iklan

Langkah selanjutnya cara memasang iklan di WordPress cukup sederhana, yaitu dengan mengklik opsi simpan dan dapatkan kode. Kemudian dari halaman popup Anda akan melihat kode iklan. Jika muncul, salin kode iklan yang diperlukan untuk muncul di situs web Anda.

Sebenarnya ada cara lain yang bisa Anda gunakan untuk memasang iklan di blog WordPress Anda, caranya juga sangat sederhana yaitu dengan mengandalkan plugin. Seperti yang kita ketahui, ada berbagai jenis plugin yang dapat digunakan dengan jenis fitur tertentu.

Sehingga proses dan cara memasang iklan di WordPress lebih mudah dan cepat. Langsung saja mari kita lihat seperti apa daftar plug-in untuk mendapatkan proses yang lebih cepat dalam penempatan iklan AdSense.

Cara Pasang Iklan di WordPress Menggunakan Plugin

Ada beberapa plugin yang bisa Anda gunakan untuk memberikan berbagai jenis fitur dan manfaat terbaik agar proses penyematan iklan di WordPress lebih mudah dan cepat. Berikut adalah beberapa plugin yang dapat Anda gunakan dengan informasi lengkap tentang kelebihan dan kekurangannya.

Ad Injection

Pertama ada plugin Ad Injection yang merupakan salah satu plugin untuk mengintegrasikan berbagai iklan Adsense pada blog platform WordPress. Oleh karena itu, fungsi utama Ad Injection tidak hanya untuk iklan, tetapi dapat Anda gunakan untuk beriklan oleh layanan lain.

Ada beberapa aspek penting yang bisa Anda olah menggunakan plugin ini, mulai dari ukuran posting iklan, jangka waktu dan kemudian mengetahui alamat IP pengunjung.

Kelebihan dari Ad Injection

kelebihan dari Ad Injection yaitu dapat memberikan manfaat yang lebih menarik yang dapat memungkinkan pengguna untuk menyisipkan iklan secara otomatis tanpa mengedit postingan terlebih dahulu. Ada keuntungan lain juga, yaitu dapat menguji dengan menempatkan ukuran iklan di posisi yang sama, ditambah lagi dapat digunakan untuk menginstal plugin sosial dan banyak lagi.

Plugin Google AdSense

Untuk cara memasang iklan di WordPress, Anda juga bisa mengandalkan plugin Google AdSense yang hingga saat ini lebih dikenal dengan Google Publisher yang resmi dibuat oleh Google. Plugin ini juga dapat memberikan layanan bagi pemilik website untuk memasang iklan AdSense di website WordPress.

Adapun beberapa manfaat dari plugin unik ini, Anda dapat menggunakannya untuk menempatkan iklan di situs web, mulai dari dapat menambahkan AdSense ke situs web yang menjalankan WordPress, kemudian dapat menyesuaikan tampilan tata letak di perangkat seluler, kemudian dapat mempercepat proses penyiapan iklan karena lebih mudah digunakan.

Plugin Ad Inserter

Masih ada cara memasang iklan di WordPress menggunakan plugin Ad Inserter yang mampu memiliki banyak kelebihan di dalamnya. Tidak hanya dapat digunakan untuk iklan Google AdSense, namun Ad Inserter ini juga dapat digunakan untuk website Amazon sehingga lebih fleksibel.

Sedangkan dari beberapa manfaatnya pasti bisa Anda rasakan dengan mudah seperti pada ulasan berikut ini.

Manfaat plugin Ad Inserter

Plugin Ad Inserter juga memiliki beberapa manfaat atau kelebihan bagi penggunanya. Manfaat tersebut yaitu lebih mudah untuk menampilkan iklan di berbagai lokasi di website sehingga pengaturannya lebih mudah. Dalam cara memasang iklan di WordPress, Anda sangat membutuhkan plugin Ad Inserter ini karena membuat prosesnya jadi lebih cepat.

Masih ada manfaat lain dimana memiliki fungsi untuk menentukan tampilan iklan tertentu bahkan di lokasi tertentu secara otomatis menggunakan pulgin penyisipan iklan. Meskipun tersedia minimal 16 kolom yang bisa Anda isi dengan kode iklan tersebut.

Ini adalah berbagai jenis informasi tentang cara memasang iklan di WordPress menggunakan teknik manual atau menggunakan plugin.

Cara pasang iklan secara manual di blog WordPress

Jika Anda ingin memasang iklan di blog wordpress secara manual tanpa memasang plugin, sebenarnya bisa dilakukan. Namun cara ini memiliki beberapa kekurangan, seperti hanya bisa memasang iklan di bagian widget. Jika ingin menyisipkan iklan ke dalam postingan, header, atau footer secara manual. Anda harus bisa memahami bahasa pemrograman di bagian editor tema.

Untuk cara pasang iklan di WP secara manual di halaman widget, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah, masuk ke wordpress Anda, lalu di dashboard pilih menu Appearance, menu bernama Widgets.
  • Pada halaman widget, Anda dapat menyisipkan kode iklan pada sidebar atau di footer template dengan memilih Teks pada bagian Widget yang Tersedia.
  • Klik panah bawah dan pilih di mana iklan akan muncul, misalnya Anda ingin melihatnya pada sidebar, periksa daftar sidebar dan klik tombol Add Widget.
  • Kemudian paste kode iklan yang anda miliki pada halaman tersebut dan pada bagian Judul anda dapat menambahkan judul iklan atau iklan tersebut.
  • Terakhir, klik tombol Simpan untuk menyimpan perubahan dan terakhir coba buka halaman blog atau situs web Anda untuk memastikan ikan muncul di bilah sisi.
Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *